Simak Definisi dan Jenis dari Warehousing

Uncategorized04 November 2021
definisi-dan-jenis-warehousing

Apa itu warehousing? Warehousing atau pergudangan adalah kegiatan menerima dan menyimpan barang di gudang, kemudian pengepakan barang tersebut untuk dikirim kembali. Warehousing yang efektif sangat penting untuk meminimalisir biaya logistik dan layanan pengiriman. Selain itu, warehousing berfungsi meningkatkan kontrol dan pelacakan stok.

Data Warehouse

Warehousing yang baik pasti dilengkapi dengan data warehouse atau gudang data. Data warehouse adalah sistem komputer yang bertugas untuk mengarsipkan dan menganalisis sebuah data historis untuk suatu keperluan. Dengan kata lain, Sobat Shipper bisa mengelola stok dengan lebih terstruktur.

Fungsi Logistik Sebagai Warehousing

Secara garis besar, fungsi logistik sebagai warehousing adalah menjaga dan memelihara barang persediaan agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Bila dijabarkan, fungsi warehousing adalah sebagai berikut:

· Penerimaan (receiving): kegiatan yang dimulai dari pembongkaran barang, pemeriksaan, pencatatan di sistem komputer, kemudian penyimpanan di gudang.

· Perintah pengambilan barang (order picking): pengambilan barang dari gudang berdasarkan jumlah pesanan yang masuk.

· Penyortiran (sortation): proses memilah sekumpulan barang yang telah diambil berdasarkan pesanan dari masing-masing pelanggan.

· Pemeriksaan (collation): sebelum pengiriman, barang harus diperiksa kelengkapannya.

· Menyusun dan pengiriman (marshalling & dispatch): memuat barang ke dalam kendaraan yang akan mengirimkannya ke ‘simpul’ berikutnya dalam rantai pengiriman hingga sampai ke alamat tujuan.

Jenis Pergudangan

1. Centralized Warehousing/Pergudangan Terpusat

Dinamakan terpusat karena pelaku bisnis memutuskan untuk mengelola semua stok di satu lokasi sebelum mendistribusikannya ke pelanggan. Kelebihan warehousing ini adalah mengurangi biaya pengiriman. Selain itu, warehousing ini menghemat waktu penanganan. Seorang pelaku bisnis tidak perlu

menghabiskan banyak waktu untuk hanya untuk mengkoordinasi beberapa gudang seperti yang menjadi masalah dalam pergudangan tidak terpusat. Gudang terpusat biasanya berlokasi di daerah yang memiliki infrastruktur yang baik sehingga mudah diakses. Manfaat terakhir dari centralized warehousing adalah mengurangi duplikasi data stok serta biaya administrasi. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat memusatkan lebih banyak perhatian pada pelanggan.

2. Decentralized Warehousing/Pergudangan Tidak Terpusat

Disebut tidak terpusat karena pelaku bisnis memiliki beberapa gudang di lokasi yang berbeda-beda. Biasanya gudang ditempatkan di dekat lokasi yang lebih dekat dengan tujuan sehingga dapat menghemat biaya dan waktu pengiriman serta mengurangi keterlambatan pengiriman. Warehousing jenis ini memungkinkan fleksibilitas pengiriman yang tinggi karena stok barang lebih mudah diakses. Stok barang juga bisa ditahan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan di setiap lokasi.

Namun, warehousing jenis ini memiliki beberapa kekurangan. Karena tidak terpusat, stok barang yang dapat ditangani lebih sedikit sehingga secara ekonomi skalanya juga lebih rendah. Selain itu, tingkat otomatisasi decentralized warehousing lebih rendah dibandingkan warehousing terpusat sehingga pelaku bisnis harus mengeluarkan lebih banyak budget untuk mengontrol persediaan di masing-masing gudang. Kelemahan berikutnya adalah pelaku bisnis harus mengkoordinasi beberapa gudang sekaligus sehingga meningkatkan risiko salah alokasi, yaitu penempatan barang tidak pada gudang yang tepat.

Sistem warehousing Shipper yang handal dan otomasi tingkat tinggi mampu menangani banyak barang. Sobat Shipper bisa fokus meningkatkan penjualan tanpa harus direpotkan urusan operasional logistik. Yuk langsung klik shipper.id/warehouse dan temukan paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Sobat Shipper!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.