4 Langkah Demi Cegah Kebakaran Gudang Barang yang Perlu Diketahui

Uncategorized01 September 2021
cegah-kebakaran-gudang-barang

Di kota-kota besar seperti Jakarta, kebakaran bisa menimbulkan kerugian besar bagi sebagian besar masyarakat, termasuk juga para pengusaha. Rapatnya bangunan dengan akses jalan sempit semakin menyulitkan petugas pemadam kebakaran untuk melakukan tugas. Maka dari  itu, Sobat Shipper harus mengantisipasi risiko tersebut, termasuk saat menyewa gudang barang di Jakarta dan sekitarnya.

Ya, berita kebakaran gudang memang sering kali meresahkan bagi para pelaku usaha. Kalau terlambat sedikit, stok barang bisa ludes dalam hitungan menit. Sobat Shipper perlu melakukan antisipasi sejak dini lewat cara-cara preventif berikut ini!

1. Pastikan Material Bangunan Tidak Mudah Terbakar

Jenis material bangunan yang digunakan berpengaruh pada risiko kebakaran gudang. Kayu dan plastik adalah salah dua bahan di gudang barang yang kerap memicu api, sehingga perlu dijauhkan dari sumber yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Hindari juga kebiasaan buruk seperti menumpuk barang-barang mudah di dalam ruangan. Benda-benda kecil seperti lilin, korek api, hingga kertas kadang jadi pemicu tak terduga yang sebaiknya Sobat Shipper simpan di tempat aman. Dengan begitu, gudang barang Jakarta yang dijadikan tempat stok barang dapat terhindar dari kemungkinan-kemungkinan terburuk.

2. Pasang Perangkat Elektrikal yang Memenuhi Standar

Sumber listrik merupakan pemicu kebakaran lain yang sebaiknya Sobat Shipper periksa secara berkala. Pencegahan awal yang dapat dilakukan adalah memasang perangkat eletrikal yang memenuhi standar nasional maupun internasional. Jadi, beban arus listrik berlebih dapat dihindari.

Baca juga: Shipper, Layanan Sewa Gudang Jakarta yang Bisa Dijadikan Pilihan

Kemudian, ganti kabel pada sistem kelistrikan di gudang barang apabila dibutuhkan. Jangan nekat memperbaikinya sendiri kalau Sobat Shipper bukan ahli dalam bidang tersebut. Gunakan jasa teknisi profesional untuk mengetahui kondisi perangkat elektrikal. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli yang bagus memang besar, tetapi setimpal dengan keamanan yang diperoleh.

3. Aplikasikan Desain Bangunan Anti-Kebakaran

Desain gudang barang turut mempengaruhi kemungkinan munculnya kebakaran, Sobat Shipper. Pastikan gudang yang disewa sudah mengaplikasikan tata ruangan yang memadai, sehingga membuat karyawan nyaman beraktivitas tanpa memicu hal-hal buruk.

Seperti yang disebutkan, sumber api dan listrik sebaiknya ditempatkan jauh dari jangkauan atau pusat aktivitas di gudang barang. Kemudian, rancang sistem ventilasi sebaik mungkin untuk menghindari akumulasi gas. Simpan juga dokumen di tempat yang tak berdekatan dengan sumber api. Tak jarang kecerobohan menyebabkan hal lebih besar seperti kebakaran.

4. Manfaatkan Perangkat Pemadam Otomatis

Ada banyak jenis pemadam kebakaran yang bisa Sobat Shipper peroleh di pasaran. Untuk pemadam kebakaran otomatis, jenis perangkat ini bisa ditempatkan dan dipindahkan sesuai kebutuhan. Karyawan gudang barang pun bisa cepat memakainya saat terjadi kebakaran.

Sobat Shipper bisa juga memanfaatkan pemadam api konvensional yang harus dioperasikan secara manual oleh manual, termasuk diisi ulang setahun sekali. Selain itu, Sobat Shipper harus mengikuti pelatihan sebelum menggunakannya. Terakhir, ada pemadam api sprinkle yang relatif mahal dan butuh instalasi jaringan pipa air.

Pencegahan kebakaran bisa Sobat Shipper lakukan pula dengan menyewa gudang barang dari pihak penyedia tepercaya seperti Shipper. Gudang-gudang yang Shipper bangun sudah mengikuti standar dan ketentuan untuk mengurangi risiko-risiko berbahaya, tak terkecuali kebakaran.

Selain itu, Shipper menghadirkan fasilitas-fasilitas terbaik yang memungkinkan penyewa beraktivitas tanpa mengalami kendala yang mengganggu produktivitasnya. Bahkan Sobat Shipper bisa melakukan pengiriman dari gudang Shipper, lho! 

Ingin tahu lebih banyak seputar Shipper dan gudangnya? Cek langsung informasi lengkapnya yang dapat diakses secara cuma-cuma di https://shipper.id/warehouse. Selain itu, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan ke mana saja, Shipper solusinya!

Baca juga: 5 Jenis Sistem Penyimpanan untuk Gudang agar Stokmu Aman

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.