6 Tips Desain Gudang Sewaan yang Bisa Kamu Intip

Uncategorized16 July 2021
desain-gudang-sewaan

Mendapatkan gudang disewakan yang selama ini kamu idamkan pasti melegakan, bukan? Di tempat tersebut, kamu bisa mengaplikasikan manajemen gudang yang sudah lama direncanakan. Tahap-tahap lain seperti mencari supplier dan karyawan pergudangan juga lebih cepat dilakukan

Sayangnya, masih ada banyak orang yang melupakan tahap ini: desain gudang sewaan. Padahal, tata ruang bakal membuat karyawan nyaman bekerja. Supaya gudang tidak terlihat membosankan, ikuti langkah-langkah ini, yuk!

1. Pahami karakteristik barang

Mengenali karakteristik barang perlu dilakukan sejak mencari gudang disewakan. Apakah barang tersebut mudah pecah, terbakar, atau malah memiliki ketahanan tinggi. Ukur juga luas dan dimensi gudang yang bakal memudahkan mencari cat dinding atau produk lain yang memudahkan cara desain gudang sewaan. Dengan melakukan langkah awal ini, kamu bakal lebih mudah buat melakukan tahap-tahap selanjutnya.

2. Periksa jendela dan ventilasi

Gudang memang bukan seperti rumah yang difungsikan sebagai tempat tinggal. Namun, kamu juga harus memperhatikan keberadaan jendela dan ventilasi. Dua bagian bangunan tersebut memiliki peran penting dalam menjaga sirkulasi udara ruangan dan tingkat kelembapannya. Kalau gudang belum dilengkapi jendela dan ventilasi memadai, kamu bisa mengakalinya dengan memasang air purifier atau membuka salah satu pintu.

Baca juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih Warehouse

3. Sediakan ruang untuk bergerak

Kadang saat baru pindah ke gudang disewakan, stok barang cenderung ditaruh sembarangan sampai memenuhi ruangan. Inilah mengapa kamu perlu mengetahui ukuran dan dimensi gudang supaya lebih mudah menempatkan barang. Kemudian, saat menata persediaan barang, sediakan ruang bergerak supaya kamu dan para karyawan lebih leluasa bergerak. Kamu pasti tak mau jatuh gara-gara tersandung barang gudang sewaan saat bekerja, bukan?

4. Perhatikan partisi dan bagian bawah tangga

Belum sempat beli rak khusus buat sistem racking? Tenang, kamu masih bisa mengakalinya dengan partisi. Partisi memungkinkanmu memisahkan barang sesuai jenis, sehingga bisa langsung dipindahkan saat rak gudang sudah tiba. Kemudian, cek juga ruang kosong di bawah tangga gudang disewakan yang kamu pilih. Ruangan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan alternatif kalau rak belum bisa memuat semua stok yang masuk.

5. Atur pencahayaan dalam gudang

Sewa gudang barang berbeda dengan gudang yang ada di rumahmu. Sistem pencahayaan yang kamu instal harus menerangi ruangan secara merata, terutama di lokasi-lokasi saat karyawan memasukkan dan mengeluarkan barang. Keberadaan lampu sebagai sumber pencahayaan juga bakal menghasilkan kesan luas dalam gudang. Tempatkan lampu di tengah plafon atau setiap sudut menggunakan sistem pembagian watt lampu.

6. Jangan ragu mendekorasi gudang

Dekorasi gudang bisa kamu lakukan untuk menguatkan kesan dinamis. Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah minta izin kepada pemilik atau penyedia gudang disewakan, ya. Dekorasi bisa mencakup pengecatan ulang pada dinding, memasang hiasan berupa lukisan, atau memasang rak gantung untuk menyimpan ornamen tertentu. Dekorasi secukupnya supaya karyawan tetap fokus dengan pekerjaan mereka.

Tak mau repot melakukan perombakan besar pada gudang? Barangkali Shipper bisa membantumu menemukan gudang terbaik untuk menyimpan stok barang. Selain dilengkapi fasilitas yang dibutuhkan, Shipper memastikan gudang-gudangnya bisa segera digunakan. Di sisi lain, kamu juga diberikan kesempatan buat menata ulang ruangan agar sesuai dengan kegiatan usaha.

Dengan tarif yang bersahabat, rasanya kamu tak perlu lagi meragukan layanan dari Shipper. Kunjungi saja https://shipper.id/warehouse untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap, termasuk mengontak Shipper untuk kerja sama.

Baca juga: Kriteria Warehouse yang Baik untuk Menunjang Bisnis Kamu

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.