Wajib Tahu! 5 Ide Packaging Ramah Lingkungan

Uncategorized28 October 2021
ide-packaging-ramah-lingkungan

Menjual secara online pastinya harus berurusan dengan packaging. Selain menjadi identitas bisnis, kemasan produk juga sangat penting karena harus bisa menjamin keamanan isi barang.

Sayangnya, cara mengemas produk kebanyakan menggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan, seperti plastik. Dari mulai bubble wrap, plastik mpembungkus, ataupun lapisan luar, biasanya menggunakan plastik.

Sebenarnya apa bahayanya menggunakan plastik sebagai kemasan? Lalu, ide packaging yang ramah lingkungan itu seperti apa? Kita akan bahas dalam artikel di bawah ini.

Mengapa Harus Pakai Kemasan Ramah Lingkungan?

Plastik sebagai bahan yang mayoritas digunakan sebagai pembungkus produk, dikategorikan tidak ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan plastik tidak bisa terurai sendirinya dalam tanah.

Dengan begitu, plastik akan terus menjadi sampah hingga bertahun-tahu kemudian.

Selain itu, plastik juga memiliki zat yang sangat berbahaya bagi tanah dan organisme lain di dalam tanah. Belum lagi, jika plastik terbuang ke laut, habitat spesies yang tinggal di sana bisa terancam keselamatannya.

Maka dari itu, ada baiknya Sobat Shipper beralih ke packaging yang lebih ramah lingkungan. Walaupun masih didominasi plastik, sebenarnya sudah banyak pebisnis yang memilih menggunakan bahan aman untuk mengemas produknya. Sobat Shipper yang belum tahu, ayo merapat kita bahas satu-satu.

1. Pakai Kardus/Kertas

Kemasan ramah lingkungan yang pertama adalah kardus. Kardus memiliki tekstur cukup kuat yang dapat melindungi produk dari goncangan dan benturan.

Selain itu, kardus juga cocok digunakan untuk segala macam produk, dari yang besar, dan volumenya berat, hingga produk berukuran kecil.

Jika produkmu bukan tipe yang mudah rusak, kamu juga bisa gunakan kertas. Selain lebih simpel, pemakaian kertas juga cukup menarik karena kamu bisa memilih motif serta warna yang diinginkan.

2. Pouch dari Kain

Salah satu masalah yang ditmbulkan dari hasil kemasan produk adalah sampah yang menumpuk. Maka, diperlukan packaging ramah lingkungan yang bisa digunakan berkali-kali.

Kamu bisa gunakan pouch yang terbuat dari kain. Packaging ini juga cocok untuk produk yang tidak mudah pecah.

Selain reusable, packaging dengan kain juga menambah elegan produk kamu, lho!

3. Pakai Selotip Kertas Atau Lem

Jangan mengaku sudah menggunakan packaging ramah lingkungan, kalau kamu masih pakai selotip plastik. Selotip memang sangat dibutuhkan dalam mengemas produk.

Namun, ada alternatif lain untuk merekatkan produk, salah satunya menggunakan lem. Selain daya perekatnya yang kuat, lem juga sangat ramah lingkungan.

Alternatif lainnya adalah menggunakan selotip yang terbuat dari kertas.

4. Menggunakan Besek Bambu

Jika kamu ingin kemasan yang unik tapi tetap tidak mencemari lingkungan, kamu bisa menggunakan besek yang terbuat dari bambu.

Belakangan, besek banyak sekali digunakan menjadi pilihan packaging ramah lingkungan. Biasanya, besek cocok untuk produk makanan.

5. Tali Rami untuk Kemasan Luar

Ingin menambah kesan rustic pada kemasan ramah lingkungan produkmu? Kamu bisa tambahkan tali rami di step akhir pengemasan.

Selain aman untuk lingkungan, tali rami juga bisa digunakan berkali-kali oleh pelanggan dan juga sangat unik dipandang.

Itu dia ide packaging ramah lingkungan yang bisa Sobat Shipper gunakan untuk mengemas produk. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa memastikan produkmu sampai ke tujuan. Kamu bisa pilih menggunakan jasa Shipper untuk membandingkan jasa kirim mana yang kira-kira cocok dengan bisnis kamu. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

Baca Juga : Yakin Packaging Makanan Kamu Sudah Aman? Cek Dulu Hal Berikut Ini

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.