5 Cara Mengelola Biaya Logistik Tanpa Perlu Menurunkan Mutu Layanan!

Uncategorized07 June 2021
cara-memilih-perusahaan-logistik

Berkembangnya bisnis online selama beberapa tahun terakhir disambut baik perusahaan logistik serta supply chain. Karena dalam prosesnya, para pelaku bisnis membutuhkan layanan pengiriman barang untuk mengantarkan paket konsumen. Sobat Shipper yang sering belanja online pasti sudah merasakan keberadaan layanan tersebut, dari pengiriman biasa hingga cash on delivery (COD).

Potensi pertumbuhan perusahaan logistik

Kalau Sobat Shipper simak, pertumbuhan perusahaan logistik selama satu dekade terakhir memang tak bisa dipandang sebelah mata. Khususnya sejak industri e-commerce turut mendongkrak kebutuhan akan layanan tersebut. Bahkan wabah Covid-19 hanya melumpuhkan sektor logistik untuk sementara waktu karena adanya percepatan digitalisasi dalam transaksi virtual.

Sebaik apa potensi pertumbuhan yang dialami perusahaan logistik? Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dalam studi global ResearchAndMarkets, pasar logistik global sudah menghasilkan profit hingga USD4,73 miliar pada 2018.

Kemudian, studi yang berbasis di Dublin, Irlandia tersebut turut memprediksi kalau pertumbuhan pasar logistik bisa saja mengalami kenaikan sampai USD6,30 miliar pada 2024. Kalau Sobat Shipper menggabungkan rata-rata pertumbuhan dari 2014 sampai 2019, nilainya saja sudah sampai 4,9%.

Baca juga: Peranan Aggregator Logistik untuk Mendukung Kemajuan Bisnis Online

Namun, potensi yang menggiurkan ini turut meningkatkan persaingan di sektor logistik. Sobat Shipper tak bisa mencegahnya dan harus siap menghadapinya kalau berencana bakal mengembangkan perusahaan logistik dalam waktu terdekat. Sebagai langkah awal, Sobat Shipper harus pandai mengoptimalkan biaya tanpa harus mengurangi kualitas layanan.

Optimalkan biaya logistik untuk menunjang usaha

Perusahaan riset global yang berbasis di New York, Gartner, Inc., membagikan lima cara yang bakal membantu Sobat Shipper supaya fungsi perusahaan logistik berjalan maksimal dari segi finansial.

1. Tekan risiko yang menelan biaya tinggi

Kesalahan adalah hal wajar yang terjadi di semua bentuk usaha. Namun, kalau sampai berlangsung dalam jangka waktu lama dan memakan biaya besar buat mengganti kerugian pasti bakal merepotkan. Jadi Sobat Shipper harus pandai menekan risiko kalau tak mau usaha bangkrut.

2. Kuatkan sistem pengiriman

Kecepatan pengiriman menjadi keunggulan yang berusaha diperlihatkan sebagian besar perusahaan logistik. Meski begitu, Sobat Shipper harus pandai dalam memperhitungkannya. Perkuat sistem dengan memakai transportasi memadai dan SDM yang terampil di bidangnya.

3. Evaluasi layanan dalam kegiatan operasional

Tak sedikit perusahaan logistik yang terlalu ‘memanjakan’ konsumen tanpa mengimbangi kualitas kegiatan operasional. Jika Sobat Shipper mulai menerima keluhan walau sudah memberikan promosi, segera evaluasi layanan perusahaan logistik sebelum anggaran membengkak.

4. Tingkatkan kualitas kolaborasi internal

Selain rajin menggaet klien potensial, Sobat Shipper harus meningkatkan juga kolaborasi di antara karyawan atau bersama atasan. Langkah ini secara tak langsung bakal menekan pengeluaran karena ada gagasan-gagasan menarik dari karyawan yang bisa meningkatkan performa perusahaan logistik.

5. Ambil keputusan yang menguntungkan

Pengambilan keputusan dalam sebuah usaha tak boleh sembarangan. Selain berdampak pada mutu layanan, biaya yang nantinya dialokasikan bisa saja bertambah dari perkiraan. Oleh karena itu, Sobat Shipper harus cermat saat menentukannya, ya.

Kalau Sobat Shipper butuh contoh atau rekan profesional dari sektor logistik, Shipper merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan. Perusahaan logistik yang sudah berpengalaman dalam bidang shipping maupun penyediaan warehouse ini bakal membantu Shipper untuk mengirim barang ke berbagai kota di Indonesia hingga menyediakan gudang untuk menyimpan stok barang.

Apakah Shipper adalah partner yang selama ini dicari? Sobat Shipper bisa kunjungi https://shipper.id buat mempelajari layanan-layanan yang disediakan.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Biaya Pengiriman Logistik secara Langsung

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.