Ini Dia 5 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa di Masa Pandemi

Uncategorized03 September 2021
ide-bisnis-untuk-mahasiswa

Menjalani aktivitas perkuliahan secara online di rumah saja pasti membuatmu boring, kan? Selain sulit bertemu teman kampus, uang saku pun terpaksa ikut terpangkas. Padahal, banyak wishlist yang sebenarnya ingin segera kamu checkout dari keranjang belanja. Terus, harus bagaimana, dong?

Nah, solusi yang bisa Sobat Shipper coba adalah dengan membuka usaha bisnis yang fleksibel untuk mahasiswa, dengan modal awal yang sangat minim. Bahkan, banyak ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan hanya dengan mengandalkan kemampuan atau bakat yang telah dimiliki. Wah, menurut Sobat Shipper, bisnis yang seperti apa, ya? Yuk, langsung disimak saja.

1. Membuka Lapak Online

Ide bisnis untuk mahasiswa yang paling mudah untuk direalisasikan oleh siapa saja adalah melakukan bisnis online. Cukup dengan membuka akun di Instagram atau di marketplace mana saja, Sobat Shipper sudah bisa menawarkan segala produk yang sedang tren, lho. Misalnya menawarkan set hijab, masker dengan corak unik, gantungan kunci, kaos kekinian, atau makanan dan minuman. Kegiatan bisnis online ini bisa kamu tekuni di sela-sela aktivitas kuliah.

Yang terpenting adalah Sobat Shipper bisa membagi waktu dengan baik, antara jadwal kuliah dengan jadwal berjualan. Jika misal ada jadwal kuliah, tentu saja Sobat Shipper harus memprioritaskan itu, hentikan sejenak aktivitas menawarkan produknya. Kalau semua agenda perkuliahan sudah beres, silakan berlanjut lagi deh di aktivitas bisnis online seperti membalas pesanan, menyiapkan produk, melakukan packaging, lalu mengirim barang ke alamat tujuan. Jangan lupa untuk selalu memberikan diskon dan promo yang menarik,ya!

2. Fotografer

Punya skill untuk motret-motret itu ternyata sungguh sebuah anugerah yang mahal, lho! Sobat Shipper bisa memanfaatkannya jadi sebuah hobi yang menghasilkan pundi-pundi uang. Seperti misalnya, memotret untuk pre wedding, perayaan ulang tahun, foto produk, atau yang lainnya. Keuntungan yang dihasilkan dari hobi memotret ini benar-benar besar. So, apa ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini cocok untuk Sobat Shipper?

3. Penulis Lepas

Kalau ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini sangat cocok untuk mahasiswa spesialis Bahasa atau mahasiswa yang punya hobi menulis. Daripada hanya di pendam di dalam arsip, lebih baik digunakan sebagai portofolio. Dari sana, kamu bisa mendapat penawaran job menulis artikel lepas.

Selain melakukan bisnis online, menjadi penulis lepas juga bisa mendapatkan bayaran yang bisa dibilang lumayan. Untuk satu artikel saja, kamu bisa meraup puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Bagaimana, menarik, kan?

4. Graphic Designer

Selain penulis lepas, ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa dianggap kekinian adalah graphic designer. Apalagi jika mengingat banyaknya perusahaan bisnis yang berselancar di dunia digital marketing untuk menawarkan produknya. Perusahan-perusahan besar tersebut menginginkan konten-konten gambar yang mampu memvisualisasikan pesan dan nilai brand kepada masyarakat luas.

5. Tutor Les Privat

Ide bisnis untuk mahasiswa yang menjadi langganan sejak dulu dan selalu diminati adalah tutor di tempat les atau privat. Harus diakui, mengajar adalah aktivitas sampingan bagi banyak mahasiswa tingkat akhir, yang ampuh untuk menambah tabungan uang saku setiap bulannya. Jika Sobat Shipper tertarik, mengajarlah bidang ilmu yang sesuai dengan kapasitasmu, ya!

Itulah 5 tips jitu yang bisa Sobat Shipper lakukan untuk menjalankan ide bisnis ala mahasiswa di tengah pandemi. Oh ya, jika Sobat Shipper ingin menjalankan bisnis online dengan menjual aneka produk, jangan lupa untuk bermitra dengan jasa ekspedisi yang terpercaya salah satunya adalah Shipper. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan kunjungi websitenya di shipper.id.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.