Cara Menentukan Produk Terlaris Di Tokopedia

Uncategorized23 March 2022
cara-menentukan-produk-terlaris-di-tokopedia

Pertanyaan pertama yang dimiliki banyak penjual baru adalah apa produk terlaris di Tokopedia. Dan ini adalah pertanyaan yang bagus. Sobat Shipper pasti ingin menjual produk yang banyak diminati, dan mempelajari produk apa yang paling banyak terjual di Tokopedia dapat menginspirasi dan mengajarkanmu banyak hal.

Sobat Shipper akan lebih siap untuk mengidentifikasi barang yang akan ditawarkan yang akan menghasilkan jumlah penjualan yang tinggi jika melakukan riset barang terlaris di Tokopedia dan mencari tahu mengapa produk tersebut laku terjual. 

Cara Menentukan Produk Terlaris Di Tokopedia

Inilah cara melihat produk terlaris di Tokopedia dan apa yang dapat Sobat Shipper pelajari dari hasilnya.

1. Kata Kunci  

Melihat kata kunci atau keyword mana yang paling banyak menerima penelusuran di Google dan Tokopedia adalah salah satu cara terbaik untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan. Ada beberapa alat yang dapat Sobat Shipper gunakan untuk melakukan riset ini, yaitu: 

a. Google Trends

Ini adalah tempat pertama untuk mencari informasi produk. Google Trends adalah alat yang dapat membantu Sobat Shipper dalam menentukan kata kunci produk terbaik. Kamu dapat melihat kata kunci dan produk apa yang sedang dibahas dan dicari oleh pengguna internet suatu negara dalam jangka waktu tertentu menggunakan alat dari Google ini.

Untuk menggunakan alat ini, cukup ketik kata kunci yang relevan dan pilih negara dan rentang waktu yang sesuai. Data akan ditampilkan sebagai grafik di Google Trends. Setelah itu, urutan tampilan kata kunci yang relevan akan ditentukan oleh tingkat kualitasnya. Ini juga dapat digunakan sebagai panduan saat menulis deskripsi untuk halaman produk di Tokopedia.

Jika grafik kata kunci yang Sobat Shipper cari meningkat, artinya kata kunci tersebut populer, dan begitu pula dengan sebaliknya. Ini adalah hal yang harus dipertimbangkan jika kamu juga mencoba menjual produk baru.

b. Google Keyword Planner 

Masih menggunakan alat Google, Sobat Shipper dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk melakukan riset kata kunci yang memberikan informasi lebih lanjut. Alat ini menampilkan referensi kata kunci terkait dengan Google Ads. Kata kunci tidak muncul di Google Keyword Planner menunjukkan bahwa itu tidak terlalu populer. 

Namun, Google Keyword Planner juga akan memberikan referensi kata kunci yang serupa dengan yang dicari. Tentunya hal ini sangat membantu dalam menentukan produk atau kategori produk yang akan dijual di Tokopedia.

Dan dengan menggunakan Google Ads, Sobat Shipper tentunya dapat memulai kampanye pemasaran digital sebagai tambahan. 

2. Media Sosial 

Sobat Shipper juga bisa memantau media sosial untuk produk atau kategori yang sedang populer di pasaran, selain menggunakan alat-alat di atas. Instagram, Twitter, TikTok, dan Facebook adalah contoh platform media sosial untuk melakukan riset.

Pengguna media sosial seperti Instagram dan Pinterest juga dapat “menyimpan” foto yang mereka sukai dan meningkatkan engagement rate di platform media sosial ini. Foto-foto ini sering kali berupa produk yang mereka minati, apakah itu produk bermerek atau produk generik umum.

Ini adalah tempat yang sangat baik untuk memulai. Ingatlah bahwa semakin banyak jumlah “simpan” yang dimiliki suatu produk di Instagram atau Pinterest, semakin populer produk tersebut dalam hasil pencarian platform tersebut. 

Ini juga salah satu tempat terbaik untuk mencari ide produk untuk brand Sobat Shipper sendiri. Ini mungkin peluang bagus jika kamu menemukan sesuatu yang sedang tren di media sosial tetapi saat ini tidak masih jarang tersedia di Tokopedia. Selain itu, Sobat Shipper dapat mempelajari tentang kategori produk populer dan metode pemasaran digital yang sebanding dengan brand-mu sendiri dengan melakukan riset media sosial.

3. Tokopedia Website atau Aplikasi

Tokopedia mengungkapkan angka penjualan yang tepat untuk produk apa pun yang dijual di situs webnya. Platform marketplace ini menampilkan sejumlah daftar penjual terbaik, produk terlaris dan kategori mana yang sekarang paling populer. 

Jika produk yang ingin Sobat Shipper tawarkan termasuk dalam kategori terpopuler, kamu memiliki kemungkinan yang layak untuk menjualnya karena akan laris manis. Sobat Shipper juga dapat mengetahui siapa pesaing terbesar dengan menggunakan metode ini.

Melakukan riset langsung memungkinkan Sobat Shipper melihat produk terlaris di Tokopedia 2022, siapa pesaing utama, dan kisaran harga apa yang tersedia untuk produk yang sama. Ingatlah bahwa Sobat Shipper tidak harus menjual produk hingga menjadi 100 penjual teratas atau di puncak penjualan sepanjang masa sambil mencari barang terlaris. Bahkan produk yang berada di peringkat 1.000 atau 10.000 teratas tetap bisa menguntungkan.

Cara Mencari Produk Terlaris Di Tokopedia

1. Cari produk yang diinginkan

Untuk memulai, cukup buka aplikasi atau situs web Tokopedia. Setelah itu, cari kategori atau produk yang diinginkan dengan menggunakan search bar. Untuk mempermudah pencarian, Sobat Shipper dapat memanfaatkan saran yang muncul sebelum hasil pencarian. 

2. Gunakan tombol sortir

Kemudian, secara acak, Sobat Shipper akan mendapatkan beberapa produk yang terhubung dengan kata kunci yang digunakan. Gunakan fungsi sortir untuk mempermudah riset.

3. Pilih opsi penjualan 

Sobat Shipper akan memiliki beberapa opsi untuk dipilih. Pilihlah opsi “Penjualan”. Produk hasil pencarian akan diurutkan berdasarkan jumlah penjualan tertinggi, dari tampilan teratas.

Sobat Shipper dapat mengetahui apa produk terlaris di Tokopedia 2022 jika memahami tren produk pada awal 2022 ini.

3. Marketplace Lain

Tokopedia bukan satu-satunya platform marketplace online di Indonesia. Ada banyak situs dan aplikasi lain di mana masyarakat dapat berbelanja online, misalnya Shopee dan Lazada. Dan ada baiknya Sobat Shipper melihat platform tersebut untuk melakukan riset produk apa yang populer.

Tren menyebar di internet, jadi jika ada sesuatu yang populer di satu platform, kemungkinan besar juga akan populer di platform lain. Plus, jika Sobat Shipper melihat hal-hal di situs-situs ini dengan harga yang lebih rendah, kamu dapat membelinya dan menjualnya kembali di Tokopedia. 

Itulah beberapa metode untuk melakukan riset produk terlaris di Tokopedia. Seperti yang Sobat Shipper baca, menemukan produk terlaris di Tokopedia 2022 tidaklah sulit jika kamu memiliki pendekatan yang baik dan alat yang tepat. Nah, Sobat Shipper setelah jualan laris dan banyak order jangan lupa untuk  menggunakan Atoor untuk mengatur toko mu, ya! Karena dengan Atoor kamu bisa mengoptimalisasikan pelayanan operasional di berbagai marketplace, dengan mudah dan tentunya dengan harga yang kompetitif. Untuk selengkapnya kamu bisa cek disini, ya!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.