Ingin Sukses Memulai Bisnis Pet Shop? Ini 5 Tips yang Harus Kamu Tahu

Uncategorized03 September 2021
ide-bisnis-petshop

Sobat Shipper, kalau kita bicara peluang bisnis, ternyata banyak sekali sektor usaha yang sebenarnya bisa digeluti. Jika kamu adalah pecinta hewan, maka membuka bisnis pet shop bisa jadi pilihan yang tepat, loh.

Berbekal pengetahuan dan pengalaman dalam mengasuh hewan peliharaan, kamu pasti akan lebih mudah menjalankan bisnis pet shop ini. Salah satu owner pet shop di Kota Jakarta mengatakan bahwa saat ini toko pet shop-nya berhasil menghasilkan omzet hingga 400 juta rupiah setiap bulannya. Padahal, modal awal yang digunakan saat itu hanya 10 juta rupiah saja. Wah, fantastis kan?

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaan, terus mendorong adanya permintaan perawatan, sehingga bisnis pet shop ini dianggap prospek. Berminat untuk ikut menggeluti bisnis ini? Yuk, simak 5 tips suksesnya di bawah ini.

1. Lokasi dekat perumahan

Biasanya masyarakat yang singgah di kawasan perumahan memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Jadi peluang mendapatkan banyak pelanggan pastinya akan lebih besar. Carilah ruko yang dekat dengan perumahan dan mudah diakses oleh banyak orang, ya.

2. Toko One Stop Service

Banyak sekali jenis layanan di dalam bisnis pet shop. Mulai dari penjualan makanan, vitamin, aksesoris, hingga mainan untuk hewan peliharaan. Namun kalau hanya menjual kebutuhan semacam itu, nampaknya akan kurang dilirik oleh pelanggan.

Berilah layanan one stop service yang terdiri dari jasa penitipan hewan peliharaan hingga jasa grooming. Jika pet shop area yang cukup luas, kamu juga bisa turut menjual hewan peliharaan yang menggemaskan. Dengan layanan yang semakin lengkap, target pasar pun pasti akan semakin luas.

3. Peralatan yang lengkap

Langkah berikutnya dalam menjalankan bisnis pet shop adalah memastikan ketersediaan berbagai macam barang yang akan dijual. Semisal untuk layanan grooming, artinya kamu harus menyediakan perlengkapan yang lengkap seperti blower, alat cukur bulu, gunting, ruangan mandi, sisir, dan yang lainnya. Begitu pula untuk jasa penitipan hewan yang pastinya butuh lebih banyak kandang yang nyaman.

4. Stok barang terjaga

Nah, stok makanan hewan yang dijual harus selalu Sobat Shipper perhatikan, ya. Jangan sampai stoknya kosong, karena sebagian besar pelanggan yang datang ke pet shop pasti sedang mencari makanan untuk hewan peliharaan mereka.

Sediakan berbagai macam pilihan merek dengan beragam ukuran. Sebab pembeli yang datang bisa dengan permintaan yang bervariasi. Lengkapi produkmu dengan pilihan merek dari yang standar hingga premium agar semua pelanggan puas dengan layananmu.

5. Cari pegawai yang menyayangi binatang

Memandikan binatang tentu ada caranya. Jika pegawai yang kamu pekerjakan menyayangi binatang, maka ia akan memandikannya dengan cara yang baik dan tidak menyakiti. Terlebih biasanya pecinta binatang lebih paham mengenai cara perawatan hewan peliharaan, jadi tidak perlu kamu ajarkan lagi.

Keberlangsungan bisnis pet shop ini salah satunya ditentukan oleh pegawai yang andal. Jadi, jangan salah pilih dalam merekrut pegawai, ya.

Itulah 5 tips sukses yang bisa Sobat Shipper lakukan untuk menjalankan bisnis pet shop. Jika Sobat Shipper tertarik dengan bisnis pet shop, jangan lupa untuk tetap membuka toko secara online ya, terlebih sekarang masih masa pandemi.

Dan jika Sobat Shipper membutuhkan jasa ekspedisi pengiriman produk dari toko online, jangan lupa untuk selalu memilih layanan ekspedisi yang terpercaya, salah satunya adalah Shipper. Untuk kemudahan mengakses informasi layanan, silakan kunjungi website shipper.id.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.