Antisipasi Kerugian Usahamu dengan Memahami Retur Penjualan dan Pembelian

Uncategorized14 June 2021
cara-retur-dengan-mudah

Dalam menjalankan kegiatan jual beli, kamu pastinya bakal menghadapi sejumlah kendala. Beberapa di antaranya bisa saja berakhir pada kegagalan transaksi dan membuat konsumen meminta pengembalian dana atau lebih singkat dikenal sebagai retur.

Secara garis besar, retur artinya pengajuan pengembalian dari konsumen karena barang yang diterima tak memenuhi ekspektasi. Langkah ini memang bakal merugikan, tetapi patut kamu pelajari, sebab bakal membantumu memproses hingga menekan resikonya di kemudian hari.

Perbedaan retur pembelian dan retur penjualan

Ketika mengurus dokumen, kamu bakal menjumpai dua jenis retur usaha: retur pembelian dan retur penjualan. Dalam pembelian, retur artinya pengembalian barang akan dilakukan dari pihak pembeli atau konsumen kepada pihak penjual atau produsen atau supplier. 

Terbitnya retur pembelian juga akan mengurangi jumlah utang pihak pembeli terhadap pihak penjual. Kamu bisa mencatat retur pembelian usaha pada bagian kredit di jurnal keuangan dan bagian debit di utang dagang. Dengan kata lain, retur pembelian bakal berdampak pada pencatatan laporan arus kas. 

Adapun dua jenis retur pembelian yang wajib kamu ketahui, antara lain:

1. Retur pembelian secara tunai

Untuk menerbitkan jenis retur ini, konsumen harus memohon pengembalian barang yang sudah dibeli dari penjual secara tunai. Pencatatannya dilakukan dalam arus kas dengan keterangan barang diretur atau dikembalikan dalam keadaan rusak.

Baca juga: Tips Menjalani Bisnis Online & Melakukan Cek Ongkir yang Tepat

2. Retur pembelian secara kredit

Pada jenis ini, retur artinya mencakup pengembalian barang dagang yang diperjualbelikan secara kredit menggunakan angsuran. Transaksi pun dianggap lunas sesuai waktu jatuh tempo yang disepakati pihak pembeli dengan penjual yang bersangkutan.

Jenis retur kedua, yakni retur penjualan usaha, merupakan proses penerimaan barang yang telah dikembalikan pihak pembeli kepada penjual. Kamu yang menangani retur ini akan mendapati barang yang dikirim ternyata tak sesuai kebutuhan konsumen atau mengalami kerusakan.

Bagaimana dengan pencatatannya? Ketika retur penjualan diterbitkan, maka piutang atau tagihan dari penjual kepada pembeli bakal berkurang. Kamu harus mengisi kolom debit dengan akun retur penjualan, sementara piutang dagang ditempatkan pada sisi kredit saat melakukan pencatatan. Dengan kata lain, retur artinya akan melibatkan pihak pembeli dan penjual mengingat mereka sama-sama menerima dokumen sebagai bukti terjadinya transaksi.

Seperti pembelian, jenis retur bisnis untuk penjualan juga dibagi jadi tiga jenis. Antara lain retur penjualan yang mengembalikan kas ke pihak pembeli, mengurangi piutang ke pihak pembeli, serta mengganti barang rusak dengan yang baru kepada pembeli. 

Undang-undang yang mengatur retur dalam usaha

Mengurus retur pembelian dan penjualan harus kamu lakukan secara hati-hati, apalagi sudah ada UU yang mengaturnya. Menurut Undang-undang 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen, kalau sejak awal terdapat kesengajaan pengiriman barang rusak atau barang yang salah oleh penjual, maka pihak penjual atau produsen bakal kena sanksi hukum. Jadi, retur artinya termasuk dokumen hukum yang harus kamu urus secara serius dan mematuhi aturan yang berlaku.

Kamu bisa menekan munculnya retur dengan manajemen gudang yang baik. Ya, pemilihan gudang atau warehouse yang sesuai kriteria produk bakal memastikan kualitasnya agar tetap bagus sampai ke tangan konsumen. Penyedia gudang bereputasi bagus seperti Shipper juga bakal memastikan stok barangmu aman dari proses penerimaan sampai ke pengiriman.

Belum terlambat untuk berpartner dengan Shipper untuk meningkatkan kualitas penyimpanan barang. Silakan kunjungi https://shipper.id/warehouse buat mempelajari lebih lengkap layanan dari Shipper terkait pergudangan.

Baca juga: Shipper Menjawab Tantangan Bisnis Logistik Berbasis Digital

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.