3 Cara Mengirim Dokumen ke Luar Negeri dengan Cepat dan Aman

Uncategorized02 November 2021
cara-mengirim-dokumen-ke-luar-negeri

Pada dasarnya, cara mengirim dokumen ke luar negeri tidaklah serumit mengirimkan barang. Khususnya dalam hal pengemasan paket. Hal ini dikarenakan dokumen umumnya berukuran lebih kompak dan ringan.

Meskipun demikian, mengirim dokumen tidak boleh dilakukan sembarangan. Terlebih lagi jika dokumen tersebut berupa surat-surat penting seperti misalnya ijazah atau akta kelahiran.

Untuk pembahasan lebih dalam mengenai cara mengirim dokumen ke luar negeri, Sobat Shipper dapat menyimak kiat-kiat yang akan kami bagikan berikut ini. Kirim dokumen ke luar negeri memerlukan persiapan yang telaten agar dokumen bisa sampai dalam kondisi yang baik. Persiapkan dokumen yang akan dikirimkan, amplop, plastik dan selotip.

1. Persiapkan Dokumen

Pertama-tama, persiapkan terlebih dahulu dokumen yang akan dikirimkan. Pastikan Sahabat Shipper melakukan hal berikut ini:

– Periksa kelengkapan dokumen yang akan dikirim

– Rapikan dokumen dan susun dengan rapi agar mudah dilakukan pengecekan

– Jika dokumen berupa surat penting yang tidak akan mengalami modifikasi seperti ijazah dan akta kelahiran, ada baiknya jika dokumen dilaminating

– Sebaiknya buat cadangan dokumen dengan difotokopi atau dipindai. Ini sebagai tindakan kehati-hatian seandainya dokumen hilang di tengah pengiriman

– Pasang penjepit kertas agar dokumen tidak berceceran

– Masukkan dokumen ke dalam plastik

– Masukkan dokumen yang telah dilapisi plastik ke dalam amplop

– Pastikan amplop tertutup rapat

– Tulis alamat pengiriman dengan benar dan jelas. Pastikan tulisan pada amplop dapat terbaca dengan jelas.

2. Pilih Agen Ekspedisi Yang Tepat

Ada banyak sekali jasa ekspedisi yang menawarkan layanan kirim dokumen ke luar negeri. Kamu dapat membandingkan bagaimana cara mengirim dokumen ke luar negeri oleh masing-masing ekspedisi.

– Cari agen apa saja yang tersedia di wilayah Anda

– Bandingkan jenis layanan yang tersedia dari setiap agen

– Bandingkan kecepatan pengiriman

– Bandingkan tarif pengiriman

– Cari informasi mengenai penanganan terhadap dokumen. Kamu mungkin bisa mencari testimoni dari pelanggan yang pernah menggunakan jasa ekspedisi terkait.

– Jaminan yang disediakan

– Kemudahan dalam melacak pengiriman hingga sampai di tujuan

Dengan membandingkan layanan antara beberapa ekspedisi tersebut, Sahabat Shipper dapat memutuskan jasa ekspedisi mana yang hendak digunakan.

3. Datangi Agen Pengiriman

Cara mengirim dokumen ke luar negeri selanjutnya adalah dengan membawa paket dokumen dan mendatangi agen ekspedisi yang Sobat Shipper pilih.

– Katakan bahwa kamu hendak mengirimkan dokumen. Kamu juga harus bersikap jujur menyebutkan apa isi paket dengan benar dan jelas.

– Piih jenis layanan yang Sobat Shipper inginkan

– Apabila ada barang tambahan selain dokumen di dalam paket, maka agen pengiriman mungkin akan memperhitungkan paketmu sebagai kiriman barang.

– Asuransikan kiriman untuk menjamin keamanannya.

– Tunggu petugas selesai memproses dokumen Sobat Shipper

– Terima resi pengiriman dan simpan dengan baik

Apabila agen pengiriman menemukan sesuatu yang dilarang, pengirimanmu mungkin dibatalkan. Agen berhak sepenuhnya menolak isi kiriman jika terdapat barang terlarang, walaupun Sobat Shipper menganggapnya tidak berbahaya. Contohnya adalah mengirimkan uang bersama dokumen.

Itulah cara mengirim dokumen ke luar negeri. Pastikan kamu dapat melacak perjalanan dokumen hingga sampai di tujuan. Kabarkan juga kepada penerima bahwa paket telah dikirim, dan berikan nomor resinya. Dengan demikian, jika paket ada masalah di negara tujuan, maka penerima dapat mengurusnya dengan lebih mudah. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa memastikan produkmu sampai ke tujuan. Kamu bisa pilih menggunakan jasa Shipper untuk membandingkan jasa kirim mana yang kira-kira cocok dengan bisnis kamu. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

Baca Juga : 4 Jasa Ekspedisi Antar Barang ke Luar Negeri dengan Harga Termurah

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.