Manfaatkan E-Commerce untuk Mengembangkan Bisnis

Uncategorized05 April 2021
cara-membuat-toko-online

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis e-commerce semakin menjamur. Ini karena keuntungan yang diberikan memang lebih menggiurkan. Kamu bisa memperoleh penghasilan melimpah dengan berbisnis melalui platform tersebut. Tidak hanya bagi penjual, platform online juga memberikan kemudahan bagi konsumen. Jadi bisa disimpulkan bahwa cara ini menguntungkan banyak pihak.

Meski demikian, pelaku usaha juga perlu senantiasa merancang strategi agar bisnisnya tidak stuck namun terus bertumbuh. Apalagi saat ini persaingan di pasar online kian luar biasa. Mau tidak mau kamu juga harus mampu meningkatkan berbagai lini agar tidak ketinggalan dalam kompetisi global. Berikut ini beberapa strategi yang bisa kamu terapkan.

1. Memposisikan Diri Sebagai Konsumen

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis di platform e-commerce adalah memposisikan diri sebagai konsumen. Mengapa hal ini penting? Jika berpikir layaknya seorang pelanggan, kamu akan mampu menjawab berbagai pertanyaan seputar keinginan konsumen. Misalnya produk seperti apa yang diperlukan, mengapa harus membeli barang tersebut, dan sebagainya.

Cara ini sangat efektif karena kamu akan berperan secara aktif dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Sebagai penyedia barang maupun jasa, mendapatkan respon positif dari pasar tentu menjadi tujuannya. Jadi, tidak hanya berpikir soal keuntungan saja. Kamu perlu menempatkan diri layaknya seorang pembeli agar tertarik pada sebuah produk dan mau membelinya.

2. Membuat Website yang Memudahkan Pelanggan

Semua pengusaha wajib tahu bagaimana cara membuat toko online yang menarik agar pelanggan mau mengunjunginya. Tetapi menarik saja tidak cukup. Kamu perlu memahami bagaimana membuat situs yang memudahkan konsumen dalam mengakses berbagai produk. Percuma saja membuat website atau toko online menarik tetapi tidak menyediakan informasi lengkap. 

Untuk itu, kamu harus mencantumkan komponen-komponen penting dalam website seperti gambar produk serta informasinya secara detail, harga, cara pemesanan, pemilihan ekspedisi, dan sebagainya. Perlu juga membangun website yang responsive agar pelanggan betah berlama-lama menjelajahi toko kamu. Strategi e-commerce yang satu ini tidak boleh disepelekan.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Bisnis Sejak Dini

3. Menerapkan Strategi Funneling

Funneling merupakan salah satu strategi digital marketing yang terbukti jitu menumbuhkan bisnis dimana perjalanan pelanggan dipetakan hingga akhirnya melakukan pembelian. Saat membuka usaha, kamu tidak bisa hanya mempromosikannya mentah-mentah karena hal ini justru akan membuat calon konsumen kabur.

Dalam e-commerce, lakukan pendekatan dengan memetakan perjalanan pelanggan sebelum akhirnya mau membeli produk kamu. Langkah-langkahnya antara lain membangun kesadaran konsumen akan keberadaan bisnismu, membuat mereka tertarik dengan produkmu, hingga akhirnya memutuskan membeli lalu melakukan pemesanan produk. Aktif di media sosial maupun website menjadi cara ampuh untuk menerapkan strategi ini.

4. Meningkatkan Kreativitas dalam Promosi

Suatu bisnis akan sulit bertumbuh jika tidak dibarengi dengan meningkatkan inovasi serta kreativitas. Mempromosikan produk dengan cara yang biasa-biasa saja tentu akan sulit menarik minat pelanggan. Untuk itu, ciptakan berbagai cara unik untuk membuat promosi baik lewat media sosial, website, hingga iklan Google.

Sudah banyak terbukti bahwa iklan-iklan kreatif di media digital online mampu menarik pelanggan. Dengan adanya promosi yang berpotensi viral, produkmu akan semakin diminati. Tidak hanya cara membuat toko online maupun iklan yang bagus, tetapi juga harus disertai layanan maksimal agar pelanggan tidak kecewa dan mau membeli produkmu kembali.

Salah satu cara meningkatkan kualitas layanan adalah dengan memilih jasa pengiriman terbaik. Shipper hadir sebagai solusi untuk bisnis onlinemu agar produk sampai ke tangan pelanggan dengan cepat dan aman. 

Shipper adalah salah satu agregator logistik & warehouse di Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman barang serta sewa gudang terpercaya. Memiliki tagline “Bebas Pilih Tanpa Batas” Shipper bisa dijadikan solusi pengiriman barang dan jasa pergudangan yang praktis, aman, dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan bisnis kamu. Kunjungi www.shipper.id untuk mengetahui layanan Shipper secara lengkap. Bersama Shipper, jelajahi ruang tanpa batas sehingga bisnis e-commerce berkembang pesat.


Baca juga: Tips Pemasaran Produk Secara Online Bagi Pemula yang Bisa Diintip

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.