Ketahui 4 Cara Packing untuk Produk Mudah Pecah

Uncategorized01 September 2021
cara-packing

Dalam berbisnis, produk barang yang Sobat Shipper jual wajib sampai ke tangan pembeli dengan kondisi yang sempurna. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara packing produk mudah pecah yang akan kami jabarkan pada artikel ini. Jangan sampai karena cara packing yang kurang tepat membuat customer melontarkan komplain, hal itu tentu akan merugikan bisnismu.

Komplain yang dilakukan customer bukan hanya saat barang yang dipesan belum sampai, namun bisa juga karena barang yang telah sampai namun kualitasnya memburuk akibat kerusakan kecil pada barang. Namun, hal itu bisa dicegah dengan mengetahui cara packing produk mudah pecah.

Selain dalam segi packing, kamu juga perlu melakukan quality control terhadap barang-barang yang akan dijual. Oleh karena itu, pilihlah jasa ekspedisi yang terpercaya agar hal-hal seperti keterlambatan pengiriman dapat dihindari. Semua upaya ini dilakukan untuk menghindari komplain customer dan memperlancar bisnismu.

Yuk simak poin-poin berikut agar kamu dapat mengerti cara packing produk yang kamu jual dengan baik:

1. Gunakan Packing Kayu

Terdapat jenis-jenis produk yang mudah pecah seperti LCD, laptop, hingga produk-produk keramik. Untuk produk semacam ini, packing kayu dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebab, penggunaan kardus dan bubble wrap belum tentu bisa menjamin keamanan dari barang. Sedangkan penggunaan peti kayu sangat dianjurkan karena memiliki sifat tahan tekanan.

Jika Sobat Shipper tidak dapat mengakomodir jenis packing kayu, setidaknya gunakan kardus. Namun, kamu harus memastikan bahwa dalam proses packing kardus direkat dengan kuat dan rapih. Cara menyegel kardus yang benar akan sangat membantu dalam melindungi barang di dalamnya.

2. Packing Secara Berlapis

Perlindungan berlapis akan berdampak baik bagi keamanan barang yang dikirim. Kamu dapat mengkombinasikan bubble wrap dengan karton maupun kardus. Pertama, bungkus terlebih dahulu barang yang ingin dipacking menggunakan bubble wrap. Setelah itu, bungkus kembali menggunakan bahan karton atau kardus.

Sebagai catatan, penggunaan bubble wrap harus dilakukan secara terpisah jika kamu mempacking barang dengan kuantitas produk yang lebih dari satu. Kemudian untuk penggunaan kardus, pastikan kardus masih kokoh. Kardus yang sudah jelek kualitasnya akan mudah sobek maupun penyok, hal itu akan beresiko terhadap keamanan barang di dalamnya.

3. Beri Stiker Peringatan Untuk Barang yang Rentan

Tips packing produk mudah pecah selanjutnya ialah dengan menempelkan stiker peringatan pada permukaan luar packing. Keberadaan stiker ini akan membantu kru jasa ekspedisi mengetahui jenis barang di dalamnya, sehingga mereka akan lebih berhati-hati dalam mengirim serta meletakan barang kiriman tersebut.

4. Tentukan Jasa Pengiriman yang Tepat

Jasa pengiriman profesional pastinya akan memastikan keamanan kualitas barang sebelum dikirim sama seperti setelah barang sampai. Jangan sampai karena menggunakan jasa pengiriman abal-abal membuat barang yang diterima customer menurun kualitasnya, terlebih barang yang dikirimkan memiliki alamat tujuan yang jauh.

Selain untuk keamanan barang, jasa pengiriman yang profesional juga menyediakan berbagai fitur yang mana kini sudah banyak yang tersedia secara online. Untuk metode pembayaran juga beraneka ragam, kamu dapat memilihnya sesuai selera dan kebutuhanmu.

Nah itulah cara packing untuk produk yang mudah pecah. Entah itu menggunakan pelindung kemasan dengan jenis bubble wrap, kardus, peti kayu, amplop, maupun plastik kresek, seorang shipper wajib memastikan barang yang dikirimkan sampai ke tujuan dengan kualitas yang utuh serta tepat waktu. Tips packing produk mudah pecah di atas mungkin bisa membantu Sobat Shipper.

Tingkatkan kualitas serta pelayanan dalam proses pengiriman barang di toko sobat shipper, agar pembeli merasa nyaman dan puas. Dan yang perlu diketahui juga, saat ini sudah ada jasa pengiriman yang profesional untuk mengantar orderan pelanggan selamat sampai tujuan. Kamu bisa bekerja sama dengan Shipper untuk mendapatkan layanan antar gratis dan masih banyak keunggulan lainnya.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.