Lakukan 6 Langkah Berikut Ini untuk Tingkatkan Performa Warehouse Staff

Uncategorized07 July 2021
cara-menyimpan-barang-di-gudang

Warehouse staff termasuk pihak penting yang bakal menentukan keberhasilan cara menyimpan barang di gudang. Hal ini berkaitan juga dengan tanggung jawab yang dipikul para karyawan pergudangan. Dari penyimpanan dan kelayakan barang, menjaga alur masuk dan keluar barang, hingga koordinasi dengan admin sampai supervisor.

Supaya warehouse staff semakin optimal dalam melakukan tugas-tugasnya, terutama stok barang di gudang, Sobat Shipper dapat terapkan langkah-langkah berikut ini:

1. Pantau performa secara rutin

Memantau performa karyawan akan membantu Sobat Shipper untuk evaluasi. Pastikan untuk selalu mengarahkan mereka bekerja sesuai SOP yang berlaku dan mampu mengaplikasikan cara menyimpan barang di gudang. Dari hasil evaluasi, Sobat Shipper bisa mengetahui mana karyawan yang berhak dipertahankan, perlu diberikan bimbingan tambahan, dan harus dikeluarkan karena kinerjanya yang dianggap melambatkan operasional.

2. Sediakan fasilitas lengkap dan memadai

Loyalitas yang diperlihatkan warehouse staff datang juga dari cara Sobat Shipper memfasilitasi kebutuhan mereka. Kalau pengin penyimpanan barang gudang yang rapi, misalnya, sediakan rak yang memadai untuk sistem racking. Begitu pula dengan fasilitas-fasilitas di luar pekerjaan mereka seperti asuransi kesehatan untuk menjaga stamina tubuh. Semakin terjamin keamanan dan kenyamanan di gudang, semakin baik performa yang mereka tunjukkan.

Baca juga: Apa Itu Warehouse dan Apa Saja Area Kerjanya? Cek Jawabannya di Sini, Yuk!

3. Pastikan keamanan lokasi pergudangan

Penumpukan inventaris serta pemakaian alat berat jadi bagian dalam cara penyimpanan barang di gudang akan berjalan lancar apabila lokasi pergudangannya aman. Sobat Shipper bisa memberikan sosialisasi atau penyuluhan seputar Kesehatan dan Keselamatan (K3) kepada warehouse staff. Kemudian, pasang CCTV dan tempatkan staf security di beberapa titik rawan supaya karyawan lebih fokus dengan tugas utamanya.

4. Bekali pelatihan untuk asah keterampilan

Tip menyimpan barang di gudang tak akan membuahkan hasil yang diharapkan kalau karyawan yang Sobat Shipper tugaskan memiliki keterampilan yang minim. Untuk itu, penting membekali mereka dengan pelatihan supaya keterampilan, baik soft skill maupun hard skill, mereka semakin terasah. Beberapa kemampuan yang sebaiknya mereka kuasai adalah menyortir barang, mencatat barang, hingga memasukkan dan mengeluarkan barang gudang.

5. Terapkan jam kerja yang jelas

Keteraturan dalam cara penyimpanan barang di gudang dipengaruhi juga dari jam kerja yang Sobat Shipper berlakukan. Tanpa jadwal yang jelas, bukan hanya warehouse staff yang terbantu dalam pengelolaan barang, konsumen yang memesan pun bakal menerima paket mereka sesuai estimasi. Susun jadwal sesuai kegiatan operasional dan penerimaan pesanan yang bisa mencegah kehabisan stok barang atau penumpukan barang.

6. Minta saran dan pendapat dari karyawan

Terakhir, tanyakan saran dan pendapat karyawan terkait cara aman menyimpan barang gudang. Masukan dari mereka akan membantu Sobat Shipper mengetahui hal-hal yang perlu ditingkatkan, diganti atau ditambahkan, hingga dihilangkan. Apalagi kalau Sobat Shipper tak setiap hari mengecek ke gudang. Di sisi lain, karyawan juga bakal merasa dihargai dan mampu berkontribusi dalam memaksimalkan cara menyimpan barang di gudang.

Menempatkan karyawan di gudang berfasilitas lengkap dan sesuai standar pun dianggap sebagai langkah tepat untuk mengobarkan semangat kerja. Dalam hal ini, Shipper adalah penyedia warehouse yang bakal membantu Sobat Shipper mengaplikasikan hal-hal di atas untuk meningkatkan performa warehouse staff. Shipper bahkan tak hanya menunjang proses masuknya pesanan, tetapi juga sampai ke pengiriman barangnya, lho!

Untuk memastikan layanan-layanan Shipper sesuai dengan kriteria karyawan, Sobat Shipper bisa mengeceknya langsung di https://shipper.id/warehouse, ya!


Baca juga: 5 Kriteria yang Memenuhi KPI Bisnis, Apa Saja?

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.