Tips Memilih Jasa Pengiriman yang Tepat untuk Bisnis Kamu

Uncategorized02 June 2021
cara-memilih-jasa-pengiriman-warehouse

Ketika kamu mengikuti tren belanja online untuk meraup untung sebagai pemilik bisnis e-commerce, kamu tentu sudah tahu kalau keberadaan jasa pengiriman atau ekspedisi sangat penting bagi kelangsungan bisnismu. Sebab, kamu pasti membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang pesanan ke alamat pelanggan, kan?

Salah satu alasan mengapa jasa pengiriman barang yang kamu pilih akan sangat berpengaruh pada bisnismu adalah efeknya terhadap kepuasan pelanggan. Pada dasarnya, pelanggan yang puas berarti pelanggan yang berpeluang besar melakukan pembelian kembali (repurchase atau repeat order), yang tentu akan meningkatkan penjualan dan omzetmu.

Pengemasan Barang yang Baik dan Aman

Sebelum melakukan pengiriman lewat jasa pengiriman cargo atau ekspedisi, Sobat Shipper tentu harus mengemas pesanan terlebih dahulu. Nah, pengemasan ini harus kamu lakukan dengan cermat, Sobat Shipper.

Selain memastikan bahwa barang yang kamu ambil dari gudang adalah barang yang tepat sesuai pesanan, pengemasan juga mempengaruhi kepuasan konsumen saat menerima barang nanti. Pastikan kamu mengemas barang sesuai dengan karakteristik produk yang dipesan.

Sebagai contoh, pengemasan barang untuk baju dan keramik tentu berbeda, kan? Untuk baju, kamu mungkin cukup menggunakan kotak atau kantong branding, lalu tempelkan label di bagian luar. Tapi, kalau kamu memilih metode pengemasan yang sama untuk keramik, tentu barang akan sangat mudah pecah dan rusak dalam proses pengiriman dengan jasa pengiriman barang cargo.

Pengiriman yang Segera dan Tepat Waktu

Ada alasan mengapa masyarakat saat ini lebih suka belanja online, dan salah satunya adalah faktor kepraktisan dan kecepatan. Oleh karena itu, pastikan pula kamu tidak menunda-nunda waktu untuk mengemas barang begitu pesanan diterima.

Mengapa? Karena pengemasan yang cepat berarti barang akan lebih cepat pula dibawa oleh jasa pengiriman. Dan pada akhirnya, barang juga akan lebih cepat sampai di tangan pembeli. Karena inilah kamu harus tentukan deadline pengemasan.

Di samping itu, kamu juga perlu tentukan kapan waktu cut off untuk pengemasan dan pengiriman agar pesanan bisa diproses di jasa pengiriman barang pada hari yang sama. Sebagai contoh, kalau kamu menentukan waktu cut off-nya pada pukul 15.00 WIB, artinya pesanan yang masuk setelah jam tersebut akan dikemas dan dikirim keesokan harinya. Informasi ini penting untuk membantu pembeli memperkirakan kapan ia bisa menerima barang.

Pentingnya Resi Pengiriman

Setelah barang masuk ke jasa pengiriman dan diproses untuk pengiriman, pihak jasa pengiriman barang murah akan mengeluarkan nomor seri bersifat unik yang disebut nomor resi. Kamu perlu infokan nomor resi ini kepada pembeli, Sobat Shipper. Mengapa?

Karena nomor resi dibutuhkan pembeli untuk melacak status dan posisi pesanannya. Dengan demikian, hati pembeli juga lebih tenang karena mereka bisa mengecek sendiri status pengiriman barangnya, kan? Karena itu, pastikan Sobat Shipper tidak pernah terlambat atau lupa memberikan nomor resi pengiriman kepada pembeli.

Sediakan Pilihan Jasa Pengiriman bagi Konsumen

Seperti yang sudah kamu ketahui, ada banyak pilihan perusahaan jasa pengiriman di Indonesia, mulai dari jasa pengiriman barang murah sampai jasa pengiriman barang cargo. Masing-masing tentu punya keunggulan masing-masing, jadi akan lebih baik jika kamu menyediakan beberapa pilihan bagi pembelimu.

Dengan begitu, pembeli bisa pilih sendiri mana jasa kirim yang kira-kira paling cocok dengan ekspektasi hingga budget mereka.Pentingnya proses pengiriman pesanan oleh jasa pengiriman tentu tidak bisa kamu abaikan, Sobat Shipper. Karena itu, kamu perlu pastikan bahwa proses fulfillment bisnismu terpenuhi dengan baik sampai dengan pengiriman. Kamu bisa gunakan Shipper yang menyediakan portal BOS untuk kemudahan dalam penjadwalan, penjemputan barang, sampai pengiriman nomor resi ke pelanggan. Klik www.shipper.id/BOS untuk info lengkapnya!

Baca juga: 5 Tips Memilih Warehouse Logistik yang Perlu Dipahami

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.