Jangan Asal Takar, Yuk Tentukan Harga Jual Produk Dropship dengan Tepat!

Uncategorized23 December 2021
cara-menentukan-harga-jual-produk-dropship

Memulai usaha dropship memang minim modal, hanya butuh foto dan video produk dari supplier saja sudah dapat menghasilkan. Tapi, tetap tidak boleh asal menakar dalam memperjualbelikan, terutama dalam melaksanakan jualan online, penting untuk Sobat Shipper menakar harga jual yang bisa saja menghantarkan pada kerugian. Oleh karena itu, perhatian terhadap takaran harga jual ini amat perlu dipertimbangkan ya Sobat Shipper. Jangan sampai takaran asal menghantarkan kita pada berbagai permasalahan.

Yuk, Sobat Shipper langsung saja kita simak beragam cara jitu yang dapat diterapkan dalam menakar harga jual pada bisnis dropship.

1. Pentingnya Menentukan Harga Jual

Saat hendak membeli produk, berbagai hal layaknya spesifikasi produk, keunggulan produk, dan jenis produk. Pasti amat Sobat Shipper perhatikan bukan? Tentu, Sobat Shipper akan melakukan berbagai bentuk peninjauan, agar dapat memiliki produk dengan kualitas terbaik dan harga kompetitif tentunya. Ya, Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga jual adalah hal pertama yang biasanya dilihat oleh pembeli. Usai melakukan peninjauan harga biasanya pembeli akan lanjut ke peninjauan berikutnya, yakni tinjauan jenis, kualitas, dan spesifikasi produk

Nah, karena hal inilah. Penetapan harga jual amat perlu untuk Sobat Shipper perhatikan, lho. Bukan hanya soal besar kecil keuntungan, tapi juga menyangkut pada daya tarik pelanggan. Makanya penakaran harga jual itu tidak boleh asal-asalan apalagi terabaikan.

2. Perlu diperhatikan Saat Menentukan Harga Jual

Setelah memahami tentang seberapa pentingnya menentukan harga jual, mari kita lihat apa saja hal yang perlu Sobat Shipper pertimbangkan sebelum menentukan harga jual. Dan seberapa penting sih berbagai hal ini untuk dipertimbangkan. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

a. Target Pasar

Sebelum menentukan harga jual, mari Sobat Shipper telaah terlebih dahulu siapa saja target pasar Sobat Shipper. Apakah pelajar? Kaum milenial? Atau kalangan lansia? Dengan memahami target pasar yang jelas, Sobat Shipper dapat menentukan harga jual dengan bijak. Karena target pasar menjadi hal penting yang dapat dipertimbangkan sebelum menentukan harga jual. 

Seperti misalnya, ketika menargetkan pasar kepada kaum pelajar, tidak mungkin dong bagi Sobat Shipper memberikan harga fantastis terhadap produk yang dipasarkan… Tentu, Sobat Shipper akan memberi harga yang pas sesuai dengan kantong pelajar pada umumnya.

b. Mengetahui Harga Jual Supplier

Hal ini menjadi pertimbangan yang penting banget nih, Sobat Shipper… Dalam melakukan bisnis dropship, pastikan Sobat Shipper mengetahui terlebih dahulu berapa harga jual dari produk milik supplier itu sendiri. Jangan sampai Sobat Shipper memasang harga jual yang lebih rendah dari harga jual supplier.  Karena nantinya hal itu malah menghantarkan Sobat Shipper pada kerugian.

c. Tentukan Jumlah Pendapatan yang Ingin diperoleh

Keinginan pribadi juga patut dipertimbangkan, lho Sobat Shipper…  Misalnya, berapa sih target pendapatan yang ingin Sobat Shipper peroleh di setiap bulannya? Dari penentuan target pendapatan itulah, Sobat Shipper dapat menjadikan hal ini sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan harga jual. Tapi, perlu diingat ya Sobat Shipper, dalam menentukan target pendapatan juga perlu data pendukung, agar target yang dibuat sifatnya realistis.

d. Ketahuilah Harga Kompetitor 

Setiap produk yang diperjualbelikan pasti memiliki kompetitor, Selalu ada saja pembandingnya. Dalam menetapkan harga jual, ada baiknya Sobat Shipper mengetahui harga jual dari para kompetitor dan menetapkan harga jual yang tidak jauh berbeda dengan para kompetitor. 

Tapi, munculnya persaingan seperti ini membuat banyak penjual yang melakukan berbagai cara agar produk dapat laris. Salah satu cara yang paling umum dijumpai adalah perang harga. Nyatanya, perang harga ini tidak baik lho, dilakukan dalam jangka panjang. Karena nantinya, bisa saja hal ini menghantarkan  pada kerugian. Maka dari itu, nanti kita akan membahas tips jitu dalam menentukan harga jual.

e. Menentukan Rumus Harga Jual

Secara umum, dalam menentukan rumus harga jual membutuhkan variabel berupa target pasar dan  target pengembangan. Dalam target pengembangan ini yang perlu diperhatikan adalah  harga pesaing atau kompetitor dan daya tarik pembeli. Sebelum menerapkan rumus ketahuilah terlebih dahulu variabel-variabel ini dengan betul ya Sobat Shipper.

3. Tips Jitu dalam Menentukan Harga Jual

Banyaknya keunggulan dan keuntungan dropship, seharusnya tidak membuat kita abai dalam meninjau pelaksanaan bisnis ini. Memperhitungkan harga jual dengan matang adalah salah satu bentuk pertimbangan yang penting untuk ditinjau dan diperhatikan. Nah, maka dari itu usai  Sobat Shipper mengetahui pentingnya menentukan harga jual dan berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan harga jual. Setelahnya, Sobat Shipper akan disajikan berbagai tips jitu dalam menentukan harga jual pada dropship. Penasaran? Berikut, penjelasannya.

a. Perang Harga dengan Penuh Kehati-hatian

Momen dimana para penjual bersaing untuk menurunkan harga, melariskan produk sebanyak-banyaknya, dan saling kejar mengejar, disebut sebagai momen perang harga. Memangnya, momen seperti ini dapat dimanfaatkan ya sebagai tips jitu dalam menentukan harga jual? Sobat Shipper jangan salah ya…. Momen  price war alias perang harga ini dapat dimanfaatkan sebagai tips jitu yang cukup ampuh lho.

Nah, tapi perlu diingat, perang harga yang diterapkan adalah perang harga yang sehat, yang mana ia dapat dilakukan dengan syarat, di tempat tersebut perang harganya belum terlalu kental, Sobat Shipper mengetahui batasan dalam menurunkan harga, serta perang harga tersebut  tidak boleh dilakukan dalam jangka panjang. Hal ini perlu diperhatikan, karena perang harga yang diterapkan dalam jangka waktu yang panjang bisa saja menghantarkan pada kerugian.

b. Strategi Corat-coret Harga

Untuk Sobat Shipper yang ingin terhindar dari perang harga dapat Melakukan strategi corat coret harga. Misal, Sobat Shipper melakukan pencoretan terhadap harga jual  produk yang awalnya Rp150.000,00 menjadi Rp100.000,00.  Terlihat menggiurkan bukan? Padahal produk tersebut harga normalnya ya memang Rp100,000,00. 

Terlebih lagi, untuk memberi kesan bahwa produk dropship yang Sobat Shipper jual tidak murahan. Sobat Shipper dapat memberi tenggat waktu terhadap batas waktu dari berlakunya harga normal.

c. Pemberlakuan Harga Spesial

Harga spesial itu apa, sih? Harga spesial adalah harga yang dibuat eksklusif untuk menarik pelanggan sehingga mereka merasa mendapatkan privilege saat mengeluarkan uang yang lebih. Harga spesial yang dapat Sobat Shipper terapkan bisa berbentuk service atau pelayanan. Mulai dari jaminan produk sampai dalam waktu singkat, customer service yang mumpuni, ataupun pengemasan barang super aman.

Nah, Sobat Shipper itu dia berbagai tips jitu yang bisa diterapkan saat menentukan harga jual. Asalkan menentukan harga jual dengan benar, cara menghitung keuntungan jualan pun dapat dilakukan dengan mudah. Selain mengetahui cara bisnis dropship dengan benar, kamu juga perlu tahu jasa pengiriman barang yang aman dan terpercaya seperti Shipper. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.