Cara Mengelola Toko Online di Berbagai E-Commerce

Uncategorized22 March 2022
cara-mengelola-toko-online-di-berbagai-e-commerce

Sobat Shipper harus menggunakan banyak platform untuk berhasil di dunia e-commerce. Ini memungkinkanmu menjangkau audiens yang lebih besar dan menjual lebih banyak produk. Memperoleh dan mempertahankan audiens yang begitu besar adalah upaya yang menantang. 

Dan agar berhasil, Sobat Shipper harus mengikuti tips jualan online untuk bisnis e-commerce dalam hal mengelola marketplace. Pada akhirnya, alih-alih mengandalkan pendapatan Sobat Shipper dan merencanakan strategi pemasaran yang akan datang, kamu malah menghadapi masalah yang dapat membahayakan bisnis secara serius.

Mengambil pendekatan multi-saluran untuk bisnis online adalah salah satu pilihan paling cerdas yang dapat Sobat Shipper pilih untuk memastikan pertumbuhan, stabilitas, dan menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Lanjutkan membaca untuk mempelajari semua yang perlu Sobat Shipper ketahui tentang apa itu bisnis e-commerce multi-saluran dan cara memaksimalkan platform apa pun yang dipilih.

Apa itu Penjualan Multi-Saluran?

Teknik memasarkan produk dan membuatnya tersedia di berbagai platform penjualan dikenal sebagai penjualan multisaluran. Alih-alih berpegang pada satu platform, Sobat Shipper memperluas bisnis ke mana pun pelanggan target membeli. Corong penjualanmu akan lebih beragam karena ini.

Misalnya, selain menjual hasil kerajinan tangan di Etsy, Sobat Shipper juga dapat memasarkannya di Shopee, Tokopedia, Instagram, Pinterest, dan bahkan situs web pribadi sendiri.

Pelanggan memiliki banyak alternatif dalam hal pembelian online, dan mereka sering menggunakan lebih dari satu saluran. Sobat Shipper akan memiliki lebih sedikit pilihan untuk menjangkau mereka dan mengumpulkan penjualan untuk online shop-mu jika kamu hanya menggunakan satu platform.

Penjualan multisaluran memungkinkan Sobat Shipper menjangkau audiens yang lebih luas. E-commerce akan terus berkembang, dan kamu akan menghadapi lebih banyak kompetisi. Meningkatkan jejak ritel sekarang adalah tips jualan online laris bagi pemula untuk memposisikan merek agar sukses.

Saluran Penjualan yang Perlu Diketahui 

Memilih saluran yang benar adalah tugas yang sulit, tetapi penting untuk pendekatan multi-saluran yang sukses. Demografi pelanggan tertentu dan tahapan siklus hidup pembeli lebih cocok untuk saluran tertentu.

Masing-masing memiliki kebiasaan dan frasa sendiri yang harus Sobat Shipper ketahui. Mengetahui apa yang harus dikerjakan dapat membuat tugas ini tampak tidak terlalu menakutkan.

1. Media Sosial

Sudah lama sejak media sosial hanya digunakan untuk mengobrol dengan teman dan keluarga. Bisnis e-commerce telah menggunakannya untuk meningkatkan kesadaran produk, menarik pelanggan, dan membentuk koneksi dengan audiens target mereka. 

Beberapa perusahaan, misalnya, memberikan produk mereka untuk menarik pelanggan potensial secara gratis. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk membangun kehadiran di berbagai platform media sosial yang sering dikunjungi audiens target.

Beberapa jaringan media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Pinterest, bahkan telah mengintegrasikan toko ritel di dalam platform mereka, memungkinkan pengguna untuk berbelanja barang-barang yang mereka sukai tanpa harus membuang waktu menjelajahi situs web merek tersebut.

2. Situs Web Sendiri

Jika serius tentang kesuksesan jangka panjang dan membangun bisnis e-commerce, Sobat Shipper harus membangun situs web sendiri untuk online shop-mu. Sobat Shipper akan memiliki lebih banyak kontrol dan fleksibilitas atas operasi dan aktivitas pemasaran dengan saluran ini.

Ini akan memungkinkan Sobat Shipper untuk menyesuaikan pengalaman pelanggan dengan preferensi sendiri. Kamu dapat mengumpulkan informasi prospek, memungkinkanmu untuk memelihara dan mengonversi prospek melalui pemasaran email.

3. Marketplace

Ini adalah platform e-commerce yang memungkinkan penjual pihak ketiga menawarkan produk mereka dengan biaya atau komisi di situs atau aplikasi. Mereka membantu Sobat Shipper dalam memproses penjualan dan melakukan yang terbaik untuk meningkatkan pengunjung ke situs dan etalase toko.

Karena mereka menghasilkan banyak lalu lintas pencarian organik dan bersponsor, marketplace dapat membantu Sobat Shipper memotong pengeluaran pemasaran jika kamu mengoptimalkannya dengan benar. Marketplace menyediakan jalan masuk tanpa hambatan ke pasar, dan sangat ideal untuk menarik pelanggan saat mereka masih mempertimbangkan pilihan mereka. 

Cara jualan di e-commerce dengan layanan pelanggan memberi Sobat Shipper akses langsung ke target pasar. Saat memutuskan marketplace mana yang akan dipilih, pikirkan tentang produk yang dijual, audiens target, pesaing, batasan, dan biaya.

Mengelola Berbagai Elemen Toko Online

Pada akhirnya, menggunakan platform penjualan multi-saluran tidak ada gunanya jika Sobat Shipper tidak dapat melacak semua elemen yang bergerak dan memastikan semuanya berjalan dengan efektif. Berikut adalah aspek yang paling penting untuk diperhatikan:

1. Cantuman 

Saat Sobat Shipper menggunakan beberapa saluran, membuat dan melacak daftar produk bisa menjadi prosedur yang memakan waktu. Untungnya, ada berbagai solusi yang tersedia untuk membantumu dengan tugas yang memakan waktu ini.

Sobat Shipper dapat membuat hub terpusat di mana kamu dapat mengunggah dan mengedit cantuman produk di semua saluran penjualan menggunakan program cantuman. Program ini tidak hanya dapat menghemat waktu dan tenaga, tetapi juga dapat mengurangi atau menghilangkan kesalahan manusia.

2. Pesanan dan Pengiriman 

Pelanggan saat ini menginginkan kepuasan instan. Mereka tidak suka menunggu lama untuk pesanan mereka, itulah sebabnya pengiriman di hari yang sama adalah salah satu opsi paling populer di situs e-commerce.

Sobat Shipper harus menjamin bahwa pesanan diperbarui dan diproses secepat mungkin. Jika mempekerjakan penyedia logistik pihak ketiga, Sobat Shipper harus memastikan bahwa barang tiba di gudang mereka sesuai jadwal sehingga dapat dikirimkan ke pembeli dengan cepat.

Berinvestasi dalam sistem manajemen pesanan yang baik dapat membantu Sobat Shipper melacak pesanan dan pemenuhan di semua saluran ritel secara real time.

3. Inventaris dan Pelaporan 

Sobat Shipper tidak ingin berada dalam situasi di mana pesanan mengalir namun persediaan habis. Hal ini menyebabkan jalinan masalah yang dapat mengakibatkan penangguhan dari marketplace. Satu-satunya cara untuk menghindari ini adalah dengan menjaga tingkat inventaris diperbarui di semua saluran penjualan secara teratur, tetapi melakukannya secara manual mungkin tidak dapat dilakukan. 

Perangkat lunak manajemen inventaris, seperti Atoor, dapat membantu dalam hal ini. Ini memungkinkan Sobat Shipper untuk mengelola pengembalian dengan lebih baik dan melacak serta memperbarui inventaris di beberapa platform secara real time, memastikan bahwa kamu tidak menjual lebih dari yang dapat terpenuhi.

Nah, itulah mengelola toko online di berbagai e-commerce. Apa Sobat Shipper masih perlu tips jualan online laris lain? Gunakan Atoor, aplikasi integrasi market place terbaik dari Shipper, sekarang juga!

Atoor memungkinkan Sobat Shipper melakukan pengiriman yang cepat dan mudah, status pesanan yang transparan, dan pengembalian tanpa kerumitan dalam skala besar. Platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, bekerja sama dengan Atoor untuk menjembatani kesenjangan digital dan fisik. 

Dengan sistem manajemen pesanan, Atoor terintegrasi ke dalam solusi omnichannel untuk mengembangkan bisnis e-commerce Sobat Shipper. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana bekerja sama dapat membantumu berkembang dan sukses, hubungi Atoor sekarang juga untuk mendapatkan informasi dengan lebih detail.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.