4 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Laporan Gudangmu Akurat!

Uncategorized16 July 2021
contoh-laporan-gudang

Pesanan pelanggan mulai masuk, tetapi kamu belum kunjung memahami alur ketersediaan barang di gudang? Supaya stok barang terisi tepat waktu, kamu wajib mempelajari laporan-laporan yang dibuat untuk pergudangan. Mempelajari contoh laporan gudang pun bakal membantumu mengetahui kebutuhan apa saja yang seharusnya dimasukkan ke dalamnya.

Dari sekian jenis laporan yang harus dibuat, laporan stok barang gudang adalah yang perlu kamu prioritaskan. Pasalnya, data-data yang tercantum dalam jenis laporan ini akan mempercepat proses pengisian barang sebelum pelanggan mengeluhkan respons lambat akibat kehabisan item.

Apa fungsi laporan stok barang?

Walau penyusunan laporan bersifat penting, kenyataannya masih banyak pelaku bisnis dan pengusaha yang mengabaikannya, lho! Tanpa mengamati contoh laporan gudang, kamu juga bakal lebih riskan mengalami kerugian yang sulit diperbaiki. Jadi jangan malas mengurus laporan meski harus kamu mulai dari awal.

Membuat laporan gudang sederhana, terutama bagi pemula, melatihmu mengenali setiap pos pemasukan dan pengeluaran, menghitung biaya, hingga memperkirakan ketersediaan stok barang habis. Setelah menguasai fungsi utama laporan, bakal mudah buatmu menangani jenis yang lebih kompleks.

Bagaimana langkah membuat laporan stok barang?

Langkah apa yang sebaiknya diambil begitu mendapatkan contoh laporan gudang yang dibutuhkan? Nah, perhatikan hal-hal berikut supaya persiapanmu semakin matang.

1. Data-data yang harus dimasukkan

Untuk mengurus manajemen gudang, pastinya ada karyawan yang menangani data-data saat barang masuk dan keluar. Kamu bisa meminta rekap data dari mereka yang bertanggungjawab dalam pencatatan, lalu cek keakuratan data yang mereka kumpulkan. Sesuaikan data laporan barang gudang yang kamu terima disesuaikan dengan periodenya dan buat forecasting.

Baca juga: Antisipasi Kerugian Usahamu dengan Memahami Retur Penjualan dan Pembelian

2. Cek setiap barang sebelum disimpan

Barang yang kamu pesan dari supplier sudah sampai? Tunggu dulu, sebelum disimpan di rak khusus, kamu cek setiap barangnya dan sesuaikan dengan daftar. Selain memastikan semua barang yang diperlukan sudah tersedia, kamu juga bisa segera meminta penggantian semisal ada barang yang cacat atau meminta yang belum sempat terkirim.

3. Berikan label atau kode pada barang

Dalam contoh laporan gudang, label dan kode adalah komponen-komponen yang harus kamu pelajari baik-baik. Setiap kode dan label menyimpan informasi terkait barang beserta kriterianya. Pelaku bisnis dan usaha pun memakainya untuk memudahkan pencarian pada database yang sudah mereka susun dalam software khusus pergudangan.

4. Pakai program yang mudah digunakan

Ada dua jenis program yang biasanya digunakan untuk menerapkan cara membuat laporan gudang, yakni Office Word dan Excel. Namun, sebagian besar karyawan yang mengurus pendataan lebih sering memakai Excel karena keberadaan formula yang dapat memudahkan perhitungan. Sementara Word hanya dipakai untuk mengolah laporan yang lebih sederhana.

Saat tak lagi bergantung pada contoh laporan gudang, kamu pasti bakal lebih mudah mengatur pendataan dan perhitungan stok barang. Apalagi sekarang sudah ada software khusus pergudangan yang bakal semakin membantumu mengelola ketersediaan barang.

Tahu faktor apa lagi yang bakal melancarkan pembuatan laporan? Gudang atau warehouse yang kamu pakai untuk menyimpan barang. Nah, Shipper bisa membantumu dengan menghadirkan gudang-gudang berfasilitas memadai di berbagai tempat di Indonesia. Dengan kata lain, kamu hanya perlu memilih lokasi gudang yang dekat dengan usaha atau bisnis yang dikelola.

Bagaimana dengan layanan lain yang bisa kamu manfaatkan selama memakai gudang Shipper? Untuk hal itu, kamu bisa cek langsung di https://shipper.id/warehouse, ya! 

Baca juga: 6 Langkah Optimalkan Sistem Gudang untuk Bisnismu yang Bisa Dilakukan

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.