Kenalan dengan Ekonomi Kreatif: Definisi, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya untuk Masyarakat

Uncategorized05 July 2021
contoh-ekonomi-kreatif

Sebenarnya, ada berbagai contoh ekonomi kreatif yang sekarang sudah bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari lho, Sobat Shipper! Soalnya, pertumbuhan sektor ekonomi yang satu ini ternyata sudah terbilang pesat dari tahun ke tahun, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Apabila Sobat Shipper masih belum terlalu kenal dengan konsep dan contoh ekonomi kreatif, yuk simak dulu ulasan di bawah ini. Selamat membaca dan semoga informasinya bermanfaat, ya!

Pengertian Ekonomi Kreatif

Dilansir dari Kompas.com, ekonomi kreatif adalah proses penciptaan, aktivitas produksi, dan distribusi barang maupun jasa, di mana seluruh prosesnya memerlukan kreativitas dan kemampuan intelektual. Dan dalam implementasinya, kreativitas yang dimaksud tak hanya berkaitan dengan penciptaan produk, tapi juga meliputi pemakaian bahan baku hingga inovasi teknologi.

Dari seluruh contoh ekonomi kreatif, terdapat pengelompokan yang mengkategorikan ekonomi kreatif ke dalam 14 jenis industri. Keempat belas jenis industri kreatif tersebut adalah:

  • Advertising.
  • Arsitektur.
  • Broadcasting.
  • Desain.
  • Fashion.
  • Game atau permainan interaktif.
  • Kerajinan.
  • Media, meliputi film, fotografi, dan video.
  • Musik.
  • Percetakan dan penerbitan.
  • Riset dan pengembangan.
  • Seni.
  • Seni pertunjukan.
  • Software.

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif

Dari berbagai contoh ekonomi kreatif, terdapat beberapa karakteristik yang membedakannya dengan sektor ekonomi dan industri lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri ekonomi kreatif.

1. Terdapat penciptaan atau kreasi intelektual.

Salah satu ciri utama ekonomi kreatif adalah penekanan pada kreativitas. Oleh karena itu, dalam ekonomi kreatif, para pelakunya menerapkan kreativitas dalam proses penciptaan intelektualnya. Artinya, kreativitas tak hanya diterapkan pada produksi, tapi juga sistem dan metode dalam bisnis.

2. Dapat dikembangkan.

Penciptaan intelektual dalam bisnis ekonomi kreatif juga harus terus-menerus berkembang agar selalu relevan dan mengikuti perkembangan ekonomi. Dengan begitu, pasar akan selalu bisa menerima dan konsumen dapat memperoleh manfaat.

3. Aktivitas distribusi.

Di dalam aktivitas ekonomi kreatif, terdapat aktivitas distribusi, yang bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Keputusan terkait aktivitas distribusi ini disesuaikan dengan kebutuhan bisnis ataupun konsumen.

4. Kerja Sama dan kolaborasi.

Kerja sama dan kolaborasi memainkan peran krusial dalam ekonomi kreatif. Contohnya kerja sama antara pelaku bisnis dengan pemerintah, hingga kolaborasi antara dua pelaku bisnis atau lebih.

5. Berbasis pada ide.

Ekonomi kreatif meletakkan ide sebagai salah satu fondasi utamanya. Hal ini berkaitan erat dengan fondasi yang lain, yaitu kreativitas dan inovasi. Sebab, tidak ada kreativitas dan inovasi tanpa adanya ide.

6. Tidak menentukan batasan tertentu.

Penerapan kreativitas dan inovasi di dalam ekonomi kreatif tidak diberi batasan tertentu yang mengikat, termasuk dalam penciptaan produk. Dengan begitu, produk akan diciptakan dan dikembangkan lewat kreativitas dan inovasi.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Dan berikut ini adalah beberapa manfaat ekonomi kreatif yang utama:

  • Menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
  • Mendorong kreativitas masyarakat.
  • Mendorong inovasi dalam berbagai bidang.
  • Mendorong terciptanya lingkungan kompetisi bisnis yang sehat.

Apakah Sobat Shipper tertarik merintis usaha ekonomi kreatif yang juga merupakan bisnis dagang? Kalau iya, tentu kamu butuh gudang dan kirim barang kepada pembeli, kan? Nah, kamu bisa gunakan jasa pengiriman dan gudang dari Shipper yang tentu bisa bantu kamu hemat banyak waktu dan tenaga, lho!


Dengan jasa pengiriman dan gudang Shipper, kamu pun bisa serahkan dua aktivitas tersebut kepada ahlinya. Jadi, waktu dan tenaga yang kamu punya bisa kamu fokuskan untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan omzet, kan? Klik https://shipper.id/BOS dan https://shipper.id/warehouse sekarang juga, yuk!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.