Supaya Tidak Bingung, Ketahui Istilah Dunia Logistik yang Sering Dipakai

Uncategorized27 August 2021
istilah-dunia-logistik

Logistik adalah proses yang berkaitan dengan aktivitas perencanaan hingga pengawasan perpindahan barang atau sumber daya ke suatu lokasi tujuan. Sobat Shipper aktivitas logistik erat kaitannya dengan proses pengiriman barang. Kamu perlu tahu apa saja istilah dunia logistik yang sering dipakai. Dengan begitu, kalau ketemu istilah logistik tidak bingung lagi. Yuk, simak istilah dalam dunia logistik berikut! 

1. Shipper

Shipper diartikan sebagai pengirim atau eksportir. Identitas Shipper berupa nama, alamat dan nomor kontak yang harus ada dalam dokumen logistik.

2. Consignee

Consignee atau cnee adalah penerima atau importir. Identitas consignee berupa nama, alamat nomor kontak yang jelas dan akurat diharus ada dalam dokumen logistik.

3. Description of Goods

Description of goods adalah bagian mengenai informasi barang yang tertulis lengkap pada bagian packing list dan ditulis secara garis besar pada bagian bill of lading. 

4. Shipping Mark & Number

Shipping mark & number adalah keterangan pada kemasan barang sebagai tanda pengiriman. Shipping mark & number ada pada packing list dan bill of lading.

5. Packing List

Packing list berisi informasi detail tentang nama pengirim/shipper, penerima/consignee, item barang dan data lain yang dibutuhkan dalam proses logistik.

6. Bill of Lading

Bill of lading (BL) adalah bukti atau tanda terima pengiriman atau pengembalian barang. BL juga berguna sebagai bukti kepemilikan barang dan bukti perjanjian pengangkutan barang.  

7. DO (Delivery Order)

Delivery order yaitu istilah dalam logistik untuk menunjukan tanda bukti pengambilan barang diberikan oleh shipping agent. 

8. Part of Shipment (POS)

Part of shipment adalah pengiriman barang dengan sebuah kontainer berisi beberapa nama pengirim yang punya satu tujuan lokasi penerima. 

9. G.W 

Gross weight atau disingkat GW adalah berat kotor barang, yaitu berat barang termasuk kemasannya.

10. N.W

N.W atau net weight adalah berat bersih barang, yaitu berat barang saja tidak termasuk kemasannya. 

11. LCL

LCL singkatan dari Less Than Container yang berarti pengiriman tanpa kontainer. Barang dikirim ke gudang dari shipping agent kemudian pihak gudang mengumpulkan beberapa pengiriman LCL hingga cukup untuk loading ke kontainer.

12. FCL 

FCL singkatan dari Full Container Loaded berarti pengiriman dan pemuatan barang menggunakan kontainer.

13. CFS

CFS adalah singkatkan dari Container Freight Station yang berarti pengiriman secara LCL dari gudang tempat asal ke gudang yang dituju. 

14. CY

CY adalah container yard yang merupakan mode pengiriman secara FCL dari gudang asal ke gudang penumpukan yang dituju. 

15. Shipping Schedule 

Shipping Schedule merupakan jadwal pengiriman yang diberikan dari shipping agent disebut juga jadwal pengapalan.

16. Door 

Door adalah alamat asal gudang dan alamat pengambilan barang yang dikirim. 

17. Stripping

Stripping adalah kegiatan bongkar muat dalam proses logistik yang bisa memakan waktu panjang. 

18. Stuffing 

Stuffing adalah kegiatan penyusunan barang ke dalam kontainer atau tempat penyimpanan lain dengan rapi.

19. 3PL

3PL adalah pihak ketiga dalam proses logistik sebagai perusahaan penyedia layanan pengiriman yang membantu pihak kedua dalam proses pengiriman, biasanya ada pada pengiriman besar. 

20. PEB

PEB yaitu Pemberitahuan Ekspor Barang menggunakan sistem online yang berguna sebagai pemberitahuan dalam memeriksa kondisi barang. 

Sobat Shipper, itulah istilah-istilah dalam dunia logistik yang perlu kamu tahu. Jika Sobat Shipper membutuhkan layanan logistik yang aman, terpercaya dan profesional maka Shipper adalah jawabannya. Hubungi Shipper melalui website https://shipper.id untuk mengetahui keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan bersama Shipper. 

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.