3 Jenis Desain Layout Gudang Paling Umum untuk Tingkatkan Produktivitas Bisnismu

Uncategorized02 August 2021
jasa-sewa-gudang-jakarta-3

Apakah Sobat Shipper sudah mantap memutuskan untuk sewa gudang Jakarta, atau malah sudah menemukan gudang yang pas untuk disewa? Kalau iya, kamu perlu sadari bahwa pekerjaanmu sebenarnya masih jauh dari kata selesai. Karena di samping membayar biaya sewa gudang sesuai kesepakatan, kamu juga harus desain agar gudang yang akan kamu gunakan nanti benar-benar produktif.

Dan salah satu faktor utama yang menunjang produktivitas di dalam gudang adalah desain layout yang kamu pilih. Tapi, kamu juga perlu catat bahwa desain layout yang dipakai bisnis lain belum tentu punya efek yang sama ketika kamu pakai.

Meski begitu, tak ada salahnya kalau kamu mengenal terlebih dahulu beberapa jenis desain layout gudang yang biasa diaplikasikan dalam dunia usaha. Dengan begitu, kamu tahu apa saja pilihan beserta keunggulannya agar ruang gudang kosong disewakan yang telah kamu pilih bisa berfungsi secara optimal.

Baca Juga: Sudah Tahu Diagram Fishbone dalam Menganalisis Masalah di Gudang?

Desain Bentuk U

Desainnya yang simpel membuat layout bentuk U ini bisa digunakan nyaris di mana saja, termasuk untuk kamu yang sewa gudang Jakarta. Seperti yang ditunjukkan namanya, desain layout ini punya bentuk seperti huruf U atau semi-lingkaran.

Dengan desain ini, kamu bisa atur area pengangkutan dan pengiriman pada dua sisi yang berseberangan. Atur area penerimaan di belakang area pengangkutan, dan area picking di belakang area penerimaan. Setelah itu, atur area penyimpanan yang memenuhi isi gudang atau menghubungkan area pengangkutan dan pengiriman.

Desain Bentuk I

Sedangkan desain ini sering juga disebut sebagai desain through-flow dan paling cocok kalau kamu sewa gudang Jakarta untuk kebutuhan volume yang tinggi. Dengan bentuk seperti huruf I, area pengangkutan dan pengiriman akan ditempatkan pada dua ujung yang berbeda. Sementara itu, area penyimpanan akan menempati bagian tengah.

Desain Bentuk L

Sementara itu, desain layout bentuk L ini paling ideal jika kamu akan sewa gudang Jakarta dengan aktivitas traffic yang rendah di dalam gudang. Area pengangkutan dan pengiriman akan diatur pada kedua ujung, sementara sisanya akan dijadikan sebagai area penyimpanan hingga desainnya pun membentuk huruf L.

Tips Desain Layout Gudang yang Efektif

Meskipun tidak semua gudang punya layout yang sama, ada beberapa tips umum yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan efektivitas bisnismu, seperti:

  • Sediakan ruang yang cukup banyak untuk area pengangkutan untuk mencegah bottleneck.
  • Pisahkan area penerimaan untuk efisiensi penyortiran dan inspeksi barang masuk.
  • Optimalkan setiap jengkal area penyimpanan, termasuk ruang vertikal.
  • Atur area picking berdekatan dengan area penyimpanan untuk kemudahan mengakses barang pesanan.
  • Pisahkan area pengemasan dan pengiriman di sudut khusus agar tidak mengganggu aliran aktivitas di dalam gudangmu.

Tapi, tahukah kamu kalau kamu juga bisa sewa gudang Jakarta dengan cara lebih praktis tanpa harus pusing memikirkan desainnya? Kamu hanya perlu keluar uang untuk sewa gudang terdekat saja dan ada staf yang siap urus segalanya buat kamu.

Lewat jasa gudang Shipper, kamu bisa memanfaatkan layanan tersebut, lho! Kamu hanya perlu tentukan berapa kapasitas penyimpanan yang kamu butuhkan dan segalanya biar Shipper saja yang urus. Kamu hanya perlu tahu beresnya saja, mulai dari sejak penerimaan barang, pengecekan stok, bahkan sampai pengemasan dan pengiriman lewat jasa ekspedisi ke alamat pembeli.


Bagaimana, praktis kan? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jasa sewa gudang Jakarta di Shipper kamu bisa langsung cek di  https://shipper.id/warehouse untuk memudahkan bisnis kamu. Yuk, cek sekarang juga.

Baca Juga: Kenali Inbound, Outbound & Storage Sebagai Proses dalam Gudang

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.