5 Cara Menghemat Biaya Sewa Gudang agar Anggaran Tidak Kebobolan

Uncategorized14 July 2021
cara-menghemat-sewa-gudang

Seperti yang sudah Sobat Shipper ketahui, sewa gudang Kapuk memang merupakan opsi yang lebih hemat biaya dibandingkan membeli atau membangun gudang baru. Meski begitu, kamu juga tetap perlu mencermati beberapa hal penting berikut ini. Tujuannya adalah agar biaya yang kamu keluarkan selama operasional gudang tidak jebol dan melebihi anggaran.

Bayar Sesuai Ruang/Kapasitas yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa harga sewa gudang yang kamu bayarkan sesuai dengan yang kamu gunakan. Artinya, kamu juga harus tahu kebutuhan ruang atau kapasitas penyimpanan dalam gudang yang kamu butuhkan. Dengan begitu, kamu tidak berujung dengan membayar biaya sewa gudang Kapuk yang terlalu mahal karena ruang yang terlalu besar, atau biaya sewa yang murah tapi ternyata ruangnya tidak bisa mencukupi kebutuhanmu.

Kepastian Siapa yang Membayar Biaya Pemeliharaan

Biaya pemeliharaan atau maintenance adalah komponen biaya yang penting untuk perawatan selama kamu sewa gudang Kapuk. Sebagai penyewa alias tenant, kamu memang wajib menjaga agar gudang selalu dalam kondisi yang baik. Tapi, tahukah kamu kalau hal ini tidak lantas berarti bahwa kamulah yang harus membayar semua biaya pemeliharaan?

Untuk membantumu menghemat biaya sewa gudang per bulan, tentukan apa saja bagian dari biaya pemeliharaan yang kamu tanggung dan yang pemilik gudang tanggung. Contohnya biaya perbaikan, penggantian alat, pemasangan plang, dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Langkah yang Perlu Diketahui Sebelum Sewa Gudang Pendingin

Optimalkan Penggunaan Ruang Penyimpanan

Sewa atau tidak, gudang yang kamu gunakan harus sama-sama efisien dan aman. Oleh karena itu, justru kamu tidak dianjurkan untuk langsung membuat layout rak dan tempat penyimpanan. Tapi, kamu perlu merencanakan alur barang yang optimal di dalam gudang.

Untuk menunjang kebutuhan tersebut, kamu perlu rencanakan aspek-aspek berikut ini:

  • Dinding dan partisi.
  • Lampu (pencahayaan).
  • Lantai atau rak mezzanine.
  • Alas lantai.
  • Garis penanda.
  • Rak dan penyimpanan.
  • Penyimpanan pallet.
  • Perlengkapan gudang.

Temukan Alternatif Lainnya Sebelum Memutuskan

Kamu mungkin tidak ingin repot dan buang terlalu banyak waktu. Akibatnya, kamu langsung memutuskan untuk sewa gudang pertama yang kamu temukan. Tapi, kamu harus menyadari juga kalau opsi pertama yang kamu dapatkan tidak selalu ideal dan sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, gunakan waktumu dengan bijak dan tak perlu ragu menghabiskan tenaga ekstra untuk mencari alternatif sewa gudang terdekat lainnya. 

Bandingkan satu sama lain agar kamu bisa temukan opsi sewa gudang Kapuk yang paling pas. Ditambah lagi, info yang kamu dapatkan dari sini juga bisa membantumu bernegosiasi dengan pemilik gudang yang paling pas buatmu, lho!

Cek Kontrak Sewa Gudang dengan Cermat

Dan ketika sudah tiba saatnya kamu untuk menandatangani kontrak sewa gudang, pastikan bahwa kamu mencermati seluruh isinya dengan seksama. Pahami isinya dengan baik dan pastikan tidak ada informasi yang terlewat sebelum kamu menandatangani kontrak sewanya. Tak perlu khawatir dicap sebagai klien rewel, karena proses review kontrak ini adalah hal yang wajar, kok.

Akan tetapi, Sobat Shipper juga masih punya solusi lainnya untuk menghemat biaya sewa gudang Kapuk, lho! Soalnya, kamu bisa sewa gudang terdekat cukup dengan menggunakan layanan gudang dari Shipper. 


Kamu cukup bayar sewa gudang sesuai kapasitas yang kamu butuhkan saja tanpa harus memikirkan masalah manajemen gudang sampai fulfillment. Soalnya, semua sudah ditangani oleh staf Shipper secara profesional, lho! Kamu hanya perlu fokus mengembangkan bisnis dan menambah omset penjualan, deh! Info lengkap jasa gudang Shipper bisa kamu temukan di https://shipper.id/warehouse, ya!

Baca Juga: 4 Tips Memaksimalkan Gudang Kecil Tanpa Harus Renovasi Mahal-Mahal

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.

Latest Article