5 Tips Cara Penyimpanan Barang di Guiding untuk Jaga Kualitas Barang bagi Pelanggan

Uncategorized24 June 2021
cara-penyimpanan-barang-di-gudang

Mengingat bahwa kualitas dan kondisi barang adalah salah satu faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan, cara penyimpanan barang di gudang tentu harus dilakukan dengan cermat dan tepat. Oleh karena itu, wajar jika perusahaan pasti memiliki SOP penyusunan barang di gudang untuk memastikan bahwa barang masih dalam kondisi terbaik ketika dikirim ke pelanggan.

Untuk membantu Sobat Shipper menyusun sistem penyimpanan barang gudang yang efektif dan efisien, kamu bisa ikuti 5 langkah berikut ini sebagai langkah awalmu. Setelah kamu sudah mendapatkan fondasi yang solid, kamu pun bisa mengembangkan sistemnya sesuai kebutuhan bisnismu. Apa saja prosesnya?

Pertimbangkan Permintaan Barang

Ketahui apa saja barang yang paling sering cepat terjual dari stok persediaan di gudang. Karena permintaan dan turnover yang tinggi, kamu perlu simpan barang-barang seperti ini di tempat yang mudah dijangkau. Inilah salah satu cara penyimpanan barang di gudang paling penting yang perlu kamu lakukan sejak awal. Apalagi, car aini juga bisa membantu memangkas waktu dan tenaga staf gudang, lho!

Pemetaan dan Kategorisasi

Seperti yang sudah kamu ketahui juga, sebuah gudang adalah tempat dengan ruang yang perlu kamu optimalkan untuk penyimpanan barang. Tapi, tentu saja kamu tidak bisa sembarangan asal simpan barang, kan? Kamu juga perlu memetakan gudang agar kamu bisa mengatur tata letak yang paling optimal sebagai bagian dari sistem cara penyimpanan barang di gudang yang baik.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu melakukan pengkategorian serta pembagian masing-masing kategori ke dalam sub-kategori yang lebih mendetail. Setelah kamu selesai menata isi gudang, berikan label berdasarkan pengkategorian tersebut. Pelabelan perlu dilakukan dengan label fisik serta nomor SKU yang disinkronkan dengan sistem manajemen persediaan barangmu.

Manajemen Persediaan Barang

Selain cara penyusunan barang di gudang secara fisik, kamu juga perlu pertimbangkan aspek pengelolaan datanya, Sobat Shipper. Di sinilah program aplikasi manajemen persediaan akan sangat membantu pekerjaanmu, terutama jika kamu punya banyak kategori dan subkategori produk yang pasti akan sangat merepotkan jika masih kamu data secara manual.

Manfaat dari sistem manajemen persediaan ini sangat beragam. Salah satunya adalah data yang akurat mengenai stok barang, baik secara keseluruhan atau dari masing-masing SKU-nya. Dengan begitu, kamu bisa kelola stok barang dengan lebih bijak.

Tentukan Area Penerimaan

Selain tempat dan cara penyimpanan barang di gudang, hal penting lain yang juga harus kamu perhatikan adalah titik penerimaan barang yang datang dari supplier, Sobat Shipper. Kamu perlu mengetahui rata-rata jumlah pengiriman barang dari supplier untuk menentukan seberapa ruang yang kamu butuhkan untuk titik penerimaan ini.

Sistem Perawatan dan Kebersihan

Apapun ukuran dan jenis gudangnya, perawatan dan pemeliharaan selalu memainkan peran vital. Tentukan sistem yang pas untuk bisnismu. Misalnya untuk menyetok ulang barang di rak yang kosong atau berkurang, kamu perlu melakukannya setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan? Selain itu, pastikan kamu juga menetapkan kapan pengecekan kualitas dilakukan, baik itu kualitas barang persediaan maupun rak tempat persediaan disimpan di dalam gudang.

Menentukan cara penyimpanan barang di gudang yang tepat memang bukan pekerjaan yang bisa selesai hanya dalam sehari, apalagi untuk bisnis yang baru saja kamu rintis. Padahal, kamu tentu ingin optimalkan seluruh sumber daya yang ada untuk memajukan bisnis, kan?


Untungnya, kamu bisa serahkan urusan manajemen gudang kepada Shipper. Soalnya, Shipper punya layanan gudang di https://shipper.id/warehouse yang tak hanya sediakan ruang untuk menyimpan stok barang jualanmu, tapi juga manajemen pergudangan yang andal, lho!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.

Latest Article