Cek Cara Hitung Volume Barang Gudang Sebelum Dikirim dengan Rumus Ini!

Uncategorized16 July 2021
cara-menghitung-volume-dalam-gudang

Mempelajari cara menghitung volume penyimpanan dalam gudang adalah skill yang memudahkanmu melakukan berbagai pekerjaan. Dari menata stok barang, mengatur tempat penyimpanan barang, serta melancarkan pengirimannya.

Hitungan volume atau kubikasi memang berbeda dari kilogram. Satuan kilogram biasanya digunakan untuk pengiriman barang berukuran kecil seperti pakaian, buku, atau makanan. Lantas perhitungan volume barang akan diaplikasikan pada item berukuran besar. Pengantarannya pun dilakukan lewat tiga jalur, antara lain darat, laut, dan udara.

Cara hitung volume barang via darat dan laut

Sampai sekarang, masyarakat Indonesia masih memilih jalur darat dan laut untuk mengirimkan barang berkuantitas besar. Cara menghitung volume penyimpanan dalam gudang untuk jalur ini pun terbilang mudah, sehingga bisa konsumen gunakan juga. Sementara pihak pengelola gudang dan pebisnis bisa menjadikannya patokan sebelum meneruskan barang ke bagian pengiriman.

Seperti apa rumus menghitung barang gudang via darat dan laut? Simak detailnya berikut:

P (panjang) x L (lebar) x T (tinggi) : 4.000 

Contoh: 50 x 30 x 40 : 4.000 = 15 kilogram. Kalau hasilnya menghasilkan desimal, langsung dibulatkan untuk memudahkan proses perhitungan ongkos kirim.

Baca juga: Cara Hitung Berat Tarif Kirim Barang ke Luar Negeri Terbaru

Cara hitung volume barang via udara

Cara menghitung volume penyimpanan dalam gudang untuk barang yang diantarkan via udara lebih besar untuk menghasilkan kilogram lebih kecil. Hal ini juga bakal disesuaikan dengan kapasitas pesawat dan rute yang nantinya diambil.

Adapun rumus yang bisa Sobat Shipper pakai adalah:

P (panjang) x L (lebar) x T (tinggi) : 6.000

Contoh: 60 x 40 x 50 : 6.000 = 20 kilogram. Seperti pengiriman via darat dan laut, hasil desimal akan dibulatkan buat memudahkan cara hitung ongkos kirim barang gudang.

Kemasan yang digunakan untuk packing 

Nah, supaya barang-barang yang hendak dikirim tersimpan aman di gudang, kamu bisa memakai pembungkus berikut untuk keperluan packing.

1. Bubble wrap

Berbahan plastik dengan permukaan bergelembung, bubble wrap bisa kamu manfaatkan untuk mengemas barang-barang yang mudah rapuh atau rusak. Jenis pembungkus ini juga tahan akan benturan, sehingga bisa kamu pakai setelah selesai menemukan hasil dari cara menghitung volume penyimpanan dalam gudang.

2. Kardus

Kardus umum dijumpai pada pengiriman ekspedisi biasa maupun kargo. Selain itu, ketebalan kardus yang beragam membuatnya mudah disesuaikan dengan jenis barang yang akan disimpan atau dikirim. Kamu bisa menyediakannya saat menghitung volume barang di gudang agar lebih cepat mengemasnya untuk kemudian ditaruh atau diantar.

3. Kayu

Barang-barang yang memiliki kerentanan cukup tinggi dan tidak boleh kena paparan air atau panas dalam waktu lama biasanya akan dikemas dengan kayu. Pemakaiannya pasti akan mempengaruhi hasil dari cara menghitung volume penyimpanan dalam gudang. Jadi pastikan kamu menghitung berat kayu yang dipakai untuk diinformasikan kepada konsumen.

Supaya proses menghitung barang hingga pengirimannya berjalan sesuai jadwal, pilih gudang yang menyediakan tempat yang menunjang kegiatan bisnis atau usaha kamu. Shipper adalah penyedia gudang atau warehouse yang dapat kamu andalkan dalam hal ini. Pasalnya selain mampu mengirimkan barang di Indonesia hingga luar negeri, gudang yang disediakan akan membantumu memastikan kualitas dan kuantitas barang secara maksimal.

Penasaran dengan layanan dan fasilitas yang dihadirkan Shipper? Untuk ketersediaan gudang, kamu bisa buka https://shipper.id/warehouse. Sementara untuk pengangkutan dan pengiriman barang, kamu dapat akses https://shipper.id. Semoga informasi ini bisa membantumu!
Baca juga: 4 Macam Fungsi Packing untuk Promosi Agar Lebih Menarik, Apa Saja?

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.