Intip Kiat Copy Deskripsi Produk yang Dapat Menggugah Minat Pelanggan

Uncategorized11 April 2022
intip-kiat-copy-deskripsi-produk-yang-dapat-menggugah-minat-pelanggan

Sobat Shipper, di era digital yang serba instan dan praktis seperti saat ini, telah ada begitu banyak pihak yang memanfaatkan dan mengoptimalkan perangkat digital sebagai penunjang aktivitas sehari-hari, baik untuk keperluan pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Pada aktivitas bisnis misalnya, hadirnya aktivitas yang satu ini, juga tak lepas dari hadirnya peranan perangkat digital, pemanfaatan platform digital, dan masih banyak lagi. Mau tak mau, seiring berjalannya waktu teknologi tentu terus mengalami perkembangan dan kemajuan bukan? Yang salah satunya hadir di era digital seperti saat ini.

Tapi, Sobat Shipper pernah bertanya-tanya tidak? Sebenarnya… Untuk mengoptimalkan aktivitas bisnis di era digital seperti saat ini, apakah kita perlu mengeluarkan biaya yang besar? Lantas, seberapa efisien sebenarnya pengiklanan dengan bantuan digital itu diberlakukan?

Berkenalan dengan Teknik Copywriting

Penjualan online telah menjadi kegiatan yang sudah tidak asing kita temui. Dan platform yang selalu kita andalkan dalam kegiatan yang satu ini adalah marketplace. Ya, marketplace menghadirkan fitur dengan berbagai keunggulan. 

Dimana sebagai penjual maupun pembeli. Kamu dapat mengandalkan fitur-fitur tersebut secara optimal dan maksimal. Namun, memaksimalkan penjualan online dengan mengandalkan fitur marketplace saja tidak cukup. Sebagai pebisnis, Sobat Shipper juga perlu mengetahui strategi pemasaran alias marketing.

Jika ditanya, apakah beriklan di era digital memerlukan biaya yang besar atau tidak? Jawabannya pasti relatif. Namun, ada salah satu teknik advertising yang dapat diterapkan untuk membuatmu tetap berdiri tegak, meskipun diterjang ombak. Ya, itu adalah teknik copywriting, dimana dengan teknik ini kamu dapat memiliki peluang besar untuk menarik atensi pengunjung, dan meningkatkan kesadaran akan produkmu.

Lantas, apa saja kiat yang perlu diperhatikan dalam menorehkan teknik copywriting? Dan bagaimana bentuk dari copywriting itu sendiri? Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Buatlah copy ad yang Menarik

Menjadi teknik yang dapat  mengoptimalkan anggaran dan promosi penjualan. Teknik copywriting ini biasa disebut sebagai advertising copy atau copy ad. Nah, langkah pertama yang perlu Sobat Shipper lakukan untuk memaksimalkan performa promosi jualan online adalah, membuat copy ad semenarik mungkin.

Ya, tunjukkanlah orisinalitas teknik copywriting yang kamu lakukan. Jangan ragu untuk memberikan kesan tak biasa, dengan tetap menekankan relevansi yang dimiliki antara produk dengan target pasar. Tentunya, dengan menerapkan kiat yang satu ini, performa promosi jualan onlinemu akan meningkat, begitu pula dengan kegiatan perniagaan.

2. Memiliki Tujuan yang Jelas

Eits tidak sampai disitu, untuk menyajikan teknik copywriting yang baik dan tepat, Sobat Shipper juga perlu memiliki dan mempertimbangkan tujuan yang matang dan jelas.

Ya, hal ini perlu dilakukan agar Sobat Shipper dapat menyajikan konten pengiklanan produk yang baik dan berkualitas. Dimana, apabila kamu cenderung menggunakan tema yang tidak relevan, diksi yang sulit dimengerti, dan berbagai kerancuan lainnya.

Maka hal tersebut, tidak lain dan tidak bukan dapat merugikan kamu dengan mengakibatkan pada timbulnya peningkatan bounce rate, atau jumlah pengunjung yang pergi begitu saja dari website. Tentu, hal tersebut sangat tidak kamu inginkan bukan?

Oleh karenanya, pastikan bahwa Sobat Shipper telah memperhatikan betul kiat yang satu ini, agar konten iklan produk yang disuguhkan, dapat dijalankan dengan baik dan jelas.

3. Menggunakan CTA

Apa itu CTA? CTA atau yang dapat disebut sebagai call to action, merupakan sebuah instruksi yang disusun untuk pengunjung, agar mereka merealisasikan tindakan sesuai apa yang pengiklan inginkan. 

Dalam copywriting, Sobat Shipper juga dapat menyisipkan CTA sebagai sebuah instruksi yang nantinya akan mengarahkan pengunjung. Namun, sebelum menyisipkan CTA, terlebih dahulu kamu perlu memastikan bahwa CTA yang digunakan tidak ambigu alias bersifat jelas.

4. Buatlah Strategi Copywriting yang Friendly

Advertising copy alias copy ad merupakan sebuah strategi pemasaran yang juga dapat dikatakan sebagai seni. Namun, dalam pelaksanaannya, perlu Sobat Shipper garis bawahi, bahwa dalam penerapannya, copy ad ini tidak dapat kamu tuangkan atau realisasikan secara sembarang.

Dimana dalam penerapannya, copy ad perlu disusun dengan ramah, sopan, dan juga santun. Hal ini perlu dilakukan, agar Sobat Shipper sebagai pebisnis dapat membangun ikatan yang kuat dengan para pengunjung yang nantinya dapat beralih menjadi customer.

Buatlah copy ad yang membangun ikatan, lewat interaksi yang disajikan. Misalnya saja, kamu dapat menyisipkan beberapa pertanyaan, kemudian memberikan pemahaman. Serta memberikan berbagai bentuk kata yang sifatnya mengajak atau mengarahkan. 

Oleh karenanya, dalam menyusun copy ad yang baik dan benar. Penting untuk kamu ingat, bahwa saat ini tulisan yang telah kamu susun bukanlah untuk dirimu sendiri, melainkan untuk orang lain yang akan menilai dan meninjau.

5. Berbagai Bentuk Teknik Copywriting

Pada poin terakhir, kita akan membahas berbagai bentuk yang dihadirkan dalam teknik copywriting atau copy ad ini. Dimana nyatanya, konten-konten yang mengandung teknik copywriting ini umumnya sering kamu jumpai dan tidak hanya hadir dalam bentuk artikel, lho.

Tentunya, sebelumnya menguasai cara jualan online di Facebook maupun memahami cara jualan laris di marketplace, teknik copywriting yang hadir dalam berbagai bentuk ini, penting untuk kamu kenali dan pahami terlebih dahulu. 

Misalnya saja pada caption feed Instagram, atau pada deskripsi YouTube, dan bahkan rangkaian kata yang ada pada Twitter. Ya, semua tulisan tersebut dapat dikategorikan sebagai copywriting apabila mengandung unsur pengiklanan. Ingat ya… Baru bisa dikategorikan apabila mengandung unsur pengiklanan.

Jadi, ada begitu banyak bukan bentuk konten yang ternyata mengandung strategi copywriting di dalamnya. Maka dari itu, ada begitu banyak referensi yang tentunya juga dapat kamu temukan secara mudah.

Nah, Sobat Shipper itu dia berbagai kiat copy advertising yang dapat membantumu dalam memikat pelanggan. Bagaimana kiat-kiat tersebut cukup menarik untuk Sobat Shipper terapkan bukan? Terlebih lagi, teknik copywriting ini amat mengoptimalkan jalannya marketing suatu bisnis, dan menjadi salah satu teknik yang memiliki budget minim.

Oleh karena itu, untuk kamu yang telah menjalankan seluruh kiat-kiat  tersebut, dan telah mendulang kesuksesan. Ada baiknya kamu juga memperhatikan dan meninjau operasional bisnis, untuk merealisasikan penjualan online yang praktis dan terintegrasi. Makanya, Atoor pun hadir sebagai solusi, dimana dengan platform omnichannel ini, kamu dapat menjalankan bisnis sebaik mungkin, dengan fitur unggulan yang dapat terintegrasi dan memiliki penataan yang baik.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, cek informasi lengkap mengenai Atoor sekarang!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.