6 Trik Jitu Menentukan Harga Jual Agar Menang Saat Perang Harga

Uncategorized09 November 2021
cara-menang-perang-harga

Daftar Isi
1. Cara Menentukan Produk Paling Laris
2. Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik
3. Trik Jitu Menentukan Harga Jual agar Menang saat Perang Harga 
4. Tips Membuat diskon/ Promo yang Efektif 
5. Teknik Closing Ampuh untuk Jualan
6. Tips Membuat Konsumen Repeat Order
7. Mengelola Iklan Agar Jualan Laris dan Tidak Rugi
8. Tips Menggunakan Influencer sebagai Media Pemasaran
9. Seberapa Ampuh Affiliate Marketing untuk Bisnis
10. Strategi  Mengelola Database untuk UMKM

Perang harga adalah tantangan dalam dunia bisnis. Perang harga terjadi ketika ada jenis produk yang sedang banyak dicari konsumen, sehingga menyebabkan banyak orang berusaha menjualnya. Semakin banyak produk dicari maka semakin tinggi perang harga yang terjadi. Kondisi ini menyebabkan para produsen berlomba menyesuaikan harga yang kompetitif. Maka dari itu, Sobat Shipper perlu strategi pemasaran produk yang efektif untuk bisa bersaing di pasar dengan baik tanpa harus menjatuhkan harga jual dan mengurangi risiko kerugian besar. 

Perang harga bukan hanya menentukan harga jual terendah, tapi perlu strategi penjualan jitu untuk menentukan harga jual yang tepat agar bisa menarik minat banyak pelanggan. Jika kamu bisa memenangkan perang harga otomatis penjualan produk akan meningkat. Sobat Shipper, mari simak tips jitu mengatasi perang harga!

Baca Juga : Simak! 6 Teknik Closing Ampuh untuk Jualanmu Makin Laris

1. Menentukan Harga Jual Berdasarkan Nilai Produk

Nilai produk berhubungan dengan kualitas, keunggulan atau manfaat yang bisa dirasakan oleh konsumen yang menggunakan produk tersebut. Cara mengatasi perang harga yang cerdas adalah dengan menghasilkan produk yang punya nilai jual. Dengan begitu, tidak perlu menurunkan harga produk hingga anjlok untuk menarik konsumen.

Perang harga yang cerdas adalah dengan memberikan harga yang sesuai dengan nilai produk. Membuat pelanggan puas dengan kualitas yang sebanding dengan harga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Sehingga, harga jual produk bisa tetap stabil dengan tingkat penjualan yang stabil juga. 

Contoh, pembelian satu set produk kecantikan dapat bonus pouch. Pelanggan yang awalnya ingin membeli 1 produk jadi membeli 1 set produk sehingga meningkatkan penjualan. Cara memasarkan produk dalam bentuk bundel lebih menarik di mata konsumen. 

Contoh lain, menghadirkan skincare dalam kemasan travel friendy yang lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Strategi penjualan ini membuat produk terkesan lebih murah dalam kemasan lebih ekonomis.  

2. Kreatif dan Inovatif 

Dengan sentuhan kreativitas dan inovasi Sobat Shipper bisa memenangkan perang harga dengan produk kompetitor. Kamu tahu, kompetitor yang menjual produk sejenis tidak hanya satu atau dua tapi banyak sekali di pasaran. Maka, kamu perlu berpikir kreatif untuk menciptakan inovasi baru dari jenis produk tersebut yang bisa menarik perhatian calon pelanggan. Strategi ini efektif untuk mengatasi perang harga dengan menjaga loyalitas para pelanggan lama dan menarik lebih banyak pelanggan baru. 

Strategi mengatasi perang harga dengan cara kreatif dan inovatif dapat di antaranya: 

  • Membuat packaging baru yang lebih keren. Bisa dengan menggunakan kemasan eco-friendly dan mengusung tema cinta lingkungan. 
  • Memanfaatkan momen khusus. Contohnya membuat produk khusus dengan tema hari kemerdekaan. 
  • Kerja sama promosi bersama influencer atau menunjuk brand ambassador yang sesuai dengan target market.
  • Membuat konten promosi atau campaign yang menarik berhubungan dengan produk tersebut, dan sebagainya. 

3. Membangun dan Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan 

Loyalitas pelanggan merupakan kunci untuk memenangkan perang harga dan menjaga stabilitas penjualan. Kamu perlu memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan lama atau calon pelanggan baru. Bangun pendekatan yang membuat pelanggan bisa yakin untuk memilih produk yang kamu jual dan setia dengan produk tersebut. 

Jika kamu bisa menjaga loyalitas pelanggan maka kamu sudah selangkah lebih di depan untuk memenangkan perang harga di pasaran. Pelanggan yang loyal tidak akan terlalu memperdulikan produk kompetitor. Maka, penting untuk tetap menjaga loyalitas pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik dan reward untuk pelanggan setia. Hubungan baik dengan pelanggan perlu dibangun dan dijaga secara konsisten. 

4. Memahami Apa yang Pelanggan Cari dan Butuhkan

Jenis produk yang sama dengan merek berbeda memang tersedia begutu banyak di pasaran. Namun, setiap produk pasti punya daya tarik dan keunggulan masing-masing. Maka, ciptakan dan tonjolkanlah daya tarik dan keunggulan dari produk yang kamu jual. Untuk bisa menunjukan keunggulan produk kamu perlu memahami apa yang pelanggan cari dan butuhkan saat ini.

Lakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan pelanggan sebagai modal utama untuk memenangkan perang harga tanpa harus menurunkan harga berlebihan. Namun, dengan cara meyakinkan pelanggan bahwa produk tersebut memang layak dan sesuai dengan manfaat yang didapat pelanggan. Buat pelanggan yakin bahwa produk tersebut adalah pilihan yang tepat untuk menjadi solusi dari masalah yang dialami pelanggan. Jaga kepercayaan pelanggan secara konsisten. 

Contoh, jika selama ini kamu hanya menjual pakaian ukuran standar, tambah variasi pakaian big size atau menambah lebih banyak variasi pakaian berdasarkan tren fashion saat ini. 

5. Menerapkan Strategi Digital Marketing 

Digital marketing berarti upaya pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital dan internet. Saat ini sebagian besar transaksi jual beli terjadi secara online. Sudah seharusnya strategi pemasaran juga memanfaatkan media online. Strategi digital marketing cukup efektif untuk memenangkan perang harga karena lebih mudah menargetkan calon pembeli yang potensial sesuai target market bisnis kamu. 

Mulailah dari strategi digital marketing yang mudah seperti memanfaatkan media sosial untuk branding dan promosi secara optimal. Selain itu, jika kamu belum punya website bisnis sekarang adalah waktu yang tepat untuk coba membuat website bisnis. Website resmi suatu brand atau toko online memberi kesan yang lebih profesional. 

Strategi digital marketing lain yang bisa diterapkan adalah SEO (Search Engine Optimization), social media advertising, google ads dan email marketing. Dalam strategi digital marketing konten promosi menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Pastikan konten menarik dari sisi copywriting dan design sesuaikan dengan brand image dan target konsumen kamu.  

6. Jangan Takut Memulai!  

Dalam dunia bisnis perlu kreativitas dan keberanian untuk memulai. Benar, untuk memulai strategi bisnis kamu perlu menganalisis kondisi dan membuat perhitungan yang matang untuk mencegah risiko kerugian. Namun, jika terlalu banyak berpikir dan menunda, kamu justru bisa ketinggalan jauh dari kompetitor. Maka, jangan tunda hanya karena takut gagal!

Tidak ada patokan strategi bisnis mana yang paling efektif dalam perang harga. Strategi bisnis yang dipakai perusahaan A belum tentu bisa berjalan sama efektifnya jika diterapkan di perusahaan B. Sobat Shipper sebagai pengusaha perlu mencoba dan menganalisis sendiri efektifitas dari strategi pemasaran produk yang paling cocok dengan bisnis kamu untuk mengatasi perang harga.

Itulah beberapa trik jitu menentukan harga jual agar menang saat perang harga. Hal yang penting adalah selalu memberikan harga terbaik sesuai dengan kualitas produk kepada pelanggan. Harga terendah dipasaran tidak selalu memastikan produk tersebut akan jadi yang paling laris. Kini, para pembeli juga semakin cerdas untuk menentukan pilihan produk yang sesuai antara harga dan kualitasnya.

Pastikan kepuasan pelanggan terjaga selama menggunakan produk yang kamu jual. Selain menjaga kualitas produk, kepuasan pelanggan perlu diperhatikan sejak mulai memesan hingga barang dikirim dan sampai ke pembeli dengan aman. Gunakan layanan pengiriman Shipper untuk memastikan pengiriman aman sampai ke tangan konsumen. Dapatkan layanan terbaik dari Shipper dan kunjungi websitenya di shipper.id

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.