6 Langkah Supaya Kamu Menjadi Seller Favorit di Marketplace

Uncategorized14 June 2021
cara-menjadi-seller-favorit

Jadi seller di marketplace belakangan jadi profesi yang digemari pemula yang pengin memulai bisnis secara online. Hanya dengan beberapa langkah, Sobat Shipper bakal mendapatkan akun buat membuka toko. Setelah itu, Sobat Shipper tinggal mengunggah informasi penjual dan konten produk.

Terdengar mudah, bukan? Kenyataannya, peran seller bukan sekadar menjual produk. Sobat Shipper yang pengin dapat profit juga harus tahu strategi agar usahanya terus berkembang. Caranya? Simak tip di bawah ini!

1. Pelajari aturan dan fitur marketplace

Setiap marketplace mempunyai  fitur dan aturan yang sebaiknya Sobat Shipper pelajari baik-baik. Sebagai seller, pahami bagaimana alur pelayanan pesanan yang telah ditetapkan marketplace. Dari proses penerimaan pesanan hingga pengiriman produk. Sementara soal aturan, cek hal-hal apa saja yang wajib Sobat Shipper patuhi dan jauhi untuk menjaga keamanan akun. Simak juga pelanggaran seperti apa yang bakal mengancam status seller marketplace.

2. Kuasai pengetahuan seputar produk yang dijual

Menjual produk yang sedang disukai konsumen memang bakal menjamin Sobat Shipper buat memperoleh profit besar. Namun, tanpa penguasaan pengetahuan produk yang baik, yang ada Sobat Shipper kebingungan buat mengelola stok barang hingga memasarkannya pada konsumen. Salah satu ciri seller yang baik adalah memahami fungsi, manfaat, hingga keunggulan dari produk. Jadi, konversi penjualan bisa didongkrak secara optimal.

Baca juga: Kirim Paket Marketplace, Ongkirnya The Best

3. Jangan lupakan reputasi sebagai seller

Sudah mantap bakal mengurus usaha dalam jangka panjang? Berarti, Sobat Shipper harus memperhatikan reputasi sebagai seller marketplace. Untuk membangun reputasi yang baik di mata pelanggan, Sobat Shipper perlu mengecek kriteria seperti apa saja yang dapat memenuhi ekspektasi mereka maupun pengelola marketplace. Kondisi produk, kecepatan pengiriman, layanan konsumen, dan pemberian solusi adalah beberapa faktor yang bakal menentukan reputasi di sana.

4. Terus mempelajari strategi pemasaran

Berbeda dari toko offline, sistem di marketplace relatif cepat berubah mengikuti tren konsumen. Pengelola marketplace pun biasanya melakukan pembaruan secara berkala terhadap algoritmenya. Lalu, apa yang harus Sobat Shipper lakukan sebagai seller? Imbangi dengan mempelajari strategi pemasaran, terutama yang berhubungan dengan SEO, iklan online, hingga analitik data. Jadi, Sobat Shipper tak bakal ketinggalan buat menjaga kelancaran bisnis.

5. Jaga hubungan baik dengan konsumen dan supplier

Selain punya produk menjual, Sobat Shipper yang berprofesi sebagai seller terbaik juga harus menjaga hubungan baik dengan konsumen maupun supplier. Keduanya memegang peran penting dalam memasok barang hingga menjaga reputasi yang sudah dibangun. Ketika menghadapi masalah, pastikan solusi yang ditawarkan bersifat win-win. Pelajari juga setiap feedback yang masuk untuk memudahkan evaluasi dan meningkatkan prospek usaha.

6. Bergabung dengan komunitas seller

Ingin berbagi pengalaman atau mendengar kisah inspiratif dari sesama seller? Bergabung dalam komunitas bakal membantu Sobat Shipper untuk mengasah kemampuan dalam bidang tersebut. Wadah yang digunakan komunitas modern terbilang beragam. Dari forum khusus yang disediakan marketplace, media sosial seperti Facebook dan Instagram, hingga aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram. Tinggal pilih saja mana yang cocok buat Sobat Shipper.

Satu lagi tip yang bakal membantu Sobat Shipper jadi seller terpercaya: pilih warehouse untuk stok barang dari penyedia profesional seperti Shipper. Di sini, persediaan barang yang bakal dijaga dengan sistem keamanan terbaik dan dikirimkan sesuai prosedur. Sobat Shipper tinggal cek saja https://shipper.id./warehouse buat mengecek lokasi warehouse yang dekat dengan tempat usahamu.

Baca juga: Keuntungan Belanja Toko Online yang Bisa COD

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.