Jenis Dokumen Wajib untuk Shipping yang Perlu Kamu Ketahui

Uncategorized01 September 2021
dokumen-wajib

Kamu selaku Shipper perlu mengetahui jenis dokumen wajib untuk melakukan shipping. Namun sebelum masuk ke poin tersebut, hendaknya kita perjelas definisi shipping itu sendiri. Shipping secara umum merupakan pengiriman barang via jasa ekspedisi laut, di mana sebagian barang akan dimasukkan ke dalam kontainer. Sebagian barang tersebut biasanya ialah barang yang rentan atau mudah rusak.

Sedangkan untuk barang-barang seperti hasil pertambangan maupun kayu akan dibiarkan saja dan tidak dimasukkan ke dalam kontainer bersama barang-barang yang rentan. Kemudian, dalam proses pengiriman barang perlu dipastikan dengan sebaik-baiknya terkait barang yang akan dikirim. Itu mengapa diperlukan dokumen wajib untuk melakukan Shipping. Seorang shipper maupun eksportir perlu memastikan keberadaan dokumen-dokumen tertentu demi kelancaran proses shipping. Simak dan pelajari poin-poin berikut ini:

1. Shipping Instruction (SI)

Dokumen ini perlu dimiliki oleh pihak pertama maupun pihak kedua. Fungsi dari dokumen ini ialah sebagai dokumen perintah untuk melakukan pemuatan barang ke dalam kapal. Dokumen ini diberikan oleh perusahaan pengirim barang kepada pihak freight forwarder (Perusahaan Jasa Logistik).

Data-data yang dimuat dalam dokumen SI diantaranya ialah identitas pengirim maupunn penerima, kuantitas barang, serta keterangan barang.

2. Invoice

Invoice berisi data-data terkait barang yang akan dikirim ke tempat tujuan. Selain itu juga terdapat identitas serta harga dari barang yang bersangkutan.

3. Packing List

Packing list merupakan dokumen wajib yang berisi deksripsi mengenai barang yang akan dikirim. Dokumen ini juga memuat rincian jenis barang, dimensi barang, kuantitas barang, serta bobot barang.

4. Airwaybill

Airwaybill merupakan jenis dokumen wajib untuk shipping barang melalui jalur udara. Untuk data-data yang tercakup dalam dokumen ini ialah identitas pengirim dan penerima, berat barang, kuantitas barang, serta tanggal transaksi. Dokumen ini juga harus dilengkapi dengan tanda tangan pihak penyedia jasa pengirian maupun tanda tangan pengirim.

5. Surat Jalan Ekspedisi

Perusahaan jasa ekspedisi perlu memberikan surat jalan ke perusahaan trucking sebelum kontainer berjalan. Surat jalan ini berfungsi sebagai bukti bahwa kontainer telah mengantongi izin untuk proses loading ke dalam kapal.

Data-data yang terdapat pada dokumen wajib yang satu ini ialah kuantitas barang, jenis barang, dan juga tanda tangan dari shipper, petugas gudang, hingga sopir. Jika perusahaan ekspedisi yang bersangkutan memiliki jasa trucking, maka surat jalan bersifat internal.

6. Release Order (RO)

Dokumen wajib yang satu ini merupakan surat perintah untuk melakukan pelepasan aset kontainer kepada pembeli. Sederhananya, RO digunakan sebagai surat izin penjemputan barang ke kontainer oleh pihak tertentu.

7. Surat Jalan Pabrik

Surat jalan pabrik dikeluarkan oleh penjual selaku pengirim barang dan perusahaan. Isi surat ini tidak jauh berbeda dengan dokumen surat jalan ekspedisi. Perbedaan dari kedua dokumen tersebut ialah terletak pada pihak yang mengeluarkannya. Jika surat jalan pabrik dikeluarkan oleh shipper, surat jalan ekspedisi dikeluarkan oleh perusahaan jasa ekspedisi.

8. Equipment Interchange Receipt (EIR)

Surat ini diberikan oleh depo pelayaran kepada pihak jasaa ekspedisi atau trucking. Dokumen ini merupakan surat hasil pemeriksaan kondisi container. Dokumen EIR diberikan depo pelayaran kepada pengangkut saat proses pengosongan kontainer maupun memuat barang ke kontainer.

Demikianlah beberapa dokumen wajib yang perlu kamu ketahui sebagai Shipper. Untuk kamu yang ingin menjadi Shipper ataupun eksportir kamu bisa menyiapkan dokumen-dokumen wajib diatas sebelum melakukan pengiriman.

Dan perlu diketahui juga sekarang sudah ada jasa pengiriman yang profesional untuk mengantar orderan pelanggan selamat sampai tujuan. Kamu bisa bekerja sama dengan Shipper untuk mendapatkan layanan antar gratis dan masih banyak keunggulan lainnya.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.