6 Tips Packing Frozen Food Secara Tepat yang Perlu Diketahui

Uncategorized09 September 2021
cara-packing-frozen-food

Sobat Shipper, jika kamu ingin terjun ke dalam bisnis frozen food, tentunya tidak perlu khawatir. Karena praktis dan mudah untuk disajikan, kini banyak orang yang menggemari makanan jenis yang satu ini karena mudah untuk dimasak. Tak hanya itu saja, frozen food pun juga awet ketika disimpan. Tapi yang perlu Sobat Shipper perhatikan ketika ingin menjajal bisnis yang satu ini adalah bagaimana cara packing frozen food secara tepat agar tetap aman sampai di tujuan dalam keadaan yang baik.

Ketahui Pentingnya Packing Frozen Food

Makanan dari jenis frozen food, termasuk makanan yang riskan untuk dikirim, apalagi jika dikirim ke luar pulau. Harus melalui serangkaian packing yang tepat, agar makanan yang dikirim. Tidak  hanya aman, dari segi bentuk dan rasa. Juga menjaga kualitas makanan yang dikirim tersebut.

Disinilah pentingnya cara packing frozen food yang tepat. Tentunya agar makanan yang akan dikirim kelak, aman dan awet selama perjalanan, bahkan ketika Sobat Shipper mengirimnya hingga ke luar pulau sekalipun. Hasilnya makanan tetap dalam kondisi baik, dan aman, ketika sampai ke tangan konsumen.

Baca juga: 6 Langkah yang Perlu Diketahui Sebelum Sewa Gudang Pendingin

Cara Packing Frozen Food Secara Tepat

Adapun cara packing frozen food untuk dikirim tentunya tidak boleh sembarangan. ada serangkaian hal yang harus diperhatikan secara detail. Berikut adalah hal-hal yang dimaksud:

1. Proses Memasak

Hal pertama yang perlu diperhatikan, sebelum masuk ke cara packing frozen food secara tepat adalah awal pembuatannya. Ketika Sobat Shipper ingin memproduksi frozen food yang sudah matang atau yang masih mentah sekalipun. Pastikan makanan tersebut harus benar-benar steril dan bersih. Hal tersebut dilakukan agar bakteri tidak mudah berkembang biak.

2. Gunakan Kemasan Tertutup dan Kedap Udara

Hal kedua sebagai cara packing frozen food sebaiknya gunakan kemasan tertutup dan juga kedap udara. Tujuannya tidak lain untuk mencegah bakteri masuk atau ada benda asing masuk ke dalam produk makanan tersebut. Sobat Shipper dapat memilih plastik dari jenis PE atau juga HDPE.

3. Cara Membuat Kemasan Kedap Udara

Seperti yang dijelaskan di atas, penting membuat kemasan yang digunakan jadi kedap udara. Dalam hal ini ada 2 cara yang dapat coba Shipper lakukan, yaitu dengan menggunakan alat vacuum Sealer, yang banyak dijual di pasaran. Atau dengan memanfaatkan air, untuk membuat kemasan kedap udara. Pilih salah satu cara packing frozen food ke luar kota, yang dirasa paling praktis, dan dapat Sobat Shipper lakukan.

4. Lapisi dengan Bubble Wrap

Cara packing frozen food ke luar pulau, dengan menggunakan bubble wrap berfungsi untuk menjaga makanan yang dikirim aman, terjaga kualitasnya  dan awet. Atau dengan kata lain, makanan tidak akan rusak, karena benturan selama dalam proses pengiriman. Pastikan produk yang akan dikirim, sudah dilapisi dengan bubble wrap, sebelum dimasukkan ke dalam kardus atau kotak pengiriman.  

5. Wadah Styrofoam atau Kotak Es

Selain menggunakan bubble wrap, Sobat Shipper juga dapat menggunakan kotak Styrofoam, atau kotak es.fungsinya untuk menjaga suhu dalam makanan dengan baik. Sehingga makanan beku yang dikirim, tidak mudah meleleh ketika proses pengiriman berlangsung.

Tapi cara packing frozen food tanpa sterofoam juga dapat Sobat Shipper lakukan, apabila makanan beku yang hendak dikirim, terbilang aman, seperti aneka sayuran dan yang lainnya. Sementara untuk daging mentah, dan yang lainnya, sebaiknya menggunakan styrofoam.

6. Gunakan Ice Gel Secara Tepat

Ketika Sobat Shipper menggunakan kotak es atau styrofoam, ada baiknya menggunakan ice gel. Tapi gunakan seperlunya saja dan jangan berlebihan. Dengan perbandingan antara 20 untuk ice gel, dan 80 untuk makanan. Penggunaan ice gel ini termasuk cara packing frozen food praktis, guna menjaga suhu beku pada makanan itu sendiri.

Dari ulasan di atas jelas sudah, bahwa cara packing frozen food ternyata penting fungsinya, dan tekniknya juga tidak terlalu sulit. Hanya saja jika Sobat Shipper semua masih kesulitan, tidak ada salahnya jika mengunjungi penyedia jasa yang tepat. Shipper menyediakan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengiriman menggunakan Shipper kamu bisa langsung berkunjung ke www.shipper.id/shipping.


Baca juga: 4 Jiwa Enterpreneurship ini Membantu Kamu Menjadi Supplier Sukses

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.