Ketahui Fungsi dan Pengertian Mengapa Kemasan Produk itu Penting

Uncategorized09 September 2021
fungsi-kemasan-produk-dalam-bisnis

Jika dilihat sepintas lalu, kemasan produk mungkin dianggap sepele. Karena umumnya, ketika konsumen membeli sebuah produk, biasanya kemasan produk tersebut akan langsung dibuang. Tapi yang tidak banyak disadari oleh kebanyakan orang adalah, justru kemasan tersebut, yang akan memudahkan para konsumen dalam memilih produk yang akan dibeli kelak.  

Baca juga: 4 Fungsi Kemasan Produk yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja?

Pengertian Kemasan Produk

Pengertian kemasan produk secara umum, tidak lain, adalah sebuah desain kreatif, dimana di dalamnya, terdapat bentuk, warna, struktur, citra, hingga tipografi dari sebuah produk itu sendiri. Desain ini sendiri sengaja dibuat, agar kelak produk yang dibuat, mempunyai kelayakan tersendiri, untuk diperjual belikan.

Itu sebabnya, sebuah kemasan, harus dibuat sekreatif mungkin, agar hasilnya bagus, dan mampu mempengaruhi para konsumen untuk memilih dan menggunakannya.  

Apa Sebenarnya Fungsi Kemasan Produk?

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, sebuah kemasan produk, adalah unsur produksi yang penting untuk dibuat. Ada beberapa fungsi penting tentang sebuah kemasan produk, antara lain:

1. Sebagai Wadah

Fungsi yang pertama, tentunya sebagai wadah dari produk itu sendiri. Dimana umumnya, digunakan, untuk memperlancar proses pengiriman produk, agar tidak tercecer atau hilang, ketika proses pengiriman.

Apabila kemasannya rapi, sudah tentu, produk yang dikirim, akan sampai dengan aman dan lengkap hingga ke tangan konsumen. Dari sinilah desain kemasan produk, memegang peranan penting, agar mampu menampung, aneka macam produk yang ada di dalamnya dengan baik, dan juga aman.

2. Untuk Melindungi dan Mengawetkan Produk

Adapun fungsi utama kemasan produk adalah untuk melindungi dan mengawetkan produk itu sendiri, terutama dari kerusakan. Yang perlu diketahui disini adalah, sebuah produk, tanpa kemasan, memang rawan mengalami kerusakan. Apalagi jika bahan yang digunakan, rentan akan beberapa zat tertentu. itu sebabnya kemasan produk juga berfungsi untuk menjaga kualitas produk itu sendiri.  

3. Identitas Produk

Kemasan produk, juga jadi identitas sebuah produk. Kemasan produk makanan makanan misalnya, akan memudahkan para konsumen, dalam memilih produk makanan mana yang ingin dibeli dan dikonsumsi.

Biasanya semakin kreatif dan bagus sebuah produk tertentu, membuat merek tersebut akan semakin terkenal, atau bahkan disukai oleh para konsumennya.

4. Meningkatkan Efisiensi

Adapun fungsi kemasan produk lainnya adalah meningkatkan efisiensi dari produk itu sendiri. Ketika sebuah produk sudah jadi, dan sudah dibungkus oleh sebuah kemasan yang cantik. Maka semua modal, biaya operasi, hingga harga jual dari produk tersebut, dapat ditentukan secara mudah dan juga cepat.

5. Membedakan dengan Produk Lain  

Memang tidak dapat dipungkiri, ketika proses pengiriman terjadi, pastinya produk yang dikirim, akan dicampur dengan produk lainnya. terutama ketika konsumen memesan aneka macam produk sekaligus.

Dalam hal ini, sebuah kemasan, selain berfungsi untuk menjaga kondisi barang, juga mencegah terjadinya hal-hal atau bahkan pengaruh buruk dari aneka produk lainnya. terutama produk yang mengandung zat kimia atau yang lainnya.

Dalam hal ini cara membuat kemasan produk secara tepat juga sebaiknya diperhatikan, agar mampu melindungi produk tersebut dengan baik.

6. Memberi Nilai Pada Produk

Hal terakhir, sekaligus jadi fungsi kemasan produk yang tergolong penting, adalah mampu memberikan nilai tertentu pada produk yang akan dijual ke pasaran. Ketika sebuah produk dibungkus rapi, dengan desain yang juga cantik. Pastinya membuat konsumen tertarik untuk melihat, atau bahkan membeli produk tersebut.

Jadi, Sobat Shipper yang saat ini sudah mempunyai produk tertentu. Sebaiknya perhatikan dengan baik kemasan produk yang akan dibuat. Pastikan produknya cantik, menarik, namun juga cukup kuat dan mampu membawa produk, sekaligus menjaga produk dalam kemasan tersebut dengan baik. agar ketika dikirim dan sampai ke tangan konsumen, isi kemasan, tetap terjaga kualitasnya.


Baca juga: Ide Kemasan Produk yang Bisa Kamu Tiru

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.