Jangan Diabaikan, Membalas Chat Customer Penting Untuk Kamu Perhatikan!

Uncategorized11 March 2022
jangan-diabaikan-membalas-chat-customer-penting-untuk-kamu-perhatikan

Sobat Shipper, kamu pasti sudah pernah melakukan berbagai interaksi pada beragam marketplace, bukan? Rasanya sih, sudah tidak perlu ditanya lagi ya… Jawabannya pasti pernah banget! Terlebih lagi, untuk Sobat Shipper yang menggeluti dunia bisnis online dengan membentuk online shop di beberapa marketplace. Berselancar di marketplace rasanya sudah menjadi makanan sehari-hari. 

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace, Sobat Shipper tentunya semakin nyaman dalam menggunakan marketplace sebagai platform perniagaan andalan. Misalnya saja, ketika kamu melakukan kegiatan perbelanjaan pada marketplace, tentu ada berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace tersebut bukan?

Dan salah satunya adalah kemudahan dalam berkomunikasi dengan penjual.

Ya, sebagai seorang pembeli kamu dapat berkomunikasi melalui fitur chat yang disediakan oleh berbagai platform marketplace. Mulai dari menanyakan kesediaan produk, spesifikasi produk, sampai peranan penting yang dihadirkan oleh produk itu sendiri. Tentunya, kemudahan tersebut juga berlaku bagi penjual.

Dan dengan adanya fitur chat instan dan praktis yang dihadirkan oleh marketplace, sebagai seorang customer kamu tentu mengharapkan respon yang  baik dan instan pula. Oleh karenanya ketika kamu bertindak sebagai penjual, kamu perlu memperhatikan chat yang masuk dari customer, dan tidak boleh sampai diabaikan.

Lantas, seberapa penting sih, chat yang masuk dari customer ini harus diperhatikan? Dan apa saja hal yang perlu ditinjau untuk memberikan respon terbaik sebagai penjual? Yuk, simak kiat penting memperhatikan chat dari customer, berikut ini!

1. Peranan Penting Fitur Chat Jualan Online

Sobat Shipper tahu tidak? Lima menit pertama usai customer menghubungimu melalui chat,  merupakan waktu-waktu yang sangat berharga lho. Maka dari itu, sadar atau tidak mungkin Sobat Shipper bisa saja mengabaikan chat dari customer baik yang ada di marketplace, direct massage, ataupun WhatsApp.

Salah satu kekurangan melakukan penjualan online, adalah ketika Sobat Shipper tidak dapat menyajikan produk dan berinteraksi dengan customer secara langsung. Begitupun dengan customer, yang tidak dapat melihat produk dan berinteraksi dengan penjual secara langsung.

Oleh karenanya, media chat ini dihadirkan agar customer dan penjual dapat saling terbuka satu sama lain. Dimana customer umumnya memiliki kecenderungan untuk bertanya lebih detail melalui chat online. Dan penjual pun dapat menanggapi pertanyaan tersebut secara jelas dan relevan. 

Responsivitas sebuah online shop sangat penting di mata pembeli, maka dari itu dengan menerapkan responsivitas yang baik, dan mengikuti tips-tips yang tepat. Sobat Shipper dapat menerapkan chat balasan sebagai strategi jualan online marketplace yang jitu dan mantap, serta menjadi cara untuk membuat penjualan cepat laris.

2. Dampak Abai dalam Membalas Chat

Terus… Apa ya dampak yang akan timbul ketika seorang pebisnis abai dalam membalas chat customernya? Berikut ini adalah penjelasannya.

A. Beralih ke Online Shop Lain

Ketika customer mulai membentuk ketertarikan terhadap produk pada online shop tertentu. Maka mereka cenderung bertanya lebih banyak, guna mendapatkan informasi mendetail mengenai spesifikasi produk. Pertanyaan yang diajukan melalui fitur chat, menunjukan ketertarikan besar customer terhadap produk.

Lantas, bayangkan ketika kamu abai dalam memperhatikan chat yang masuk, bukankah pembeli dapat beralih begitu saja, untuk mencari online shop lain dengan pelayanan yang lebih baik?

Oleh karenanya, dibanding harus kehilangan konsumen. Ada baiknya, kamu mulai memperhatikan pesan yang masuk, segeralah balas, jangan ditunda-tunda apalagi diabaikan. Karena dengan menerapkan hal tersebut, customer merasa dipedulikan, dan kamu pun memperoleh penilaian yang baik.

B. Turunnya Reputasi Online Shop

Ketika melakukan perniagaan di berbagai platform marketplace, umumnya marketplace tersebut akan menyediakan persentase responsivitas terhadap suatu online shop tertentu. Semakin responsif seorang pebisnis melayani customernya, maka semakin tinggi pula persentase responsivitasnya.

Hal tersebut pun juga berlaku sebaliknya, terhadap online shop yang memiliki tingkat responsivitas yang rendah. Customer tentunya, cenderung memilih dan merekomendasikan online shop dengan persentase responsivitas yang tinggi.

Oleh karenanya, untuk mencegah penurunan reputasi online shop, Sobat Shipper perlu menghadirkan sikap responsif, aktif, dan tanggap.

C. Sulit Mendapatkan Pembeli yang Loyal

Keraguan akan timbul saat komunikasi tidak dapat berjalan dengan baik, hal tersebut pun juga berlaku pada interaksi yang dilakukan oleh customer kepada penjual melalui fitur chat.  Ketika penjual abai dalam membalas chat customer, maka customer pun akan terus menanamkan keraguannya untuk melakukan pembelian produk terhadap online shop yang responsivitasnya rendah.

3. Kiat Membalas Chat dengan Baik dan Tepat

Jika sebelumnya kita telah mengetahui peranan dan dampak yang ditimbulkan apabila mengabaikan chat customer, selanjutnya mari kita tinjau kiat-kiat yang perlu diperhatikan untuk membalas chat customer dengan baik dan tepat.

A. Gunakan Bahasa yang Santun dan Ramah

Tinjaulah balasan yang akan Sobat Shipper berikan, melalui perspektif kamu sebagai seorang customer. Apa yang ingin didapatkan? Penyampaian seperti apa yang diberikan? Dan masih banyak lagi.

Gunakanlah bahasa yang santun dan ramah, dimana bahasa ini dapat berlaku untuk semua kalangan. Hindari penggunaan bahasa gaul, namun tetap menyajikan kesan yang santai dan sopan. Karena kita tidak pernah tahu, berapa kisaran umur customer, dan gaya tulisan yang membuat mereka nyaman.

B. Gunakan Tanda Baca dan Emoji dengan Baik dan Tertata

Gunakanlah tanda baca dengan baik dan tertata, untuk menghindari penafsiran ganda, dan mempermudah pemahaman customer. Sesekali Sobat Shipper juga dapat menggunakan emoji dengan bijak untuk menyajikan kesan ramah dan sopan. Tapi perlu diingat, jangan sampai Sobat Shipper memberikan tanda baca dan emoji secara berlebihan, ya.

C. Balas Chat dari Bagian Paling Bawah

Balaslah chat dari bagian paling bawah terlebih dahulu, ini merupakan salah satu hal yang penting untuk Sobat Shipper lakukan. Ada banyak pebisnis yang membuat kesalahan dengan membalas chat dari atas, dan mengabaikan chat pada bagian bawah. 

Membiarkan customer menunggu dalam waktu yang lama, perlu untuk kamu hindari ya… Karena, Sobat Shipper tidak mau bukan… Membiarkan customer, yang tadinya tertarik dengan produkmu, beralih begitu saja ke online shop lain.

D. Menggunakan Layanan OCMS dari Atoor

Menghandle setiap yang chat yang masuk, tentu butuh waktu yang lama dan tenaga yang ekstra bukan? Terlebih ketika Sobat Shipper memiliki online shop yang tersebar di berbagai marketplace. Tentunya, berbagai bentuk kesulitan dan hambatan amat berpeluang besar untuk timbul. 

Oleh karenanya, untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan optimal. Sobat Shipper tidak perlu ragu untuk menggunakan fitur layanan OCMS yang dihadirkan oleh Atoor, sebagai layanan pengelola omnichannel terpercaya dan berkualitas. Dimana Atoor sendiri menyediakan berbagai fitur yang dapat mengintegrasikan berbagai marketplace dalam satu platform.

Salah satu fitur yang dihadirkan oleh Atoor ini adalah fitur penampil chat, yang memungkinkan kamu untuk meninjau dan merespon chat hanya dengan satu platform, yang sebelumnya telah terintegrasi pada berbagai online shop layaknya Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk mempermudah efektivitas pelayanan Sobat Shipper, kamu dapat menggunakan Atoor sebagai platform OCMS andalan.

Nah, Sobat Shipper itu dia pembahasan mengenai kiat membalas chat customer yang penting untuk kamu perhatikan.  Nyatanya, mengoptimalkan chat dengan baik dan benar dapat menjadi strategi jualan online yang tepat bukan? 

Maka dari itu, untuk membentuk layanan operasional secara baik dan maksimal, kamu dapat memanfaatkan Atoor sebagai platform omnichannel yang tak hanya mempermudah dalam berkomunikasi dengan customer, tetapi juga membantumu untuk mengelola stok dan inventory produk secara baik dan benar.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.