6 Cara Memulai Bisnis Paling Dasar yang Harus Kamu Lakukan agar Sukses

Uncategorized24 August 2021
cara-memulai-bisnis

Bagi kamu yang masih pemula, wajar kalau kamu kebingungan menentukan cara memulai bisnis. Soalnya, masing-masing pebisnis sukses memang punya caranya sendiri-sendiri. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa langkah atau cara umum yang dilakukan oleh semua pelaku bisnis sukses, lho! Apa saja, ya?

1. Tentukan Bisnis Apa yang Akan Dirintis

Cara memulai usaha dari nol yang wajib kamu lakukan adalah menentukan apa yang akan kamu lakukan. Artinya, apa bisnis yang akan kamu rintis dan jalankan? Apakah bisnis kuliner? Fashion? Produksi makanan ringan?

Cara memulai bisnis yang satu ini sangat penting, lho. Kalau kamu saja tidak tahu apa yang ingin kamu lakukan, bagaimana kamu bisa mulai menjalankan bisnis, kan?

2. Tetapkan Visi dan Misi Usaha

Poin berikut yang harus kamu lakukan adalah menentukan apa yang jadi visi dan misi bisnismu. Soalnya, visi dan misi ini penting dalam menentukan target bisnismu, dan pada akhirnya juga memengaruhi strategi. Tanpa visi dan misi dalam langkah awal memulai usaha, bisa dijamin kamu akan kehilangan arah di tengah jalan yang bisa berdampak bukan hanya pada operasional, tapi juga kelangsungan usahamu. 

3. Tetapkan Rencana Bisnis

Menentukan apa bisnis dan visi-misinya saja tidaklah cukup. Kamu tidak bisa hanya mengingat-ingat atau mengawang-awangnya saja, karena kamu juga harus menuliskannya ke dalam business plan atau rencana usaha sebagai salah satu cara memulai bisnis, Sobat Shipper. Soalnya, rencana bisnis ini punya peran luar biasa dalam bisnis, apalagi kalau kamu baru saja merintis dan memulai bisnis.

4. Lakukan Survei

Setelah kamu tentukan apa bisnismu, visi dan misi, serta rencana bisnis, cara memulai bisnis yang juga perlu kamu lakukan adalah survei. Lewat survei ini, kamu bisa dapatkan gambaran jelas apakah bisnismu feasible atau dapat dilakukan. 

Salah satu survei yang wajib dilakukan adalah survei pasar. Tujuannya adalah untuk mengukur minat pasar terhadap produk/jasa yang akan kamu jual lewat bisnismu. Kalau survei pasar menunjukkan produk/jasamu tidak diminati, buat apa kamu menjualnya, kan?

5. Siapkan Modal

Nah, salah satu langkah penting dalam memulai bisnis adalah memastikan bahwa kamu punya modal dan modal yang ada cukup untuk memulai bisnismu. Modal ini tak harus modal uang, tapi juga bisa dalam bentuk perlengkapan usaha hingga modal keahlian.

Tapi, bagaimana kalau ternyata modalmu tidak cukup untuk memulai usaha? Nah, di sinilah dokumen rencana bisnismu berperan besar, Sobat Shipper. Sebab, rencana bisnismu bisa jadi proposal untuk pengajuan modal usaha kepada calon investor atau partner, lho!

6. Mulai Bisnismu Sekarang Juga!

Jika kamu sudah melakukan cara memulai bisnis yang dijelaskan di atas, pada dasarnya kamu sudah bisa mulai merintis dan menjalankan bisnismu sekarang juga, Sobat Shipper! Akan tetapi, tentunya pastikan pula bahwa semua kebutuhan operasional bisnis sudah ada dan siap digunakan, ya!

Salah satunya adalah gudang usaha tempat kamu menyimpan persediaan barang. Pentingnya peran gudang dalam kelancaran bisnismu tentu mengharuskanmu untuk cermat dalam memilih gudang, lokasinya, sampai operasional di dalamnya, kan? Padahal, bisnismu baru saja dirintis dan kamu barangkali belum punya cukup SDM untuk mengelola gudang secara optimal.

Tapi tenang saja, karena kamu bisa pakai layanan gudang dari Shipper. Kamu hanya perlu bayar sewa sesuai dengan kebutuhan kapasitas bisnismu saja, dan sisanya akan di-handle langsung oleh para staf profesional dari Shipper. Mulai dari manajemen stok, metode penyimpanan yang tepat, sampai pengemasan hingga pengiriman, Shipper akan tangani semua dan kamu cukup fokus kembangkan usahamu saja, Sobat Shipper!

ak hanya itu saja, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan ke mana saja, Shipper solusinya! Untuk lebih lanjut kamu bisa cek www.shipper.id.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.