5 Ide Konsep Video Promosi Produk yang Trend Di 2021

Uncategorized08 December 2021
ide-konsep-promosi-produk-trend-2021

Daftar Isi
1. Cara Buat Video Iklan Produk Hanya dengan HP
2. Tips Meyakinkan Pelanggan dalam Video Review Produk
3. Tips Buat Video Produk dengan Peralatan Seadanya
4. Tips Membuat Iklan Video Produk Minuman
5. Cara Membuat Video Produk dengan Teknik One Take
6. Intip Tips Video Low Budget dengan Hasil Eksklusif
7. Edit Video Cinematic dengan 6 Aplikasi Ini
8. Tips Sukses Membuat Video Animasi untuk Promosi Produk
9. Aplikasi untuk Membuat Video Motion Graphic
10. Ide Konsep Video Promosi Produk yang Trend di 2021

Sobat Shipper pasti sudah menyadari bahwa kekuatan media sosial dalam bisnis kini sangat luas biasa. Bukan hanya dari segi marketing, tapi juga dari segi brandingnya.

Dalam media sosial banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan, dan pada akhirtahun 2021 ini ternyata fitur yang sangat berkembang adalah video. Ya, kini banyak sekali media sosial yang menggunakan video sebagai juara utama dari fitur mereka. Video promosi adalah tampilan produk yang dibuat dengan sebuah konsep menarik (bisa ditambahkan dengan musik) sehingga lebih interaktif.

Mulai dari Instagram, TikTok, Youtube yang sangat mengandalkan konten berjenis video dalam meraih banyak penonton. Faktanya, algoritma video ini memang lebih diminati oleh para penonton, dibandingkan hanya sekedar foto dan tulisan. Bahkan kini promosi video youtube sudah sangat lazim ditemui.

Sejak tahun 2019 lalu, sebanyak 80% konsumen di media sosial datang melalui video yang tersebar di dunia digital. Semakin tahun angka tersebut semakin meningkat, dan kini di tahun 2021 sudah dibuktikan bahwa video promosi bisa memberikan dampak besar pada sebuah bisnis.

Bahkan Instagram, yang tadinya fokus pada foto dan tulisan, kini lebih fokus pada fitur reels yang berjenis video untuk meraih konsumen lebih banyak. Terbukti bukan, bahkan kini video sangat mengungguli di bagian manapun.

Kira-kira, apa saja jenis video produk yang populer di tahun 2021? Ada banyak konsep video yang menarik selama ini, tapi jika dikerucutkan ini dia 5 contoh konsep video populer yang ada selama tahun 2021 :

1. Video Live Streaming

Tahun 2021 ini nampaknya orang-orang menyukai video promosi berbentuk live streaming. Konsep video promosi yang menarik dan digunakan banyak UMKM dari segala kalangan adalah ini. Live streaming adalah salah satu contoh konsep video yang mengutamakan interaksi antara penonton dan penjual.

Video live streaming pada tahun 2021 ini dinilai memiliki tingkat kesuksesan diatas 50%. Alasannya sederhana, akrena penjual dan pembeli bisa berinteraksi secara langsung via daring, sehingga memudahkan pembelian.

Jika diibaratkan, video live streaming ini memiliki konsep yang sama seperti dengan toko offline. Oleh karena itu, banyak penonton yang menyukai jenis konsep video ini.

Selain konsep video yang menarik, video live streaming juga dinilai mengusung kesederhanaan dan apa adanya. Karena seperti namanya, video live akan disisarkan secara langsung tanpa tahap editing, maka dari itu, Sobat Shipper yang akan membuat video ini haruslah berhati-hati dalam berbicara dan tawar menawar produk di dalamnya.

Jangan terlalu fokus pada produk, tapi harus lebih fokus pada penonton. Karena itu fungsinya video live streaming, yaitu berinteraksi dengan para penonton.

2. Durasi Video Pendek dengan Musik Populer

Video dengan durasi yang pendek lebih diminati oleh penonton loh Sobat Shipper. Pasti Sobat Shipper sering menjumpai konsep video promosi yang menarik ini di banyak platform. Instagram reels, Instagram stori, bahkan di TikTok, atau Youtube Stori pun mengusung tema video dengan durasi pendek.

Tahun 2021 ini aplikasi TikTok sangat mendunia. Mengapa? Karena durasi video yang relative pendek dan menghibur, membuat orang-orang kecanduan untuk terus menonton video di TikTok karena durasi satu kontennya terbilang pendek dan akan membuat ketagihan untuk mencari video lain.

Nah, video durasi pendek ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu teknik promosi loh. Sobat Shipper harus bisa membuat konsep yang menarik walaupun dengan durasi yang pendek.

Tipsnya adalah, membuatnya lebih ringkas tapi jelas dan gunakan musik atau hastag yang sedang populer. Ingat, trend selalu berhubungan dengan waktu, jadi jangan sampai kelewat timing untuk membuat konten yang sedang trending.

3. Video Tutorial Produk

Kali ini dari segi isi kontennya. Sobat Shipper pasti sebelum membeli produk, harus tahu cara penggunaanya kan supaya lebih berguna ketika nanti sudah membeli. Itu dia, esensi pembuatan video tutorial produk.

Biasanya yang menggunakan konsep ini adalah Sobat Shipper yang menjual produk make-up, skincare, atau hal-hal yang bisa dirakit seperti mainan atau mungkin tutorial cara memasak makanan. Banyak sekali produk yang bisa menggunakan konsep video ini.

Video tutorial ternyata tidak sembarangan buat tutorialnya saja loh. Ternyata, dalam konsep video tutorial banyak sekali yang bisa dikreasikan. Misalnya, kita tahu kalau eyeshadow penggunaanya hanya seperti itu, apa yang perlu di tutorialkan? Ada banyak sekali hal yang perlu di tutorialkan, pemilihan warna, cara mengolesnya, dan lain sebagainya. Itu dia yang bisa Sobat Shipper kreasikan dalam satu video tutorial.

Video promosi yang bagus tidak hanya mementingkan produk, tapi juga mementingkan perasaan konsumen. Nah, Sobat Shipper jangan terpaku pada produknya ya, tapi harus bisa menyentuh hati para penonton supaya ingin membeli produkmu!

4. Edukasi seputar Produk

Edukasi? Membosankan ah!

Kata siapa membosankan, Sobat Shipper tahu tidak ternyata konten edukasi ini sangat populer di tahun 2021 loh! Kenapa bisa ya, padahal kan edukasi biasanya membuat malas penonton? Ternyata konten edukasi yang dimaksud bukanlah konten yang “mengajari” penonton. Tapi memberi tahu informasi-infromasi terkait produknya.

Nah pada kebanyakan konten edukasi yang trending, biasanya brand memberi tahu informasi seputar produknya, jadi tidak melulu tentang produk.

Misalnya, Sobat Shipper menjual produk tas handmade, kemudian kamu memberikan edukasi cara pemakaian yang baik dan benarnya. Atau mungkin cara mencuci tas yang kotor. Nah informasi tersebut masih seputar tas yang sobat jual, tapi tidak spesifik untuk produk itu saja.

Sobat tidak tahu harus membuat konten edukasi yang bagaimana? Apa yang penonton ingin tahu kamu juga tidak tahu? Tak masalah, kamu bisa manfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial bisnismu. Instagram story poling misalnya, atau mungkin open question di Instagram dan tiktok. Lihat juga komen dari postan sebelumnya. Kamu pasti bisa menemukan banyak bahan untuk membuat video konten edukasi ini.

5. Katalog Produk yang dibuat dengan Musik Viral

Katalog adalah hal yang paling utama dalam bisnis. Dengan katalog, pelanggan jadi lebih mudah untuk mencari mana kira-kira barang yang mereka sukai. Nah, konsep video promosi yang menarik tentang katalog ini tidak hanya memaerkan barang saja loh.

Sobat Shipper, dalam pembuatan video katalog, kamu harus mengurangi pemaparan yang “itu-itu saja”. Maksudnya, kamu harus membuat sedikit kreasi pada video katalog yang dibuat.

Menggunakan musik viral sangat membantu trendingnya video yang sobat buat. Nah, Sobat Shipper bisa menggunakan transisi dari perpindahan produk satu ke produk lainnya. Kemudian jangan lupa, model yang sedang membawa produk diusahakan bisa bergerak sesuai irama musiknya. Ini akan memberikans variasi dalam pembuatan video katalog yang Sobat Shipper buat.

Itu dia, 5 contoh konsep video yang trending selama tahun 2021 ini. Selama tahun 2021, banyak sekali jenis-jenis konten yang berkembang dan juga trending. Namun 5 jenis ini adalah yang bertahan cukup lama di tahun 2021.

Kalau Sobat Shipper sendiri sudah mempertahankan apa saja selama tahun 2021 ini? Jenis konten yang sama, atau mungkin jasa pengiriman Sobat Shipper? Eh, atau malah jasa pengirimannya bermasalah? Jangan khawatir! Gunakan Shipper sebagai jasa pengirimanmu, dijamin tidak ada masalah pengiriman! Yuk, cari informasi lebih lanjut hanya di shipper.id!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.