Cari Tahu di sini! Apa Arti Shipping dalam Online Shop?

Uncategorized29 July 2021
cari-tahu-shipping-adalah

Sobat Shipper, mungkin kamu sering mendengar istilah shipping dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi yang berkecimpung di online shop, sepertinya istilah shipping sudah tidak asing lagi kan? Shipping adalah pengiriman, itu sih arti sederhananya.

Tapi, masa iya sekedar pengiriman? Nah di artikel ini kamu akan mendapatkan informasi selengkapnya apa itu shipping dan arti shipping dalam online shop. Langsung saja simak ulasan lengkap tentang shipping di bawah ini ya!

Apa itu Shipping?

Mungkin kamu pernah bertanya juga, memangnya shipping artinya apa sih? Kok di era digital dan online shop jadi terdengar lebih akrab?

Nah, istilah dari bahasa Inggris, istilah tersebut sering digunakan untuk shipping adalah pengiriman barang atau paket dalam dunia bisnis/jasa pengiriman paket. 

Di sisi lain juga shipping bisa diartikan secara baku sebagai pemindahan fisik barang dari satu titik ke titik lain, dari satu tempat ke tempat lain. Termasuk pemindahan barang dagangan dari gudang ke pelanggan, itu bisa disebut shipping

Shipping dalam Dunia Ekspor Impor

Awalnya shipping hanya digunakan untuk kegiatan ekspor-impor, namun kini telah mengalami pergeseran makna jadi lebih umum untuk digunakan. 

Shipping pada kegiatan ekspor-impor diartikan sebagai pengiriman barang via laut, darat dan udara. Dimana yang paling dikenal adalah shipping dengan melalui kapal laut. 

Shipping melalui jalur laut memang lebih fleksibel, muatan yang diangkut juga jauh lebih banyak dibandingkan jalur udara atau darat. Untuk urusan tarif, Sobat Shipper juga tak perlu khawatir karena relatif lebih murah, cocok untuk para pelaku bisnis. 

Shipping adalah istilah yang sudah harus kamu ketahui dengan jelas, apalagi saat ini era bisnis online shop. 

Baca Juga : Pentingnya Memilih Jasa Pengiriman Barang Luar Negeri Murah Yang Berkualitas!

Proses Penyerahan Barang Saat Shipping

Masih berkaitan dengan shipping kapal laut, maka kamu perlu tahu hal ini. Toh siapa tahu kamu jadi pelaku bisnis besar ekspor-impor di suatu hari nanti. 

Pertama, FOB Shipping Point. Artinya importir memiliki hak dan tanggung jawab sepenuhnya terhadap barang yang sudah dikirimkan eksportir. Terutama ketika barang sudah masuk ke kapal untuk menuju pelabuhan tujuan. 

Kedua, FOB Destination Point. Yang kedua ini sedikit berbeda, barang baru menjadi milik importir ketika sudah tiba di pelabuhan sang importir. Dengan kata lain, selama di perjalanan barang masih milik sang eksportir. 

Oh ya, FOB merupakan singkatan dari free on board, atau proses penyerahan barang yang sudah disepakati. 

Arti Shipping dalam Online Shop

Di dunia online shop sudah pasti mendengar istilah shipping, iya kan? Sebagaimana di atas sudah disebutkan bahwa shipping adalah proses pengiriman barang dari penjual ke pembeli. 

Nah kini makna shopping dalam online shop jadi lebih spesifik bahkan cenderung sederhana. Beragam shipping Indonesia atau jasa pengiriman yang sudah terkenal di dunia online shop bisa kamu kenali dengan mudah. 

Namun dalam menggunakan jasa pengiriman, sobat shipper akan dikenakan biaya pengiriman atau sering disebut dengan ongkos kirim. Setiap penyedia jasa pengiriman tentunya menawarkan ongkos kirim yang berbeda-beda. 

Apa perlu disebutkan? Baiklah, contohnya JNE, J&T, TIKI, Pos Indonesia, SiCepat,  Shipper dan beberapa jasa pengiriman yang terbilang baru. 

Jadi, secara sederhana shipping adalah proses pengiriman barang dari penjual ke alamat pembeli. 

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Pengiriman Barang


Nah, kamu bisa menggunakan jasa shipper yang bisa menjemput paket atau barang yang akan dikirimkan. Jadi, tinggal duduk di rumah, maka barang akan dijemput kurir shipper tanpa ada minimum order, menarik kan? Kunjungi situs resmi kami di www. shipper.id untuk informasi lebih jelasnya.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.