Ketahui Definisi dan Fungsi dari Surat Keterangan Usaha (SKU)

Uncategorized10 November 2021
definisi-dan-fungsi-sku

Surat Keterangan Usaha atau yang sering disingkat SKU adalah dokumen administratif yang dikeluarkan pemerintah melalui kelurahan atau kecamatan. Surat ini adalah pengakuan resmi dari pemerintah daerah bahwa usaha Sobat Shipper benar berada dalam suatu daerah administratif tertentu. Surat ini biasa digunakan sebagai persyaratan administratif.

Cara Membuat SKU

Membuat SKU tidak dipungut biaya. Secara umum tahapan yang harus dilalui adalah:

1. Membuat Surat Pengantar RT-RW ke kelurahan.

Siapkan KTP asli dan Kartu Keluarga (KK). Surat tersebut berfungsi membuktikan bahwa Sobat Shipper memang benar tinggal di lingkungan tersebut. Surat Pengantar yang sudah jadi akan ditandatangani Ketua RT, untuk kemudian disahkan oleh Ketua RW.

2. Di kelurahan, ajukan pembuatan Surat Keterangan Usaha dengan melampirkan:

· Surat Pengantar RT-RW

· Kartu Keluarga

· Kartu Tanda Penduduk

· NPWP

· Foto wajah pemohon SKU yang berada di tempat usaha miliknya.

3. Pengesahan di Kantor Kecamatan

SKU yang sudah ditandatangani oleh Camat dan disahkan dengan stempel Kecamatan memiliki masa berlaku satu tahun sejak tanggal diterbitkan.

Bila Sobat Shipper belum punya waktu untuk datang secara langsung ke kantor kelurahan atau kecamatan, kamu bisa mengajukan SKU secara online dengan cara:

1. Buka website https://oss.go.id/portal/

2. Klik pilihan Daftar atau Masuk

3. Jika belum memiliki akun, lakukan pendaftaran lebih dahulu. Klik DAFTAR kemudian lengkapi setiap informasi yang diminta.

4. Setelah daftar, cek email untuk melakukan aktivasi akun.

5. Sobat Shipper akan menerima username dan password untuk melakukan pendaftaran SKU.

6. Setelah itu, untuk mendaftar SKU, pilih kualifikasi usaha pada kolom perizinan usaha.

7. Akan tampil formulir data pemohon. Isi dengan benar, lalu klik pilihan paling bawah, dan akan muncul SKU yang bisa kamu cetak.

Fungsi SKU

Fungsi SKU Seller adalah:

1. Membantu Proses Kredit Usaha

Bagi UKM (usaha kecil dan menengah) modal adalah hal yang sangat penting. Modal yang cukup bisa menjadi kunci UKM untuk berkembang menjadi usaha yang mapan dan lebih besar. Pemerintah menawarkan banyak program kredit untuk mendukung UKM mengembangkan usahanya. Namun pengusaha yang ingin mengikuti program seperti ini harus memiliki Surat Keterangan Usaha karena surat tersebut adalah syarat wajib.

2. Membantu Urusan Pajak

Dengan memiliki Surat Keterangan Usaha, bisnis Sobat Shipper tidak akan disebut sebagai milik orang pribadi namun sebagai UKM. Dengan begitu pengakuan pajak yang muncul bukan PPh pribadi melainkan dikecualikan UKM. Sobat Shipper hanya perlu membayar pajak sebesar 0,5 % dari pendapatan usaha.

Pembayaran pajak yang lebih sedikit memungkinkan seorang pengusaha UKM mengalihkan pendapatannya kepada aspek bisnis yang lain yang akan membuat bisnis bisa berkembang lebih cepat.

3. Sebagai Data Pendukung, Jika Ada Bantuan Pemerintah

Selain program kredit usaha, Pemerintah juga membuat banyak program bantuan yang berfokus pada usaha kecil dan menengah. Beberapa instansi pemerintah yang memberikan bantuan kepada UKM adalah BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif), Kementerian Perindustrian dan Perdagangan dan masih banyak lagi. SKU menjadi syarat utama jika ingin mendapatkan bantuan dana tersebut. Syarat ini diterapkan agar dana yang disalurkan tepat sasaran.

Keuntungan SKU bagi para penjual online/UMKM adalah kamu bisa kirim barang dengan multi logistik tanpa harus mendatangi agen logistiknya satu persatu. Kami juga memberikan layanan gratis penjemputan paket ke rumah kamu tanpa minimum order. Hal lain yang perlu kamu ketahui adalah kamu bisa menggunakan Shipper sebagai salah satu partner ekspedisi untuk membantu pengiriman dari bisnis onlinemu. Yuk kunjungi websitenya di shipper.id untuk info lebih lanjut!

Baca Juga : 5 Jenis Dokumen Legalitas Bisnis Serta Keuntungan Memilikinya

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.