5 Fungsi Sewa Gudang dalam Sistem Logistik dan Supply Chain yang Perlu Dipahami

Uncategorized12 July 2021
fungsi-sewa-gudang

Selama ini, gudang paling sering diidentikkan sebagai tempat untuk menyimpan barang. Padahal, kalau harus terangkan pengertian gudang penyimpanan dalam kegiatan transportasi logistik, sebenarnya fungsi gudang sangat beragam lho, Sobat Shipper!

Sebagai Terminal Konsolidasi

Fungsi gudang yang satu ini berarti bahwa gudang menjadi tempat di mana barang-barang dari berbagai lokasi asal dikumpulkan, untuk kemudian didistribusikan ke lokasi tujuan akhir. Sekilas, ini terlihat seperti fungsi gudang yang paling umum dikenal masyarakat. Akan tetapi, gudang tak hanya berfungsi sebagai gudang penyimpanan saja karena seluruh barang tersebut akan diatur untuk dikirim ke lokasi tujuan akhir, seperti pembeli atau retailer.

Baca Juga: 4 Tahap Proses Produksi dan Masalah Produksi yang Bisa Menghambat Bisnis

Sebagai Pusat Distribusi

Sebagai pusat distribusi, gudang menjadi tempat di mana barang atau produk akan dikumpulkan untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu dari lokasi asal. Kemudian, barang akan dikirimkan ke beberapa lokasi tujuan begitu dibutuhkan. Dengan cara ini, biaya pengiriman bisa jadi lebih murah daripada jika barang dikirim langsung dari lokasi asal ke beberapa lokasi tujuan sekaligus.

Sebagai Tempat Operasi Break-Bulk

Selain kedua fungsi di atas, nantinya kamu bisa sewa gudang untuk menjalankan fungsi yang satu ini. Artinya, gudang menjadi tempat di mana barang atau produk yang dikirim dalam jumlah besar (bulk) akan “dipecah” ke dalam volume atau satuan yang lebih kecil. Tujuannya adalah untuk efisiensi biaya pengiriman, terutama karena pihak produsen atau pabrik dari mana barang tersebut berasal umumnya mengirimkan barang memang dalam satuan besar alias bulk.

Sebagai Tempat untuk In-Transit Mixing

Sebagai tempat untuk in-transit mixing, gudang tak hanya menjadi gudang penyimpanan tapi juga tempat untuk mengombinasikan atau mencampur (mixing) barang atau produk dari beberapa tempat asal yang berbeda-beda. Kemudian, pihak gudang akan mengirimkan sesuai pesanan kepada pelanggan akhir dengan kombinasi barang atau produk yang berbeda-beda.

Untuk memperjelas, kamu bisa simak ilustrasi berikut ini. Misalnya dalam gudangmu, kamu menerima produk A dari pabrik A, produk B dari pabrik B, dan produk C dari pabrik C. Kemudian, kamu mengirimkan pesanan kepada Z berisi produk A dan B, pada Y berisi produk B dan C, dan kepada X berisi produk A dan C.

Sebagai Titik Cross-Dock Operation

Fungsi gudang sebagai cross-dock operation berarti gudang akan menerima barang dari lokasi asal untuk langsung dikirim ke lokasi tujuan berikutnya. Dengan begitu, gudang tidak menyimpan barang terlebih dahulu karena proses penerimaan dan pengiriman dilakukan relatif cepat. Artinya, fungsi gudang sebagai gudang penyimpanan di sini bisa dibilang tidak ada. Fungsi ini sangat umum ditemukan pada distribusi produk yang mudah rusak (perishable), seperti sayur dan buah segar.

Karena banyaknya fungsi gudang, Sobat Shipper bisa jadi merasa kewalahan saat memutuskan untuk sewa gudang dan mengelolanya sendiri. Apalagi kalau kamu baru saja merintis bisnis atau punya bisnis UMKM yang karyawannya sedikit.

Tapi tenang saja, karena masih ada solusi pergudangan yang dijamin tidak akan membuatmu kewalahan, kok. Soalnya ada jasa gudang Shipper yang bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan gudang penyimpanan tanpa harus repot mengelolanya.
Lewat jasa gudang Shipper, sudah ada staf profesional yang siap memenuhi semua aktivitas pergudangan bisnismu, Sobat Shipper.

Bahkan, jasa gudang Shipper juga termasuk fulfillment. Artinya, kamu tak hanya bisa sewa gudang penyimpanan saja, tapi sampai manajemen persediaan hingga pengemasan dan pengiriman pesanan ke pelanggan. Cek https://shipper.id/warehouse untuk info lengkapnya sekarang juga, yuk!

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung HPP untuk Barang Jualanmu?

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.