Cara Mengetahui Kapasitas Gudang Kosong untuk Disewakan, Apa Saja?

Uncategorized16 July 2021
cara-mengetahui-gudang-kosong-untuk-disewakan

Salah satu pertimbangan penting yang perlu Sobat Shipper pikirkan ketika mencari gudang kosong disewakan adalah kapasitas penyimpanannya. Karena tentu saja, kamu pasti perlu menyewa gudang kosong yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan, kan?

Kalau begitu, bagaimana ya caranya mengukur kapasitas penyimpanan di dalam gudang kosong disewakan yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini dan selamat mencoba!

Cara Mengukur Kapasitas Gudang Sesuai Kebutuhanmu

Untuk mencari tahu kapasitas penyimpanan di dalam gudang kosong disewakan yang menarik minatmu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, hitung terlebih dahulu luas gudang kosong tersebut. Sebagai ilustrasi untuk membantumu memahami penjelasan ini dengan lebih mudah, anggap luasnya adalah 20.000 m2.
  2. Hitung luas ruang yang kamu butuhkan untuk kebutuhan di luar penyimpanan. Misalnya untuk kamar mandi atau toilet, kantor gudang, area loading dan unloading, serta area-area lain yang tidak bisa kamu gunakan untuk penyimpanan barang. Misalnya luas ruang non-penyimpanan adalah 3.000 m2.
  3. Kurangi luas gudang dengan luas ruang non-penyimpanan untuk mengetahui ruang yang bisa kamu pakai untuk penyimpanan di dalam gudang kosong disewakan tersebut. Dari ilustrasi di atas, diketahui bahwa luas ruang yang dapat digunakan adalah 17.000 m2.
  4. Tentukan tinggi bangunan gudang. Ukuran tinggi ini adalah jarak dari lantai sampai ke langit-langit atau objek yang terpasang di langit-langit. Misalnya rangka baja atau lampu. Misalnya tingginya adalah 20 m.
  5. Kalikan ukuran luas ruang yang bisa kamu gunakan untuk penyimpanan dari nomor 3 tadi (17.000 m2) dengan tinggi gedung. Dengan begitu, kamu bisa menemukan kapasitas penyimpanan gudang kosong disewakan terdekat tersebut dalam satuan meter kubik (m3). Lewat ilustrasi di atas, artinya kapasitas penyimpanannya adalah 340.000 m3 (hasil perkalian 17.000 m2 dengan 20 m).

Baca Juga: Ke Mana Biaya Sewa Gudang Dimasukkan dalam Pembukuan? Cek Dulu Informasi Ini!

Tips Memaksimalkan Kapasitas Gudang

Setelah Sobat Shipper bisa hitung kapasitas gudang kosong disewakan, hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengoptimalkan ruang yang ada. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan kapasitas gudang penyimpanan barangmu.

  1. Gunakan peralatan dan sistem penyimpanan yang tepat, baik dari segi ukuran maupun bentuk.
  2. Tata ulang rak dan perlengkapan penyimpanan untuk menciptakan layout yang paling optimal.
  3. Tambah kapasitas penyimpanan secara vertikal, terutama untuk gudang yang luas lantainya terbilang kecil.
  4. Hindari mengisi gudang sampai penuh atau overload agar kamu masih punya ruang saat bisnis berkembang dan penjualan meningkat.
  5. Selalu hitung kapasitas penyimpanan gudang langsung secara optimal dan jangan memakai perkiraan atau estimasi agar kamu bisa benar-benar menciptakan gudang yang paling efisien untuk operasional bisnismu.

Seperti yang mungkin sudah kamu pahami, sekadar mengetahui kapasitas penyimpanan gudang saja ternyata tidak cukup. Soalnya, kamu juga perlu memaksimalkan ruang yang ada agar gudang dapat menyimpan seluruh persediaan secara optimal.

Tapi, untungnya kamu tak perlu lagi repot-repot mengurus dan menata gudang, lho! Soalnya, ada jasa warehouse Shipper yang bisa bantu permudah kebutuhan manajemen gudangmu, termasuk mengatur kapasitas penyimpanannya serta memilih metode penyimpanan yang tepat.


Dengan jasa warehouse Shipper, kamu hanya perlu sewa kapasitas yang sesuai dengan kebutuhanmu saja. Untuk manajemennya, semua akan ditangani oleh staf Shipper yang profesional. Jadi, kamu bisa hemat banyak waktu, tenaga, dan biaya, kan? Yuk cari gudang kosong disewakan dengan cara mudah bersama Shipper! Klik https://shipper.id/warehouse untuk info lengkapnya sekarang juga!

Baca Juga: 5 Fungsi Sewa Gudang dalam Sistem Logistik dan Supply Chain yang Perlu Dipahami

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.