Ingin Untung Besar di Bisnis Thrift Shop? Ini Trik Ampuhnya!

Uncategorized06 September 2021
cara-memulai-bisnis-thrift-shop

Halo, Sobat Shipper! 

Pernah mendengar istilah Thrift Shop? Secara bahasa, thrift shop memiliki arti “toko penghematan”. Mengapa dikatakan “penghematan”? Sebab, barang-barang yang dijual di thrift shop mulai dari baju, celana, sepatu, tas, dan berbagai barang lainnya merupakan barang bekas berkualitas yang masih bagus dan layak pakai. 

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan mengulas bagaimana cara memulai bisnis thrift shop yang baik dan menguntungkan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Berikut 6 Cara memulai bisnis thrift shop 

1. Tentukan Modal 

Untuk memulai bisnis thrift shop, Sobat Shipper tidak memerlukan modal yang besar. Sebab umumnya pakaian bekas berkualitas yang masih layak pakai relatif jauh lebih murah ketimbang harga aslinya saat dalam kondisi baru. Cukup bermodalkan 500 ribu rupiah, Sobat Shipper sudah bisa memulai bisnis thrift shop. 

Satu hal penting yang perlu Sobat Shipper catat adalah waktu dan energi yang digunakan untuk membeli barang bekas berkualitas sebelum menjualnya kembali. Sebenarnya banyak sekali pasar loak yang menjual celana, sepatu, hingga tas bekas yang masih layak pakai, tetapi Sobat Shipper harus teliti dan sabar ya dalam memilih pakaian yang layak dan berkualitas. 

2. Tentukan Barang yang Akan Dijual 

Cara memulai bisnis thrift shop yang kedua adalah menentukan barang yang akan dijual. Sobat Shipper bisa memulainya dengan menjual barang yang umum seperti jaket, baju, celana, tas, dan sepatu. Bisa juga menambahnya dengan menjual beberapa aksesoris, seperti ikat pinggang, topi, dan lainnya. Menentukan fokus barang yang akan dijual sangatlah penting, agar target pasarnya semakin jelas. 

Jika Sobat Shipper menjajal segala jenis barang bekas berkualitas untuk dijual, Sobat Shipper tentu akan kesulitan memunculkan identitas bisnis thrifting. Terlebih jika tidak dapat ditangani dengan baik, hal ini dapat menjadi penilaian minus terhadap toko yang baru saja dirintis. 

3. Analisis Pasar 

Cara memulai bisnis thrift shop yang baik harus selalu diawali dengan analisis pasar. Setelah Sobat Shipper menentukan barang bekas berkualitas seperti apa yang akan dijual, selanjutnya adalah melakukan analisis pasar. Analisis pasar berpengaruh pada langkah berikutnya. Dengan melakukan analisis pasar, Sobat Shipper jadi bisa menentukan siapa saja target pasar dan berapa harga standar yang menjadi patokan untuk dijual. 

Di samping itu, manfaat lain dari dilakukannya analisis pasar adalah agar meminimalisir peluang gagal dan membantu perkembangan melalui strategi dan evaluasi berjangka. Sehingga Sobat Shipper bisa terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi berdasarkan tren dan keinginan konsumen dari waktu ke waktu. 

4. Cari Supplier Barang 

Memiliki supplier barang bekas akan sangat memudahkan Sobat Shipper dalam mencari barang bekas berkualitas. Tanpa membutuhkan banyak tenaga dan waktu, Sobat Shipper bisa lebih efisien dalam memilah produk yang akan dijual. 

Di samping itu, ini juga akan menekan biaya modal. Sebab membeli barang kepada supplier terhitung lebih murah daripada ketimbang harus mencari-cari sendiri ke beberapa tempat. 

5. Gunakan Marketplace dan Media Sosial 

Dengan memanfaatkan Marketplace dan berbagai fitur di media sosial saat ini, Sobat Shipper dapat melakukan pengembangan bisnis dengan pesat dan terarah. Salah satunya bisnis thrift shop. Dengan segmen pasar yang semakin luas, maka barang yang dijual pun berpotensi lebih cepat laku terjual. 

6. Gunakan Kurir yang Tepat 

Sekarang para pedagang thrift shop sudah mulai ramai mengisi sektor penjualan online dengan memanfaatkan Marketplace dan media sosial, jadi Sobat Shipper tak perlu repot lagi untuk membuka toko offline

Nah, agar pekerjaan Sobat Shipper makin mudah, pakailah Shipper sebagai layanan ekspedisi untuk pengiriman barang-barang yang dijual. Tanpa perlu repot keluar rumah, Sobat Shipper sudah bisa melakukan berbagai pilihan pickup order. Coba deh Sobat Shipper download aplikasi Shipper, agar bisa melakukan pengecekan ongkir dan pengecekan nomor resi dengan lebih mudah! 

Itulah 6 trik ampuh bagaimana cara memulai bisnis thrift shop yang baik dan menguntungkan. Semoga bermanfaat! 

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.