5 Jenis Dokumen Legalitas Bisnis Serta Keuntungan Memilikinya

Uncategorized22 October 2021
jenis-dokumen-legalitas-bisnis

Dokumen legalitas bisnis diperlukan agar usaha yang dijalankan dapat berjalan lancar. Jenis bisnis yang berbeda mungkin akan memerlukan jenis surat usaha yang berbeda juga.

Lantas dokumen legalitas bisnis apa saja yang diperlukan? Ada bermacam-macam dokumen yang harus dimiliki berdasarkan kebutuhan. Ada banyak sekali jenis dokumen legalitas bisnis. Berikut ini adalah beberapa dokumen legalitas bisnis penting yang harus Sobat Shipper miliki.

1. Akta Pendirian Perusahaan

Akta Pendirian Perusahaan merupakan dokumen yang berisi informasi penting mengenai perusahaan. Mulai dari nama perusahaan hingga modal awal mendirikan perusahaan. Di dalam dokumen ini juga tercantum hak dan kewajiban pelaku usaha dan penanam modal. Cara membuat legalitas usaha berupa APP adalah dengan bantuan notaris.

2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Jika bisnis Sahabat Shipper bergerak di bidang perdagangan atau pelayanan, maka wajib memiiki Surat Izin Usaha Perdagangan. Ada empat kategori SIUP yang dikelompokkan berdasarkan besaran modal usaha. Cara mendapatkan legalitas usaha SIUP adalah dengan mendatangi Kantor Dinas Perdagangan setempat.

3. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Dokumen SITU merupakan bukti keabsahan tempat usaha yang telah sejalan dengan peraturan tata ruang yang berlaku. Dokumen legalitas bisnis berupa SITU berlaku selama 3 tahun dan dapat diperbaharui saat masa berlakunya akan habis.

4. Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)

Surat Keterangan Domisili Perusahaan atau SKDP adalah dokumen yang menerangkan tempat kediaman badan usaha. SKDP harus diperharui 5 tahun sekali. Bisnis berdomisili di virtual office juga harus memiliki SKDP yang harus diperbaharui setahun sekali.

5. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Tanda Daftar Perusahaan adalah dokumen legalitas usaha yang merupakan tanda bukti bahwa perusahaan atau bisnis Sobat Shipper telah terdaftar. Tetapi hanya perusahaan berbadan hukum saja yang wajib memilikinya. Cara mendapatkan legalitas usaha berupa TDP adalah dengan membuat pengajuan ke Kementrian Hukum dan HAM.

Selain dokumen di atas, perlu diperhatikan bahwa pembuatan NPWP juga penting agar perusahaan terdaftar secara resmi dalam sistem perpajakan di Indonesia. Untuk memilikinya, Sahabat Shipper harus mendatangi dan mengurus pembuatannya di Kantor Pelayanan Pajak tempat badan usaha didirikan.

Keuntungan Memiliki Legalitas Bisnis

Walaupun legalitas bisnis sangatlah penting, namun masih banyak pemilik usaha yang enggan untuk mengurusnya. Padahal, dengan melengkapi dokumen legalitas bisnis, banyak keuntungan yang bisa diperoleh sekaligus menghindari berbagai risiko.

1. Memiliki Perlindungan Hukum

Usaha tidak selalu berjalan mulus dan lancar. Mungkin saja ada hambatan atau masalah yang dapat terjadi saat bisnis sedang berjalan. Tidak jarang sebuah tempat usaha terpaksa ditutup karena tidak adanya ijin atau tidak memenuhi dokumen legalitas yang sesuai. Oleh karena itu, dengan memiliki dokumen legalitas bisnis, Sahabat Shipper dapat menjalankan usaha dengan tenang sesuai ketentuan.

2. Mudah Memperoleh Bantuan Dana

Melengkapi dokumen legalitas bisnis dapat membuat Sahabat Shipper lebih mudah mendapatkan bantuan dana. Baik kucuran dana dari pemerintah ataupun suntikan dana dari investor dan bank. Karena salah satu persyaratan memperoleh bantuan modal adalah kelengkapan dokumen legalitas usaha.

3. Lebih Mudah Dalam Ekspansi Bisnis

Tidak memiliki legalitas bisnis juga dapat menghambat ekspansi bisnis Sobat Shipper. Pasalnya, untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, baik ekspor ataupun impor, pasti akan diperlukan berbagai dokumen legalitas usaha.

Itulah pentingnya memenuhi dokumen legalitas bisnis. Utamanya, memenuhi dokumen tersebut dapat menjamin keamanan dalam menjalankan usaha, serta meningkatkan kredibilitas perusahaan. Dengan demikian, perusahaan Sahabat Shipper akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan berbagai pihak, termasuk investor dan konsumen. Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Kamu juga bisa bekerja sama dengan Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi shipper.id!

Baca Juga : Antisipasi Kerugian Usahamu dengan Memahami Retur Penjualan dan Pembelian

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.