5 Cara Mengemas Buah Durian Agar Aroma Tajamnya Bisa Teratasi

Uncategorized02 September 2021
cara-mengemas-durian

Sobat Shipper,siapa sih yang nggak kenal sama aroma durian? Bagi sebagian penikmatnya, aroma durian mungkin seperti sepotong surga dunia. Namun bagi sebagian yang lain, aroma buah durian terasa sangat menyiksa, loh. Bahkan tak sedikit yang bila tercium aromanya sedikit saja, langsung muntah. Nah, kalau Sobat Shipper termasuk yang mana nih?

Walaupun aroma durian terasa tajam dan sangat menyengat, tetapi buah eksotis khas Asia yang satu ini cukup banyak peminatnya. Karenanya, tak sedikit orang yang memilih buah durian sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah sepulang bepergian. Sayangnya, keinginan tersebut sering terhalang oleh beberapa peraturan transportasi publik, utamanya peraturan di maskapai penerbangan.

Untungnya sebagian besar maskapai penerbangan masih mengizinkan penumpangnya yang ingin membawa durian, dengan catatan tak boleh sampai mengeluarkan bau yang mengganggu kenyamanan penumpang lain. Bila aroma durian sampai tercium, siap siap saja buah nikmat yang satu ini harus rela ditinggal. Termasuk juga soal pengiriman buah durian melalui jasa ekspedisi. Sobat Shipper tentu harus mengetahui bagaimana cara mengemas buah durian yang tepat. Sebab jika sembarang saja dalam mengemas, aroma tajamnya pasti akan terasa sampai keluar. Hati-hati, ya.

Berikut 5 cara mengemas buah durian agar aroma tajamnya bisa teratasi selama proses pengiriman jarak jauh.

1. Buang kulit durian

Menyertakan kulit durian yang tajam dalam proses pengemasan hanya akan merepotkan dan menambah beban. Letakkan isi durian ke dalam wadah, lalu dibungkus dengan tisu makanan yang kering. Tutup wadah tersebut kemudian tempelkan perekat atau selotip di sepanjang sisi penutup wadah.

Tak selesai sampai di situ, Sobat Shipper sebaiknya menambahkan aluminium foil untuk menutup bagian terluar wadah tersebut. Kemudian rekatkan kembali dengan selotip. Jika masih terasa kurang dengan hanya satu lapisan, Sobat Shipper bisa mengulangi tahap yang sama hingga 2-3 kali.

Terakhir, taburkan baking soda di bagian permukaan, kemudian bungkus wadah menggunakan plastik dan selotip hingga tertutup rapat dengan sempurna.

2. Ditaburi biji kopi

Cara mengemas buah durian berikutnya adalah dengan menabur bubuk atau biji kopi. Supaya aromanya menembus keluar, durian dapat diletakkan di dalam wadah dengan tutup yang rapat dan kedap. Lalu siapkan wadah kedap udara kedua dengan ukuran yang lebih besar sambil menyertakan biji atau bubuk kopi ke dalamnya. Dan akan lebih baik jika Sobat Shipper melapisinya kembali dengan alumunium foil.

3. Melapisi wadah penutup dengan lakban tebal

Cara mengemas buah durian yang satu ini terbilang simpel. Sobat Shipper hanya perlu menyiapkan satu buah wadah bertutup rapat dan satu lingkar lakban cokelat. Pertama, pisahkan daging durian dari kulitnya, lalu masukkan ke dalam wadah. Wadah yang sudah ditutup rapat kemudian dilakban seluruh permukaannya sampai tak terlihat celah udara sedikit pun. Bila dirasa kurang, Sobat Shipper bisa kembali menambahkan lilitan lakban di permukaan bagian luar.

4. Gunakan daun pandan

Langkahnya serupa dengan cara menabur biji kopi. Namun alih-alih menggunakan biji kopi, cara ini terkesan lebih bersih dan segar yaitu dengan menggunakan daun pandan. Sebab daun pandan yang hijau dan wangi akan membuat pengemasan Sobat Shipper terkesan lebih baik dan indah.

5. Dikemas vakum

Kalau Sobat Shipper ingin melakukan pengiriman buah durian keluar negeri, cara mengemas buah durian yang bisa dijadikan alternatif pilihan adalah dengan menggunakan vakum. Jangan lupa kulit durian dibuang terlebih dahulu.

Itulah 5 cara mengemas buah durian agar aroma tajamnya bisa teratasi selama proses pengiriman jarak jauh. Jika Sobat Shipper ingin mengirim buah durian kepada saudara, kerabat, atau pelanggan, jangan lupa untuk menggunakan jasa ekspedisi Shipper atau untuk info lebih lanjut kamu bisa langsung cek website shipper.id.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.