Cara Upload Massal di E-Commerce Secara Efektif dan Efisien

Uncategorized02 March 2022
cara-upload-massal-di-e-commerce-secara-efektif-dan-efisien

Sobat Shipper, di era digitalisasi saat ini, kamu pasti tidak asing lagi bukan dengan istilah e-commerce? Menurut David Baum e-commerce merupakan perangkat teknologi, atau aplikasi, yang diproses secara dinamis terhadap suatu bisnis. Dimana perangkat ini dapat mengkorelasikan hubungan antara perusahaan, konsumen, dan masyarakat, dengan diberlakukannya transaksi elektronik dan tukar-menukar produk, pemberian layanan, dan penyediaan informasi yang diterapkan secara sistematis.

Ada berbagai bentuk e-commerce yang hadir saat ini, dan dapat dengan mudah untuk Sobat Shipper temukan. Mulai dari Shopee, Lazada, Tokopedia, dan masih banyak lagi. Setidaknya, kamu pasti pernah melakukan kunjungan ke berbagai e-commerce ini untuk berbelanja online bukan? Atau bahkan untuk menjajakan produk milikmu sendiri?

Nah, untuk Sobat Shipper yang memiliki keinginan terjun langsung ke dalam dunia bisnis online, kamu sudah tahu belum mengenai hadirnya strategi omnichannel? Kalau kamu belum mengenali strategi ini, kamu berpeluang besar lho untuk mengalami masalah upload produk yang terbilang cukup rentan untuk terjadi. Wah… Kenapa bisa begitu ya? 

Berikut ini Sobat Shipper akan disajikan pembahasan mengenai mengapa tindakan upload produk sangat rentan mengalami masalah? Dan cara upload produk seperti apa yang sebaiknya Sobat Shipper terapkan?

1. Cara Upload Produk Manual Dapat Menjadi Hambatan

Dari satu e-commerce beralih ke e-commerce lainnya. Mulai dari Shopee, lalu beralih ke Lazada, dan mulai lanjut upload produk ke Tokopedia. Skema yang sangat merepotkan bukan? Dimana Sobat Shipper harus bolak-balik upload produk pada online shop yang tersebar di berbagai e-commerce. 

Belum lagi pada persoalan spesifikasi, dimana kamu akan sering untuk copy paste deskripsi, upload ulang foto produk, dan menyunting harga sana-sini. 

Nah, cara upload produk manual seperti ini terlihat sangat tidak efektif dan dapat berpeluang besar menghambat kinerja kamu bukan? Terlebih ketika rasa jenuh mulai menghampiri, peluang untuk mengalami kekeliruan dan kesalahan dalam penguploadan produk secara manual, sangat mungkin untuk terjadi.

Langkah tepat untuk menghindari hal ini, tidak lain dan tidak bukan adalah antisipasi. Tapi… Bagaimana kalau semua tindakan tersebut sudah terlanjur dialami? Pasti Sobat Shipper mulai kepikiran bukan untuk mencari cara upload produk di Shopee, Tokopedia, atau Lazada secara cepat dan praktis. Dimana dengan adanya cara ini kamu memiliki harapan besar untuk dapat melakukan upload produk sekaligus pada semua e-commerce tersebut.

Karena akan sangat mudah bukan… Apabila kegiatan upload produk dapat dilakukan dengan beberapa klik, dan kamu juga hanya perlu mengisi spesifikasi, untuk menayangkan produk tersebut di online shop yang tersebar pada berbagai e-commerce. 

Wah, terlihat sangat praktis dan efisien ya… Tapi, apakah ada solusi untuk mengatasi hal tersebut? Tentu saja ada! Dan berikut ini kita akan membahas berbagai tips jualan online yang dapat memudahkan dalam melakukan upload produk

2. Yuk, Permudah Efektivitas  Penjualan Kamu!

Berikut ini adalah tips jualan online untuk mempermudah efektivitas penjualan produk, terutama dalam melakukan kegiatan upload produk. Yuk, langsung saja kita bahas mulai dari poin pertama.

3. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Melakukan riset ini penting lho, untuk kamu lakukan. Terlebih bagi kamu yang menjual produk berkiblatkan dengan tren. Kegiatan riset ini sangat perlu untuk diperhatikan. Terus… Sepenting apa dan seperti apa saja riset yang dapat diterapkan?

Ingin berjualan di Tokopedia misalnya, Sobat Shipper tentu akan mereset terlebih dahulu bukan? Mengenai cara jualan di Tokopedia secara baik dan benar. Begitupun untuk Sobat Shipper yang ingin mengetahui kiat berjualan di berbagai e-commerce lainnya, layaknya cara jualan di Shopee, cara jualan di Lazada, dan lain sebagainya.

Nah, hadirnya riset disini adalah untuk mengoptimalkan penjualan, mengantisipasi permasalahan, dan mencari jawaban. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan riset ya.

4. Pertimbangkan Setiap Cara yang Diambil

Saat tengah mencari solusi untuk mempercepat proses upload produk, kamu mungkin mulai terpikir untuk menyajikan template yang berisi ketentuan bagi setiap online shop yang tersebar di berbagai e-commerce.

Namun, ketika direalisasikan ternyata tidak sesuai ekspektasi dimana kamu ternyata masih memperoleh kerepotan yang sama, karena harus bolak-balik memberikan keterangan informasi produk secara manual. 

Dari sini, kamu harus dapat mempertimbangkan. Apakah cara yang satu ini dapat diteruskan? Apakan kegiatan ini efektif untuk dilakukan? Maka dari itu, sebagai seorang pebisnis Sobat Shipper harus mampu mempertimbangkan cara yang diambil.

5. Rajin Optimasi dan Interaksi dengan Pelanggan

Untuk meningkatkan ketertarikan pengunjung, mengungguli kompetitor, dan menguatkan kepercayaan pelanggan, Sobat Shipper harus melakukan optimasi dan interaksi secara optimal.

Antara lain tindak optimasi yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat website bisnis, memperbarui tampilan foto produk, dan meningkatkan mutu kualitas produk. Sedangkan untuk interaksi, kamu dapat menumbuhkan responsivitas yang tinggi, dengan menjawab pertanyaan pelanggan secara tepat dan cepat, memberikan ucapan terima kasih atas ulasan positif yang diberikan, serta menerima saran dengan baik dan benar.

Nah Sobat Shipper, melakukan upload produk secara cepat dan tepat juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengoptimalisasi bisnis yang kamu miliki. Terus bagaimana caranya? Cara efektif seperti apa yang harus diterapkan agar kamu tidak kehilangan momen penjualan? Jawabannya ada di strategi omnichannel yang telah disebutkan tadi.

Apa sih, strategi omnichannel itu? Yuk, langsung saja kita bahas serba-serbi omnichannel.

6. Strategi Omnichannel Hadir Sebagai Solusi

Menjadi tips jualan online yang terbukti jitu dan ampuh. Strategi omnichannel adalah  strategi yang dibentuk untuk meningkatkan kepuasan pelanggan ketika melakukan kegiatan perbelanjaan terhadap e-commerce atau toko milik Sobat Shipper. Nah, strategi omnichannel ini dihadirkan pada sebuah layanan bernama Omnichannel Management System (OCMS).

Nah, layanan OCMS yang ada disini menawarkan begitu banyak fitur yang akan membantu kegiatan perniagaan. Yang diantaranya adalah fitur sinkronisasi stok, pengelolaan produk, fitur integrasi, dan fitur Order Management System (OMS) .

Hadirnya berbagai macam fitur dalam layanan OCMS ini dapat membantu Sobat Shipper dalam melakukan pengelolaan terhadap berbagai kegiatan e-commerce secara terintegrasi. Misalnya saja seperti melakukan pengaturan informasi produk, baik itu memperbarui deskripsi produk, melakukan pengeditan harga produk, mengelola masuknya order, menata pengaturan stok inventori, sampai yang paling penting ialah melakukan upload produk secara massal ke berbagai e-commerce.

Dan seluruh kegiatan yang diterapkan disini, dapat dilakukan hanya dengan menggunakan satu platform. Ya, melalui platform pelayanan OCMS. Sangat luar biasa bukan Sobat Shipper?

Jadi, dengan menggunakan OCMS kamu dapat menerapkan upload massal secara efisien dan efektif, berbagai kegiatan seperti pengelolaan layaknya pengelolaan inventori dan stok juga telah terintegrasi dengan platform yang satu ini. Jadi, kamu tidak perlu repot dan khawatir.

Nah, Sobat Shipper itu dia penjelasan mengenai upload massal di e-Commerce secara efisien dan efektif. Jadi, kunci utama untuk mempercepat penguploadan produk adalah dengan menggunakan platform OCMS, dan dengan fiturnya yang telah terintegrasi dengan berbagai e-commerce kamu dapat melakukan berbagai pengelolaan lainnya secara cepat dan mudah.

Yuk, cek informasi mengenai Atoor, platform OCMS yang menyediakan fitur-fitur sistematis yang dapat membantumu secara komprehensif, terlebih dalam melakukan upload produk. Cek informasinya sekarang juga di Atoor!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.