Cara Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama Untuk Toko Online Anda

Uncategorized23 February 2022
cara-menarik-pelanggan-baru-dan-mempertahankan-pelanggan-lama-untuk-toko-online-anda

Salah satu tips jualan online terbaik untuk memastikan kesuksesan jangka panjang bisnis adalah dengan menarik pelanggan dan kemudian menciptakan hubungan jangka panjang dengan mereka. Layanan pelanggan sangat penting untuk mencapai tujuan ini. Ini semua tentang memperluas jangkauan Sobat Shipper dan melibatkan lebih banyak pelanggan dalam membangun brand-mu. 

Sebelum orang akan membeli, Sobat Shipper harus memberi mereka alasan untuk peduli, mendengarkan, dan berpartisipasi. Namun, mengingat menjamurnya saluran komunikasi dan meningkatnya persaingan untuk mendapatkan perhatian pelanggan di sebagian besar industri, menarik pelanggan baru ke bisnismu menjadi cukup sulit. 

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah tips jualan online laris sebagai cara mendapatkan customer baru dan mempertahankan yang sudah ada:

  1. Aktifkan Pemasaran Konten 

Alih-alih mengiklankan fitur, fungsi, dan manfaat produk atau layanan tertentu, pemasaran konten terbaik memberikan pengetahuan penting kepada pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Strategi pemasaran konten yang hebat mengambil strategi omni-channel, memberikan informasi yang relevan kepada klien dalam berbagai format seperti film, e-book, infografis, artikel, dan lainnya.

Tujuan utamanya adalah untuk melibatkan audiens target untuk membangun jaringan prospek yang pada akhirnya akan menjadi pelanggan setia. Strategi pemasaran konten harus berdasarkan pada keinginan dan kebutuhan pelanggan. 

Jadikan pelanggan sebagai tokoh utama dalam ceritamu yang sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Ini adalah tips jualan online laris bagi pemula yang paling mudah dan sederhana.

  1. Buat Kampanye Promosi 

Bisnis harus membuat pengorbanan tertentu untuk mencapai kesuksesan yang diproyeksikan. Sobat Shipper harus terlebih dahulu mendapatkan perhatian publik untuk menarik pelanggan baru. 

Promosi harga telah terbukti sangat efisien dalam menarik pelanggan baru dan lama. Pelanggan saat ini biasanya mencari metode untuk menghemat uang, dan penawaran semacam itu dapat memikat mereka untuk memilih brand-mu. 

Menggunakan jenis promosi ini untuk mendorong uji coba produk dan layanan adalah tips e-commerce terbaik. Selalu pastikan bahwa apa pun yang Sobat Shipper jual menarik dan akan memikat seseorang yang belum pernah mencobanya. 

Mengadakan acara, seperti peluncuran produk, seminar, dan pameran, adalah jenis promosi lain yang efektif. Sobat Shipper juga dapat membuat acara lebih menarik dengan mengikuti apa yang sedang trend saat ini, tergantung pada produk yang dijual.

  1. Minta Referensi 

Salah satu cara menarik pelanggan baru bagi suatu bisnis adalah dengan mengembangkan, meningkatkan, dan memperdalam hubungan dan loyalitas pelanggan. Ingatlah bahwa pelanggan setia akan sering menjadi pendukung dan duta bisnismu. Akibatnya, wajar untuk memperlakukan pelanggan dengan hormat dan menjamin bahwa mereka memiliki pengalaman positif dengan bisnismu.

Orang-orang akan mengingat pengalaman mereka, dan ini akan membangun atau menghancurkan brand-mu. Jangan takut untuk meminta rujukan setelah memberikan pengalaman pelanggan yang positif. Bukan ide yang baik untuk duduk dan berharap pelanggan akan membawa teman, keluarga, dan rekan kerja mereka tanpa usaha.

  1. Berkolaborasi dengan Bisnis Lain 

Setelah mengetahui siapa target pasar, Sobat Shipper harus mencari hubungan dengan bisnis lain yang melayani demografi yang sama. Buatlah daftar perusahaan yang relevan dengan industri yang kamu pilih dengan melakukan riset. Pertimbangkan apa yang dapat kamu berikan untuk mereka.

Misalnya, jika Sobat Shipper menjalankan barbershop dan memiliki bagian yang luas dan kosong, pertimbangkan untuk menyewakannya sebagai kafe. Ini akan menguntungkan dirimu dan mereka karena pengunjung kafe akan melihat barbershop, dan pelanggan barbershop kemungkinan besar akan tertarik untuk mengunjungi kafe tersebut. Melakukan inisiatif pemasaran secara kolektif adalah cara menarik pelanggan baru.

  1. Gunakan Pemasaran Inbound 

Pemasaran outbound mengharuskan Sobat Shipper untuk pergi ke tempat pelanggan berada dan menghentikan rutinitas mereka untuk mempromosikan barang dan jasa yang kamu tawarkan. Contohnya, iklan TV, banner, dan spam.

Konsep pemasaran inbound adalah untuk menarik pelanggan agar datang kepada Sobat Shipper daripada sebaliknya. Membuat konten bagus yang menjawab kekhawatiran pelanggan potensial adalah salah satu cara paling umum untuk mencapai hal ini. 

Sobat Shipper dapat membujuk pelanggan untuk meninggalkan informasi kontak mereka dan menjadi prospek dengan menggunakan artikel blog, video dan konten lainnya. Ini mungkin akan menjadi cara menarik pelanggan baru yang potensial.

  1. Buat Program Loyalitas 

Sangat penting untuk menawarkan sesuatu kepada pelanggan yang menunjukkan betapa Sobat Shipper menghargai mereka untuk mempertahankan mereka dalam jangka panjang. Dan salah satu metode untuk mencapainya adalah melalui program loyalitas. 

Program-program ini adalah sarana untuk berterima kasih kepada pelanggan yang telah mendukung bisnis Sobat Shipper, dan bahkan mungkin memberi tahu teman, keluarga, dan kenalan mereka tentang brand-mu.

Ada berbagai macam program loyalitas, jadi cari tahu mana yang paling cocok untuk bisnismu sekaligus menarik bagi pelanggan. Ingatlah bahwa pelanggan setia menghabiskan lebih banyak daripada pelanggan lain, jadi pastikan mereka puas dengan produk dan layanan yang mereka terima.

Salah satu metode paling efektif untuk melakukannya adalah dengan memberikan insentif eksklusif untuk anggota klub loyalitas. Misalnya, memberikan pengiriman gratis atau harga paket untuk berbagai produk dan layanan. Pelanggan lebih mungkin untuk kembali jika produk yang Sobat Shipper jual berkualitas baik. 

Minta ulasan dari pelanggan atau berpartisipasi dalam survei. Ucapkan terima kasih atas dukungan dan loyalitas mereka dengan menghadiahi mereka dengan poin klub atau kartu hadiah.

  1. Manfaatkan Media Sosial 

Media sosial telah berkembang dari waktu ke waktu, dan sekarang menjadi bagian penting dari hampir setiap strategi pemasaran online. Faktanya, hampir tidak mungkin membayangkan brand sukses yang tidak memanfaatkan keunggulan media sosial.

Semakin banyak keterlibatan media sosial yang Sobat Shipper dapatkan, semakin besar kemungkinan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Misalnya, ketika seseorang memublikasikan foto dengan tagar brand, brand-mulah yang terpapar ke basis pelanggan internet. 

Akibatnya, Sobat Shipper harus berpikir tentang bermitra dengan influencer yang pengikutnya tertarik dengan produk dan layanan yang ditawarkan. Karena media sosial gratis, cara mendapatkan customer baru ini sangat hemat biaya.

Yang penting bukan hanya promosi jualan online agar cepat laku, tetapi juga bagaimana mendapatkan pelanggan yang setia. Ada banyak metode untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Sobat Shipper dapat menggunakan yang paling sesuai untuk bisnismu. 

Apa pun cara menarik pelanggan baru, ingatlah bahwa menggunakan tool seperti Atoor akan mempermudah usahamu. Atoor memungkinkan Sobat Shipper melakukan pengiriman yang cepat dan mudah, status pesanan yang transparan, dan pengembalian tanpa kerumitan dalam skala besar. Platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, bekerja sama dengan Atoor untuk menjembatani kesenjangan digital dan fisik. 

Dengan sistem manajemen pesanan, Atoor terintegrasi ke dalam solusi omnichannel untuk mengembangkan bisnis e-commerce Sobat Shipper. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana bekerja sama dapat membantumu berkembang dan sukses, hubungi Atoor sekarang untuk mendapatkan informasi dengan lebih detail.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.