Intip 4 Faktor Berikut Sebelum Menentukan Ukuran Gudang Penyimpanan untuk Bisnis Kamu

Uncategorized12 July 2021
faktor-ukuran-gudang-penyimpanan-barang

Selain sebagai persiapan untuk memulai bisnis, salah satu alasan orang mencari gudang disewakan adalah adanya kebutuhan untuk meningkatkan ukuran gudang penyimpanan. Hal ini biasanya terjadi ketika bisnis sudah berkembang sehingga volume penjualan ikut meningkat. Apabila Sobat Shipper bingung memutuskan ukuran gudang penyimpanan yang tepat, kamu bisa ikuti 4 tips berikut ini. Selamat membaca!

Ukuran Gudangmu Sekarang

Salah satu cara termudah untuk menentukan ukuran gudang baru yang akan kamu sewa nantinya adalah ukuran gudangmu saat ini. Apakah ukuran gudangmu sekarang terlalu besar atau terlalu kecil? Apa hambatan yang kamu alami selama menggunakan gudangmu sekarang sehingga kamu tidak bisa memanfaatkan ruang yang ada secara efisien?

Kalau selama ini kamu sering kehabisan tempat, dan volume transaksi yang kamu tangani masih sama, maka masuk akal jika ukuran gudang penyimpanan baru nanti harus lebih besar. Tapi jika selama ini kamu merasa ada banyak ruang yang tak terpakai, kamu bisa pilih sewa gudang baru dengan ukuran lebih kecil yang lebih hemat biaya namun dengan tingkat produktivitas yang sama.

Seperti Apa Proses Aliran Produk di Gudangmu Sekarang

Dalam setiap operasional, aliran barang dan produk akan melalui serangkaian proses sejak tiba di gudang penyimpanan sampai dikirim ke alamat pelanggan. Prosesnya sendiri tidak sama persis antara satu bisnis dengan bisnis lain, tapi proses ini sendiri akan menentukan seberapa besar tepatnya ukuran gudang yang kamu butuhkan.

Dengan alasan ini, sangat penting bagimu untuk memahami aliran barang dan produk pada bisnismu terlebih dahulu. Baru kemudian kamu bisa putuskan ukuran yang pas untuk gudang serta segala cara yang memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnismu.

Baca Juga: Mau Coba Bisnis Affiliate Marketing? Pahami Dulu Cara Kerjanya, Yuk!

Jumlah Stok yang Disimpan

Alasan yang satu ini jelas tujuannya: jumlah stok persediaan barang yang kamu miliki untuk memenuhi permintaan pembeli akan menentukan seberapa besar ukuran gudang penyimpanan yang kamu butuhkan. Dengan memahami kebutuhan stok barang saat ini, kamu bisa tentukan cara-cara untuk meningkatkan efisiensi ruang pada gudang yang kamu gunakan sekarang. Dan jika keputusannya memang lebih baik sewa gudang penyimpanan yang lebih besar, kamu bisa bandingkan kondisi di gudang yang sekarang untuk meningkatkan efisiensi sistem penyimpanan stok di gudang ke depannya.

Rencana Pertumbuhan Bisnis ke Depan

Sebagai pelaku bisnis, kamu tentu ingin agar usahamu terus tumbuh dan berkembang, kan? Nah, salah satu indikator bisnis berkembang adalah peningkatan volume penjualan, yang juga berarti adanya peningkatan perputaran stok maupun volume yang harus tersedia di dalam gudang.

Ketika kamu menjalankan bisnis, kamu juga harus membuat target jangka menengah hingga jangka panjang. Di sinilah target pertumbuhan bisnis bisa kamu tempatkan. Dan dengan adanya target tersebut sebagai patokan, kamu pun bisa mengetahui dengan lebih pasti kapan kamu butuh melakukan upgrade dengan ukuran gudang penyimpanan yang lebih besar.

Apakah Sobat Shipper sedang mencari gudang penyimpanan disewakan karena butuh gudang dengan ukuran lebih besar? Kalau iya, pakai jasa gudang dari Shipper saja! Karena di sini, kamu tak hanya bisa sewa gudang, tapi kamu juga tak perlu repot-repot memikirkan kebutuhan ukuran atau kapasitas secara mendetail.


Lewat jasa gudang Shipper, kamu hanya perlu sewa sesuai dengan kebutuhan bisnismu saja. Jadi, kamu tak perlu menghitung ukuran gudang secara keseluruhan. Ditambah lagi, seluruh pengelolaan persediaan barangmu juga akan ditangani langsung oleh staf Shipper yang sudah terbukti profesional, lho! Untuk info lengkapnya, kamu bisa klik langsung di https://shipper.id/warehouse sekarang juga, ya!

Baca Juga: Buyer dalam Purchasing, Apa Saja Proses dan Tugasnya?

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.