8 Jenis Ukuran Truk yang Bisa Dijadikan Pilihan untuk Memudahkan Pengiriman Barang

Uncategorized07 June 2021
cara-memilih-ukuran-truk

Pernahkan kamu menghitung ukuran truk yang digunakan buat membawa barang? Sekilas mengukur dimensi kendaraan terdengar kurang penting kalau kamu menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. Namun, untuk sektor logistik atau yang berkaitan dengan pengiriman barang, hal ini ternyata bakal berdampak pada proses pengantaran, lho!

Untuk menambah wawasan, mari simak jenis ukuran truk beserta kegunaannya di bawah ini!

1. Cold diesel engkel

Ini adalah truk dengan ukuran yang relatif kecil, sehingga bisa kamu kendarai untuk perjalanan jarak pendek dengan kapasitas yang tak terlalu besar. Muatan maksimal yang dapat dibawa cold diesel engkel atau CDE tak sampai dua ton per unit.

2. Cold diesel double

Ukuran truk yang satu ini hampir sama dengan CDE, hanya saja kapasitas maksimalnya lebih besar, yakni mencapai empat ton per unit. Cold diesel double mempunyai roda belakang berjumlah empat buah dan dua buah di bagian depan.

3. Tronton

Kamu pasti sudah akrab dengan jenis truk barang yang satu ini, bukan? Tronton yang memiliki ban depan tetap sebanyak dua buah dengan delapan ban belakang ini mampu mengangkut beban maksimal sepuluh ton. Jadi wajar saja kalau harga pasaran tronton terbilang mahal.

4. Trailer

Masuk ke dalam golongan kelas berat, ukuran truk ini bakal bikin kamu tercengang karena dilengkapi jumlah ban dari 16 hingga 26 buah. Menyoal muatan, sebagian besar trailer dirancang dengan kapasitas maksimal sampai 26 ton. Hal ini pula yang membuatnya sering dipakai untuk membawa alat berat.

Baca juga: Cara Hitung Berat Tarif Kirim Barang ke Luar Negeri Terbaru

5. Pick up

Sebenarnya, pick up nyaris tak bisa disebut sebagai truk karena baik dimensi maupun kapasitasnya berada di bawah CDE. Walau ukuran truk barang ini ‘mungil’, sejumlah pick up keluaran terbaru sudah diproduksi dengan muatan yang lebih besar, yakni satu setengah hingga dua ton.

6. Fuso

Fuso bisa kamu jadikan alternatif kalau kurang nyaman menggunakan CDB. Keduanya memiliki karakteristik hingga ukuran truk yang serupa. Bedanya, kapasitas yang dapat dibawa fuso lebih besar, yakni sampai tujuh ton. Cocok buat kamu yang butuh kendaraan gesit buat mengantar banyak barang.

7. Wingbox

Sesuai namanya, wingbox memungkinkan pengguna untuk membuka sisi kanan, kiri, dan belakang saat akan mengangkut barang. Muatan truk barang ini lebih variatif dibandingkan jenis truk lain karena dapat kamu sesuaikan dengan jumlah barang yang akan diantarkan kendaraan tersebut.

8. Kontainer

Dikenal juga sebagai peti kemas, truk ini mempunyai dimensi besar untuk menyimpan barang supaya tetap aman selama menempuh perjalanan panjang. Ukuran truk ini bervariasi dari 20 kaki hingga 40 kaki. Sementara jenisnya dibagi menjadi dua, yaitu dry container dan reefer container.

Setelah mempelajari ukuran dan kapasitas, kamu bakal lebih mudah memilih truk yang bisa mendukung kegiatan usaha, terutama pengiriman barang. Belum bisa membeli truk sendiri? Kamu juga tak perlu cemas, sebab sekarang sudah ada banyak pihak yang menyewakan truk. Selain itu, kamu juga dapat memilih jasa pengiriman atau shipping yang sudah menyertakan truk dalam armadanya seperti yang dilakukan Shipper.

Ya, reputasi Shipper sebagai penyedia layanan shipping memang sudah tak diragukan lagi. Menghadirkan macam-macam ukuran truk, Shipper akan memastikan barang-barang yang dipesan konsumen sampai dengan selamat. Kamu bisa cek sendiri ke https://shipper.id untuk mendapatkan informasi lengkap seputar shipping dan jenis armada yang mengirimkan barang.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Biaya Pengiriman Logistik secara Langsung

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.