Mari Rawat Barang di Gudang Sesuai Jenis Materialnya, Sobat Shipper!

Uncategorized30 June 2021
cara-merawat-barang-gudang-dengan-baik-dan-benar

Dalam manajemen gudang, perawatan terhadap barang gudang membantu Sobat Shipper menjaga ketersediaan dan kualitasnya. Tentu saja cara yang diterapkan tak akan sama mengingat setiap jenis barang memiliki kriteria tertentu. Ada yang harus Sobat Shipper cek secara berkala, ada pula yang bisa sesekali karena ketahanannya tinggi.

Perawatan Barang Berdasarkan Jenis

Pernahkah Sobat Shipper mengamati material utama yang dipakai untuk memproduksi barang? Mengenali kriteria material adalah langkah awal dalam cara merawat barang gudang yang bakal memudahkanmu mengelolanya. Berikut adalah metode pemeliharaan barang di gudang sesuai jenis material pembuatan yang paling umum dipakai.

Cara Merawat Barang Gudang yang Perlu Diketahui, Apa saja?

1. Logam

Barang gudang seperti lemari besi, meja besi, dan brankas memanfaatkan logam sebagai material utamanya. Nah, supaya permukaannya tak mudah berkarat, Sobat Shipper olesi dengan pelumas seperti minyak atau oli khusus. Kemudian, bungkus menggunakan kertas khusus barang berbahan logam.

2. Kertas

Selain mudah terbakar, barang-barang yang terbikin dari kertas rawan diserang rayap dan ngengat. Dalam cara merawat barang gudang, Sobat Shipper bisa manfaatkan produk seperti kapur barus atau anti-ngengat untuk menjauhkan barang dari hama. Tempatkan juga barang ini di tempat kering.

Baca juga: Trik Memilih Sewa Gudang Terbaik Sesuai Kebutuhan Bisnis Kamu

3. Barang Mudah Terbakar

Kertas bukan satu-satunya barang yang mudah tersulut api. Beberapa barang seperti parfum yang mengandung alkohol berpotensi memicu kebakaran kalau tak hati-hati dijaga. Dalam pemeliharaannya, tentunya barang ini harus disimpan dalam ruangan berventilasi baik dan punya alat pengukur suhu.

4. Kayu

Mebel atau furniture berbahan kayu, seperti halnya kertas, rawan rusak akibat rayap. Selain memberikan semprotan anti-rayap, Sobat Shipper harus hati-hati saat memindahkannya. Hindari teknik menggeser karena bakal merusak lantai gudang maupun permukaan jenis barang gudang ini.

Perhatikan Cara Menata Barang di Gudang

Selain mengecek material barang, jangan lupakan penataan barang di gudang. Jumlah barang yang bakal Sobat Shipper tempatkan terbilang banyak, sehingga dalam menumpuknya pun tak bisa asal simpan. Ada prosedur tertentu yang biasanya diberlakukan, baik dari supplier yang memasok maupun penyedia warehouse yang Sobat Shipper pilih untuk menyimpan barang gudang.

Salah satu sistem yang paling umum digunakan dalam penyimpanan barang adalah racking. Barang-barang akan disusun dalam rak khusus yang bentuknya menyerupai rangka berukuran besar. Kemudian, Sobat Shipper berikan label barang gudang untuk memudahkan input data hingga pencariannya sebelum dikirimkan ke konsumen.

Terakhir, perhatikan bagaimana staf gudang menangani barang-barang tersebut. Tak sedikit kasus kerusakan atau risiko lain terjadi akibat kemampuan SDM yang belum memenuhi kriteria. Akan lebih baik kalau Sobat Shipper memilih warehouse atau gudang yang sudah menyertakan staf berpengalaman. Jadi, Sobat Shipper hanya tinggal memberikan koordinasi seputar barang yang disimpan dan memantau performa mereka selama menangani semua barang dengan baik.

Gunakan Jasa Penyedia Warehouse Berpengalaman

Sudah mendapatkan gambaran perawatan barang-barang di gudang? Kalau Sobat Shipper belum mampu membangun gudang yang memadai untuk stok barang, sebaiknya pilih saja jasa penyedia warehouse yang sudah ketahuan reputasinya. Dalam hal ini, Shipper bakal menjadi rekan usaha yang menjanjikan karena track record mereka dalam menjaga barang yang sudah teruji.

Setiap warehouse yang Shipper bangun sudah mengikuti standar yang diberlakukan untuk menjaga kualitas barang. Belum lagi tarif sewanya yang bersahabat dengan bujet Sobat Shipper. Kalau Shipper memang rekan yang dibutuhkan buat memajukan usaha, silakan buka https://shipper.id/warehouse buat memeriksa layanan lengkap dari mereka.


Baca juga: Apa Itu Warehouse dan Apa Saja Area Kerjanya? Cek Jawabannya di Sini, Yuk!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.