Konsep Value Stream Mapping, Apa Fungsinya bagi Perusahaan dalam Penyimpanan Barang & Warehousing?

Uncategorized13 August 2021
fungsi-value-streaming

Daftar Isi
1. Apa Itu Warehouse
2. Jenis-jenis Warehouse
3. Istilah-istilah dalam Warehouse
4. Hal-hal yang Harus Diutamakan dalam Warehouse
5. Pertimbangan Sebelum Menyewa Gudang
6. Inbound, Outbound & Storage dalam Proses Gudang
7. Prinsip Dasar Perencanaan Tata Letak Gudang
8. Metode Penyimpanan Barang di Gudang
9. Lean Warehousing, Apa itu?
10. Fungsi dari Konsep Value Stream Mapping
11. Pemborosan dalam Warehousing
12. Apa Itu Diagram Fishbone & Fungsinya?
13. Tips Menghemat Biaya Operasional Gudang

Warehouse adalah tempat melakukan aktivitas pergudangan untuk kebutuhan produksi. Aktivitas pergudangan meliputi proses penerimaan, penyimpanan dan distribusi barang. Proses mengelola warehouse membutuhkan metode dan sistem tertentu untuk mencapai kinerja yang optimal. Value stream mapping salah satu konsep yang bisa digunakan untuk membantu manajemen gudang lebih efisien. 

Secara umum value stream mapping (VSM) bagian dari lean. Lean adalah salah satu metode atau konsep yang digunakan untuk meningkatkan efektifitas dan menghilangkan pemborosan. Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan VSM, simak penjelasan berikut ini!

1. Apa Itu Konsep Value Stream Mapping?

Pengertian value stream mapping adalah quality management tools yang merupakan bagian dari lean manufacturing. VSM dapat memberikan gambaran mengenai keadaan sekarang untuk perbaikan dan mengurangi pemborosan. Value stream mapping dapat menunjukan gambaran dari segala aktivitas yang dilakukan di warehouse dalam bentuk grafik. 

VSM memeriksa nilai tambah dari proses-proses supply chain (rantai pasokan) melalui flowchart dan blueprinting. Fungsi dari VSM yaitu menjelaskan kegiatan yang memiliki nilai tambah. VSM juga memberikan gambaran aktivitas tambahan yang tidak penting (waste) sebagai langkah mengoptimalkan proses warehouse. Jika waste sudah ditemukan, maka waste tersebut harus dihilangkan.

Aktivitas yang melibatkan value stream mapping di antaranya proses membuat, memproduksi dan mendistribusikan produk. VSM digunakan untuk menganalisa dan merancang informasi yang dibutuhkan untuk memberikan produk kepada pelanggan. 

VSM dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu aliran proses produksi, aliran komunikasi dan jarak tempuh. Penerapan konsep value stream mapping perlu melalui tahapan-tahapan untuk mencapai hasil yang optimal. 

2. Fungsi Value Steam Mapping

Secara umum, value stream mapping berguna dalam proses perbaikan di perusahaan secara menyeluruh, khususnya jika diterapkan pada proses penyimpanan barang atau warehouse. Value stream mapping meningkatkan efisiensi dan efektivitas aktivitas di gudang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah fungsi value stream mapping yang perlu Sobat Shipper tahu.

  • Menganalisa dan merancang proses dan informasi yang diperlukan untuk memberi layanan atau produk kepada pelanggan dengan baik. 
  • Memudahkan untuk mengetahui penumpukan inventori dan mengetahui letak pemborosan.
  • Memudahkan untuk mengetahui kondisi atau aktivitas warehouse, sehingga memudahkan mengetahui apakah proses dalam warehouse sudah optimal atau belum.
  • Memberikan landasan untuk merancang proses yang lebih efisien dan efektif.
  • Mendekatkan pada teori Kaizen yaitu teori tentang perbaikan yang dilakukan secara berkesinambungan. 

3. Mengapa Perlu Menggunakan Konsep VSM dalam Perusahaan?

Mengapa perlu menggunakan value stream mapping dalam proses produksi atau proses bisnis termasuk aktivitas warehouse? Ya, karena dengan konsep VSM akan lebih mudah mengetahui waste atau pemborosan yang terjadi pada sistem perusahaan. VSM juga memberikan informasi terkini, sehingga manajer bisa lebih mudah melakukan perbaikan. 

Untuk mendapatkan manfaat dari konsep VSM, maka perlu langkah-langkah dalam pembuatan value stream mapping berikut ini. 

a. Identifikasi Produk  

Jika Sobat Shipper ingin menerapkan konsep VSM, maka langkah pertamanya adalah mengidentifikasi produk yang dihasilkan perusahaan. Kemudian, melakukan pengelompokan berdasarkan jenis, ukuran atau kriteria produk lainnya. Tentukan produk yang perlu dianalisis. 

Cara melakukan pengelompokan bisa dengan melihat kesamaan proses, bahan baku atau bentuk produk tersebut. Buatlah tabel berdasarkan pengelompokan produk tersebut. Tujuan dari tahap awal ini agar proses mapping bisa fokus pada produk yang prosesnya kurang baik dan melakukan penyederhanaan.  Dengan begitu, proses pengumpulan data bisa berjalan lebih mudah dan cepat. 

b. Analisis Kondisi Saat Ini

Langkah selanjutnya adalah menganalisis kondisi saat ini dan dibuat gambaran umum. Proses ini berkaitan dengan produk yang sudah diidentifikasi sebelumnya. Kumpulkan data pendukung untuk membuat gambaran proses. Proses yang dimaksud yaitu mulai dari desain produk sampai produk sampai ke pelanggan. 

Untuk memudahkan analisis ini perlu membentuk satu tim yang terdiri dari orang-orang yang terlibat dalam proses tersebut. Buat list pertanyaan dan dapatkan informasi dari pihak-pihak tersebut. Kemungkinan ada pemborosan dalam proses produksi dan bisa dilakukan penyederhanaan agar proses dan hasil lebih optimal. Lakukan pengecekan di lapangan dengan informasi yang didapat. 

c. Menentukan Pemetaan yang Ideal

Lakukan perumusan proses yang ideal berdasarkan keinginan pelanggan. Proses ini merupakan proses yang terkait dengan kondisi masa depan. Pada proses pemetaan ini, kamu bisa menggunakan parameter dari jumlah pekerja minimal, waktu proses yang pendek dan daftar pengembangan yang bisa dilakukan.

Sebelum menuju future state, kamu perlu memahami bagaimana keadaan saat ini atau current state. Current state map adalah gambaran kondisi atau proses yang sedang terjadi.      

d. Tindakan Perbaikan

Tindakan perbaikan yaitu menentukan apa saja rencana yang akan dilakukan sebagai langkah perbaikan yang diperlukan. Langkah perbaikan ini bukan hanya untuk saat ini saja, tetapi untuk keadaan di masa depan. Dalam membuat rencana perbaikan harus mengutamakan prioritas sebagai upaya pengembangan. Tindakan perbaikan berhubungan dengan tenaga kerja, jalur waktu dan sebagainya. Jangan lupa untuk melakukan pemantauan kemajuan dari proses awal. 

Pada penerapannya value stream mapping tidak sekadar menghilangkan pemborosan saja. VSM juga mengoptimalkan penggunaan sumber daya, barang, peralatan dan pengurangan variabilitas. Konsep VSM sangat bisa diterapkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan lebih efektif. Secara khusus penerapannya dalam pergudangan yaitu untuk mengoptimalkan penggunaan area gudang. 

Penerapan konsep VSM dalam mengurangi pemborosan tenaga dan waktu bisa dibantu dengan sistem dan alat berteknologi. Seperti penggunaan aplikasi atau peralatan gudang otomatis. Salah satunya dengan warehouse management system. Penggunaan warehouse management system dapat mengurangi pemborosan waktu dan memudahkan mengidentifikasi produk yang ada di gudang. 

Value stream mapping dalam proses warehouse membantu mencegah penumpukan persediaan produk berlebih, penyediaan barang yang lambat, aliran informasi yang kurang tepat. VSM membantu meningkatkan efisiensi waktu secara keseluruhan.  Agar penerapan VSM efektif baik dalam perusahaan atau pergudangan, maka tim perlu turun ke lapangan dan mendapatkan informasi akurat dari karyawan dan melihat langsung keadaan di lapangan. 

Sobat Shipper bisa lebih fokus mengelola perusahaan untuk meningkatkan penjualan, tanpa perlu direpotkan operasional logistik. Shipper hadir untuk memberi layanan sewa gudang dan manajemen gudang profesional di Indonesia. Tidak perlu ragu tentang layanan sewa gudang, sebab layanan sewa gudang Shipper dijamin aman dan memberi kenyamanan bagi pelanggan. 

Shipper tidak hanya menyediakan gudang untuk penyimpanan barang. Shipper menyediakan layanan manajemen gudang meliputi penyimpanan dan pengiriman yang efisien. Layanan warehouseShipper telah menjangkau 10 kota besar di Indonesia dan akan terus bertambah. Mari bermitra bersama Shipper! Klik link https://shipper.id/warehouse untuk tahu lebih lengkap tentang layanan Shipper.

Tags
Previous Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.