6 Proses Penyimpanan Barang di Gudang yang Perlu Dipahami!

Uncategorized03 July 2021
cara-proses-penyimpanan-barang-di-gudang

Memantau proses penyimpanan barang di gudang memang bukan hal mudah. Sobat Shipper tak hanya harus menatanya sesuai kategori, melainkan juga menjaga keamanan barang saat ditinggalkan. Apalagi kalau barang-barang tersebut mempunyai nilai jual tinggi atau laku di pasaran.

Mengoptimalkan keamanan barang di gudang bakal menjauhkan Sobat Shipper dari masalah seperti kerusakan atau pencurian. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak tips mengamankan penyimpanan barang di gudang berikut ini!

1. Memperhatikan mutu pengemasan

Kemasan atau packing yang Sobat Shipper gunakan bakal berdampak pada kualitas barang, lho! Pastikan pengemasan menggunakan cara yang tepat, misalnya dengan memberikan styrofoam sebagai lapisan pertama sebelum diikuti bubble wrap, kardus, atau kotak kayu. Dalam proses penyimpanan barang di gudang, penting juga buat Sobat Shipper memberikan label pada barang-barang yang rentan rusak, pecah, atau terbakar.

2. Hindari penumpukan barang berisiko

Untuk mengefisiensikan penggunaan gudang, perhatikan cara penyusunan barang secara bertumpuk. Langkah ini bisa berisiko kalau tak mengikuti prosedur. Setidaknya ada dua catatan yang wajib Sobat Shipper ingat. Satu, barang yang bakal ditumpuk tak akan menimbulkan reaksi berbahaya saat disimpan berdekatan. Dua, tempatkan barang dengan beban paling ringan di bagian teratas supaya tak rusak dan tumpukan tetap stabil.

3. Memakai palet dengan kualitas terbaik

Palet yang digunakan pada sistem logistik berperan penting dalam proses penyimpanan barang di gudang. Sebagian besar palet yang dipakai biasanya berbahan kayu, tetapi ada juga yang terbikin dari plastik untuk mencegah serangan rayap. Kemudian, supaya palet terbaik yang Sobat Shipper mampu menopang barang, simpan di permukaan datar dan jauh dari rak yang tak terpakai, pasang jaring agar batang tak jatuh, serta pastikan karyawan memakai pengaman.

Baca juga: 4 Fungsi Kemasan Produk yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja?

4. Jangan simpan barang berbahaya tanpa izin

Tips menyimpan barang di gudang selanjutnya adalah dengan memastikan setiap barang berbahaya disertakan dengan izin. Bahan-bahan yang mudah meledak, bersifat korosif, atau gampang terbakar bisa saja Sobat Shipper tempatkan di gudang asalkan sudah mendapatkan izin dari pihak berwenang. Selain itu, untuk menjaga proses penyimpanan barang di gudang tetap aman, tempatkan barang-barang ini di ruangan terpisah.

5. Mengamati proses pengambilan barang

Tak menutup kemungkinan kerusakan pada barang terjadi di tahap lain, pengambilan misalnya. Maka dari itu, Sobat Shipper harus selalu mengawasi setiap langkah untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Sebagai contoh, pakai forklift yang sesuai saat mengangkut dan memindahkan barang. Alat bantu penyimpanan barang seperti pallet truck, lift truck, dan troli juga bisa dimanfaatkan agar prosesnya lebih efisien.

6. Memasang perangkat keamanan yang bagus

Terakhir, dan sudah menjadi ketentuan umum dalam proses penyimpanan barang di gudang, pasang perangkat keamanan yang memadai. CCTV jenis one gate system yang dihubungkan dengan barrier gate security adalah contoh yang sebaiknya Sobat Shipper gunakan. Kemudian, jangan lupa tempatkan petugas keamanan berpengalaman di titik-titik rawan untuk mengoptimalkan penjagaan, baik di dalam maupun luar gudang.

Satu lagi, Sobat Shipper: pilih warehouse atau gudang yang sudah mengaplikasikan standar terkini. Seperti yang dilakukan Shipper, penyedia gudang profesional yang bakal menjamin keamanan serta kenyamanan kliennya dalam mengatur stok barang.

Keunggulan lain yang ditawarkan Shipper meliputi tarif terjangkau dan cabang warehouse di berbagai tempat di Indonesia. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi https://shipper.id/warehouse untuk memeriksa layanan yang sesuai, ya!
Baca juga: 4 Macam Fungsi Packing untuk Promosi Agar Lebih Menarik, Apa Saja?

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.