4 Tips Manajemen Gudang Bahan Baku yang Efisien buat Bisnismu

Uncategorized13 July 2021
gudang-penyimpanan-bahan-baku

Buat Sobat Shipper yang menjalankan usaha manufaktur, tentu kamu juga sudah menyadari pentingnya manajemen bahan baku untuk kelancaran proses produksi, kan? Dan salah satu bagian dari manajemen bahan baku adalah pemilihan gudang penyimpanan bahan baku yang tepat dan efisien. Dengan begitu, proses aliran bahan baku dari gudang ke area manufaktur pun bisa berjalan dengan optimal.

Nah, untuk Sobat Shipper yang akan mencari gudang penyimpanan bahan baku baru, baik itu dengan cara beli maupun sewa, ada 4 hal penting yang perlu kamu pertimbangkan dalam proses manajemen gudang. Apa saja ya keempat hal tersebut?

Layout yang Efisien

Pada intinya, fungsi gudang bahan baku sangat ditunjang oleh sebaik apa desain dan pengelolaan gudang tersebut. Hal ini dikarenakan layout gudang yang ideal adalah layout yang dapat mengurangi biaya penyimpanan gudang, mengurangi aktivitas yang tak perlu, dan tentunya mampu meningkatkan produktivitas hingga puluhan kali lipat.

Beberapa faktor desain terkait layout gudang bahan baku yang dapat menciptakan efisiensi gudang lebih baik misalnya:

  • Penanganan bahan baku yang lebih rapi.
  • Pengawasan bahan baku yang cermat.
  • Pengurangan dan kontrol bahan baku yang rusak.
  • Optimasi dan pengelolaan ruang gudang penyimpanan bahan baku untuk kapasitas penyimpanan optimal.
  • Lokasi penyimpanan yang terkategorisasi.
  • Manajemen bahan baku.

Sistem Tracking Persediaan yang Cermat

Selalu pastikan bahwa kamu menjalankan manajemen persediaan bahan baku yang akurat dan selalu diperbaharui (up-to-date). Salah satunya adalah penggunaan proyeksi penjualan untuk mengestimasi total produksi, yang kemudian juga akan menentukan jumlah bahan baku yang dibutuhkan. 

Akan tetapi, kamu juga harus memiliki cadangan bahan baku untuk mengantisipasi situasi seperti retur penjualan, kualitas yang di bawah standar, atau lonjakan permintaan yang tak terduga. Oleh karena itu, gudang penyimpanan bahan baku harus bisa menampung seluruh stok bahan baku (termasuk cadangan) yang diperhitungkan dengan cermat agar tidak terjadi stok lebih maupun stok kurang.

Kepatuhan dan Jaminan Kualitas

Aspek lain yang tak kalah penting adalah jaminan kualitas dan transparansi bahan baku. Tapi, pada saat yang bersamaan, keduanya dapat berdampak signifikan terhadap ketersediaan bahan baku di dalam gudang juga. Misalnya, kualitas di bawah standar berarti bisa berdampak pada pengurangan jumlah bahan baku dan peningkatan biaya karena kamu harus mengirim bahan baku untuk retur.

Aspek kepatuhan sendiri berkaitan erat dengan regulasi yang berlaku, termasuk aturan impor bahan baku yang diterapkan. Nah, kedua aspek ini harus diperhatikan, terlepas dari skala bisnismu – mikro, kecil, menengah, maupun konglomerasi sekalipun.

Soalnya, jika bahan baku tidak dikelola dengan baik, harga dan biaya bisa mengalami peningkatan. Apalagi jika masalah terkait dengan kepatuhan dan kualitas menyebabkan penundaan produksi. Risiko ini tentu akan paling terasa secara finansial untuk bisnis UKM yang kamu jalankan, kan?

Baca Juga: Ketahui 4 Syarat Gudang Yang Baik Dan Harus Terpenuhi

Sistem Manajemen Gudang yang Baik dan Canggih

Walaupun skala bisnismu masih kecil sekalipun, kamu juga perlu mengadopsi teknologi ke dalam aktivitas usaha, termasuk dalam hal manajemen gudang penyimpanan bahan baku. Apalagi jika bisnismu juga sudah berkembang, di mana penjualan meningkat yang juga berarti kebutuhan bahan baku juga bertambah, kan?

Gudang yang belum meng-upgrade sistem manajemen bahan baku mengikuti kebutuhan mereka akan mengalami masalah efektivitas dan efisiensi. Contohnya data bahan baku yang tidak akurat, yang dapat mengakibatkan masalah pada produksi dan bermuara pada stok barang yang siap dijual.

Tapi, untungnya kamu tak perlu harus mengeluarkan uang untuk investasi di dalam sistem manajemen gudang bahan baku sekarang juga, kok! Apalagi jika biaya investasinya ternyata masih terasa sangat mahal dan berat. Soalnya, ada Shipper yang siap bantu kelola manajemen gudangmu secara profesional, cermat, dan akurat.


Selain menyediakan ruang dengan ukuran gudang penyimpanan yang bisa kamu sewa sesuai kebutuhan usaha, Shipper juga punya layanan gudang yang juga meliputi manajemen gudang, lho! Jadi, kamu bisa dapatkan seluruh data bahan baku yang kamu butuhkan secara akurat untuk mempermudah proses pengambilan keputusan usahamu. Klik https://shipper.id/warehouse untuk info lengkap jasa gudang Shipper sekarang juga, yuk!

Baca Juga: Ketahui Proses Sewa Jasa Gudang Jakarta Melalui Shipper

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.