5 Faktor Penting yang Menentukan Harga Sewa Gudang, Apa Saja?

Uncategorized13 July 2021
faktor-sewa-gudang-bulanan

Sobat Shipper, tahukah kamu kalau ada begitu banyak faktor yang menentukan harga sewa gudang? Baik itu harga untuk sewa gudang bulanan, mingguan, harian, atau tahunan, pastinya pihak pemilik dan pengelola gudang tidak sembarangan menentukan harga.

Oleh karena itu, ketika kamu akan sewa gudang, tak ada salahnya kalau kamu juga memahami bagaimana biaya sewanya diperhitungkan. Mulai dari sewa gudang bulanan sampai harian, tahunan sampai mingguan, pada dasarnya faktor-faktor penentunya sama, kok. Apa saja, ya?

Ruang

Pada intinya, semakin besar ukuran dan kapasitas gudang yang mau kamu sewa, makin mahal pula harga sewanya, Sobat Shipper. Oleh karena itu, kamu harus bisa menghitung secara spesifik dan akurat ukuran dan kapasitas gudang sebesar apa yang sebenarnya kamu butuhkan.

Mengapa harus begitu? Karena kalau kamu menyewa gudang yang ternyata terlalu besar, artinya kamu akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa gudang bulanan. Atau sebaliknya; jika ternyata gudang yang kamu sewa ternyata kurang mencukupi kebutuhan bisnismu, kamu jelas akan kerepotan karena tidak bisa menyimpan barang dengan baik dan malah bisa keluar uang lebih banyak lagi untuk modifikasi penyimpanan. 

Baca Juga: Return on Investment: Apa Itu ROI dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Lokasi

Faktor lainnya yang juga menentukan harga sewa gudang adalah lokasi. Gudang yang lokasinya ada di titik-titik yang kurang strategis atau kurang ideal akan dibanderol dengan harga sewa yang lebih murah dibandingkan gudang yang lokasinya lebih strategis.

Opsi tersebut bisa terdengar menggiurkan. Tapi, kamu juga harus mengetahui bagaimana lokasi gudang juga akan memengaruhi operasional bisnis, terutama dari segi biayanya. Misal, sewanya murah karena lokasinya lebih jauh dari jalan nasional, tapi efeknya biaya transportasi dari dari jalan nasional ke gudang bisa membengkak dan berdampak pada biaya operasional yang sama atau malah lebih mahal daripada jika kamu menyewa gudang di lokasi yang lebih strategis.

Biaya Operasional

Ketika kamu akan menyewa gudang, ketahui dulu secara pasti komponen sewa gudang bulanan yang ditetapkan. Karena ternyata, banyak pelaku bisnis kecil yang merasa “ditipu” karena rupanya mereka tidak memastikan sejak awal apa saja komponen-komponen yang di-cover oleh harga sewa gudang yang mereka bayarkan.

Oleh karenanya, sebelum menyepakati harga sewa gudang bulanan atau tahunan, pastikan dulu bahwa kamu mendapatkan info lengkap mengenai apa saja komponen dari harga sewanya. Misal pajak, listrik, perbaikan rutin, maintenance, dan sebagainya.

Renovasi

Karena fungsinya, mayoritas atau malah semua gudang yang bisa kamu temukan pasti punya layout terbuka yang luas. Hanya saja, layout seperti ini belum tentu sesuai dengan kebutuhanmu, lho! Dan oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa kamu akan melakukan renovasi gudang.

Kalau memang renovasi adalah solusinya, kamu harus pastikan dari awal apa jenis renovasi yang kamu butuhkan dan siapa yang akan menanggung biayanya. Poin ini biasanya pasti tertuang di dalam kontrak sewa, jadi pastikan semuanya dijabarkan dengan detail ya, Sobat Shipper.

Asuransi

Asuransi memang penting, tapi biayanya bisa jadi luar biasa mahal. Berapa besar biaya asuransi yang perlu dibayarkan biasanya tergantung pada jenis dan nilai barang, nilai peralatan di dalam gudang, dan jumlah orang yang bekerja di sana. Kemudian, masih ada juga pertimbangan lokasi, kondisi, serta umur gudang.

Sedari awal, pastikan kamu dan pemilik gudang sudah menyepakati dengan jelas jenis serta besar asuransi yang perlu ditanggung selama sewa. Keduanya juga harus dinyatakan dengan jelas di dalam kontrak karena pasti memengaruhi besar biaya sewa gudang bulanan. 

Meskipun menyewa gudang adalah pilihan yang lebih praktis dibandingkan beli atau bangun gudang sendiri, ternyata prosesnya tidak semudah itu, ya? Tapi kamu tenang saja, karena ada solusi sewa gudang yang jauh lebih mudah dan praktis di Shipper.

Lewat layanan warehouse Shipper, kamu malah tak perlu repot mengelola gudang sendiri. Soalnya, dengan biaya sewa gudang bulanan yang kamu bayarkan, sudah ada staf profesional Shipper yang urus semua kebutuhan manajemen gudang dan fulfillment untuk bisnismu.Klik https://shipper.id/warehouse sekarang juga untuk solusi gudang praktis kekinian, yuk!

Baca Juga: Perusahaan Joint Venture, Apa Karakteristik dan Keunggulannya?

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.