Wajib Tahu! Cara Perhitungan Harga Sewa Gudang

Uncategorized10 November 2021
cara-perhitungan-harga-sewa-gudang

Gudang usaha didefinisikan sebagai tempat penyimpanan stok barang dagangan. Barang-barang dagangan yang disimpan dengan baik akan menjaga kualitas produk, yang otomatis juga menjamin kepuasan pelanggan. Gudang juga bisa menjadi fulfillment center, yaitu tempat serangkaian proses pemenuhan pesanan produk dari para pelanggan dilaksanakan. Oleh karena itu, gudang menjadi salah satu faktor penting dalam kelancaran kegiatan bisnis. Sebelum Sobat Shipper membayar harga sewa gudang, ada baiknya menyimak informasi berikut ini.

Jenis Layanan Sewa Gudang

Terdapat beragam layanan jenis gudang yang biasa ditawarkan oleh pemilik gudang. Biasanya meliputi sewa gudang per pallet, gudang per container, gudang per meter persegi, per kubikasi. Ada juga yang menyewakan gudang secara harian, bulanan, dan tahunan. Sedangkan sewa gudang berdasarkan fungsi barang yang akan disimpan antara lain:

1. Sewa gudang untuk penyimpanan bahan baku

2. Sewa gudang untuk penyimpanan barang bahan hasil produksi dan barang setengah jadi

3. Sewa gudang untuk transit

4. Sewa gudang untuk sortir barang

5. Sewa gudang untuk reverse logistic

6. Sewa gudang sebagai fulfillment center

Pajak Sewa Gudang

Perhitungan harga sewa gudang dipengaruhi oleh ketentuan pajak. Seluruh jasa penyewaan ruangan dalam jasa penyewaan barang tidak bergerak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Ketentuan pajak sewa bangunan dikenakan dua jenis pajak, yaitu PPh pasal 4 ayat 2 dan PPN.

Berdasarkan ketentuan tersebut, pembayaran biaya sewa bangunan oleh suatu perusahaan, pemilik tanah dan bangunan, wajib menerbitkan faktur pungutan PPN sebesar 10% x seluruh biaya sewa.

Perhitungan Sewa Gudang Berdasarkan Ukuran

Cara perhitungan harga sewa gudang cukup mudah. Gunakan rumus berikut:

Harga per m² x luas gudang yang disewa

Rumus ini berlaku untuk menghitung biaya sewa gudang harian, mingguan dan tahunan. Contoh:

Harga per meter persegi untuk sewa bulanan adalah Rp90.000, sedang ukuran gudang mencapai 210 m². Maka harga sewa yang perlu kamu bayarkan adalah Rp18.900.000 per bulan.

Contoh lain:

Harga per meter persegi untuk sewa harian adalah Rp30.000 dan ukuran gudang yang disewa 450 m², maka harga sewanya adalah Rp13.500.000 per minggu.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa harga sewa gudang belum termasuk biaya penanganan bongkar dan pasang muatan di dalam gudang dan nilai PPn sebesar 10%.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Gudang

Bila Sobat Shipper sudah menemukan gudang yang sesuai, jangan lupa untuk memastikan beberapa hal berikut sebelum membayar harga sewanya agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan dikemudian hari:

1. Kepemilikan gudang: pastikan pihak pemilik bisa menunjukkan bukti kepemilikan yang sah seperti IMB (Izin Mendirikan Bangunan) atau pemilik dapat menunjukkan bukti kepemilikan yang sah.

2. Pastikan bangunan yang disewakan memang diperuntukkan sebagai gudang untuk barang dagang dan tidak ada keberatan dari lingkungan sekitarnya.

3. Surat perjanjian kerja sama/kontrak secara tertulis yang menjadi bukti sewa.

Kalau kamu bingung memilih gudang yang tepat untuk penyimpanan barang dagangan, Shipper menawarkan berbagai jenis gudang baik dari segi lokasi, luas bangunan dan tipe gudang di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Temukan paket harga sewa gudang sesuai kebutuhanmu di shipper.id/warehouse

Baca Juga : Wajib Tahu! 3 Jenis Rak Gudang Untuk Menyimpan Barang

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.