4 Contoh Bisnis Digital yang Menghasilkan Cuan

Uncategorized07 November 2021
contoh-bisnis-digital

Dalam ilmu ekonomi, pengertian bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Kegiatan jual beli barang maupun jasa ini awalnya dilakukan serba dengan cara tatap muka. Namun perkembangan teknologi yang semakin memudahkan kehidupan manusia ikut membawa tren baru dalam berbisnis, yaitu bisnis digital.

Apa itu Bisnis digital? Bisnis digital merupakan seluruh jenis usaha yang penjualan produknya dilakukan secara online, baik itu melalui website ataupun aplikasi, salah satu contohnya adalah e-commerce. Tren bisnis ini disebut bisnis digital karena menggunakan kecanggihan teknologi dalam kegiatan produksi maupun dalam proses pemasarannya. Jadi bisa disimpulkan bahwa produknya bukan hanya yang tanpa wujud saja seperti software.

Manfaat yang paling terasa dari bisnis digital adalah pangsa pasar lebih luas karena dilakukan secara online. Calon konsumen tidak perlu repot datang ke toko untuk membeli barang atau jasa. Baik calon konsumen dan Sobat Shipper bisa melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja.

Lantas, peluang usaha digital apa dapat dilakukan oleh Sobat Shipper? Ada banyak sekali pilihan dan pada kesempatan kali ini, Shipper akan memaparkannya.

1. Toko Online

Yang paling umum tentunya adalah membuka toko online. Sobat Shipper bisa memanfaatkan berbagai kanal online seperti media sosial, marketplace, dan e-commerce. Sobat Shipper bisa memilih model bisnis yang diminati contohnya B2B (business to business) atau B2C (business to consumer), bahkan C2C (consumer to consumer).

2. Menjadi Dropshipper

Dropshipping merupakan bisnis digital yang dilakukan tanpa menggunakan modal karena Sobat Shipper hanya akan bertugas menghubungkan penjual dan pembeli barang. Uniknya dari bisnis ini adalah seorang dropshipper tidak perlu memikirkan gudang penyimpanan untuk menaruh stok produk karena

produsenlah yang bertugas mengirimkan barang secara langsung kepada konsumen. Keuntungan yang didapat dalam bisnis ini datang dari selisih uang yang dibayarkan oleh pembeli dengan jumlah uang yang dropshipper bayarkan pada produsen barang.

3. Bisnis Afliasi

Bisnis ini memasarkan produk atau jasa milik orang lain dengan imbalan berupa komisi. Sobat Shipper pasti pernah kan menonton Youtube, lalu si Youtuber-nya mengiklankan suatu produk sambil memberikan kode referal yang bisa digunakan oleh penontonnya untuk mendapatkan diskon?

Nah, cara kerja dari bisnis afliasi ini terbagi menjadi tiga. Pertama, daftarkan diri Sobat Shipper pada suatu program afiliasi untuk mendapatkan kode referral atau link tertentu. Kedua, manfaatkan kanal online Sobat Shipper untuk pemasaran. Bila ada pembeli yang menggunakan kode atau mengikuti link yang Sobat Shipper berikan, maka Sobat Shipper akan mendapatkan bagi hasil dari keuntungan penjualan produk tersebut!

4. Content Writer

Bila Sobat Shipper adalah tipe orang yang suka bekerja sendirian, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan bekerja sebagai Content Writer. Bisnis digital ini ramai dicari pelaku usaha lain untuk memperkenalkan atau meningkatkan penjualan suatu produk maupun jasa mereka.

Nah, kira-kira apakah Sobat Shipper tertarik untuk membuka bisnis digital menghasilkan seperti di atas? Apa pun pilihan bisnis digitalnya, pahami dulu kekuatan Sobat Shipper sebelum merencanakan bisnis. Lalu tingkatkan wawasan teknologi, buat rencana bisnis yang matang, dan maksimalkan bisnis Sobat Shipper dengan pengiriman melalui Shipper. Yuk kunjungi websitenya di shipper.id untuk info lebih lanjut!

Baca Juga : Ini Dia Tips Menghasilkan Cuan dari Bisnis Sepatu Handmade

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.